Penjelajahan Wisata Bangunan Mistis : Lawang Sewu

3:12:00 PM 42 Comments A+ a-

Siapa si yang tidak kenal lawang sewu?
Bangunan tua yang sudah tersohor bahkan pernah dijadikan judul film horror ini patut kamu pertimbangkan dalam kunjungan wisatamu
(Baca Juga : Arisan Backlink : Cara Dapat 2 Juta Backlink Berkualitas)

Setelah kemarin saya menceritakan kisah sepatu saya yang hilang dicuri orang, sekarang saya ingin bercerita dan berbagi sedikit info mengenai lawang sewu. Lawang sewu adalah bangunan peninggalan zaman kolonial bekas kantor kereta api di masa Belanda menduduki kota Semarang. Sebenarnya saya juga tidak begitu paham tentang asal-usul sejarahnya. Yang saya tahu  lawang sewu memiliki banyak pintu yang tak terhitung jumlahnya sehingga orang-orang jawa sering menyebutnya lawang sewu (pintu seribu).
Lawang sewu terletak di Kota Semarang, tepatnya di kawasan lingkar tugu muda.

Nah pada postigan kali ini, saya ingin sedikit menceritakan tentang hal-hal menarik dan pengalaman saya saat berkunjung ke lawang sewu agar dapat menjadi gambaran dan pertimbangan kamu dalam memilih tempat-tempat wisata di Semarang.
Berikut adalah beberapa hal menarik dan pengalaman saya saat di Lawang Sewu :
(Baca Juga : Uang Jajanmu akan Bertambah hanya dengan ISI SURVEY)

Harga Tiket Masuk Yang Terjangkau
Untuk memasuki lawang sewu kita hanya perlu mengeluarkan uang tiket sebesar Rp.10.000 untuk orang dewasa, Rp.5000 untuk pelajar dan anak-anak.  Kita juga bisa menyewa guide tour lawang sewu apabila datang secara rombongan. Untuk biaya menyewa guide saya belum tahu pasti karena saat datang ke lawang sewu saya hanya ditemani teman dan adik saya sehingga tidak memerlukan guide karena memang tujuan kita hanya untuk berfoto-foto tidak untuk belajar sejarahnya. hehe


Di Lawang Sewu Kamu Bisa Menemukan Benda-Benda Berbau Kereta Api yang Apik
Saat memasuki gedung lawang sewu, kamu akan disuguhi dengan banyak benda-benda peninggalan masa kolonial belanda yang berbau kereta api. Tidak mengherankan karena bangunan lawang sewu merupakan bekas kantor kereta api pada masa itu. Disetiap benda juga tertempel label keterangan mengenai deskripsi dan sejarah benda, Sehingga kamu juga dapat belajar banyak pengetahuan sejarah disini.

Nikmati Nuansa Ethnik nan Mistis Saat Penjelajahan Disetiap Sudut Ruangan Lawang Sewu
Tidak lengkap rasanya jika kamu tidak menjelajahi setiap ruangan dan setiap lantai di bangunan yang menyimpan banyak misteri ini. Lawang sewu ini memiliki banyak sekali ruangan dengan pintu-pintu sebagai penghubungnya. Disetiap ruangan biasanya diisi oleh pameran benda-benda kuno dan sejarah kereta api, namun ada juga ruangan yang dibiarkan kosong bahkan terdapat beberapa ruangan yang tidak boleh dimasuki karena pintunya tertutup dan tidak bisa di buka. Jangan lupa untuk menjelajahi setiap lantainya. Saya lupa terdapat berapa tingkat lantai di lawang sewu, yang jelas, semakin kamu naik ke lantai atas akan semakin menarik karena dapat melihat pemandangan bangunan lawang secara keseluruhan.


Uji Keberanianmu Dengan Uji Nyali di Ruang Bawah Tanah
Ruang bawah tanah menjadi salah satu daya tarik pengunjung mendatangi lawang sewu karena mereka merasa tertantang dan penasaran untuk berkunjung ke ruang bawah tanah. FYI, ruang bawah tanah ini pernah dijadikan lokasi uji nyali dalam salah satu program televisi yang menimbulkan sedikit kehebohan karena menurut isu yang beredar peserta yang melakukan uji nyali meninggal setelah menyelesaikan uji nyali di ruang bawah tanah ini. Namun setelah di klarifikasi, kabar ini ternyata hanya HOAX belaka.
Untuk memasuki ruang bawah tanah, kamu perlu merogoh kroscek sebesar Rp.30.000. Namun sayang, saat saya datang ruang bawah tanah sedang di tutup karena ada renovasi. Jadi tidak ada dokumentasi yang saya dapatkan.
(Baca Juga : Mengungkap Mitos Antara Dua Dunia Di Semarang)

Tantang Temanmu Untuk Adu Cepat Menghitung Jumlah Pintu di Lawang Sewu
FYI, jumlah pintu di lawang sewu ini sebenarnya tidaklah tepat berjumlah seribu. Orang jawa menyebut lawang sewu karena jumlah pintunya yang sangat banyak sehingga diibaratkan berjumlah seribu (sewu). Untuk membuktikannya, kamu bisa bermain game sederhana dengan adu cepat bersama temanmu dalam mengitung jumlah pintu di lawang sewu.


Sedang Mencari Tempat Sesi Foto yang PreWedding-Able Maupun PraWedding-Able? Mungkin Lawang Sewu Dapat Menjadi Pilihanmu
Saat saya sedang mengelilingi dan menjelajahi ruangan di lawang sewu, saya melihat sepasang kekasih yang sedang melakukan sesi foto prewedding di salah satu tangga dengan posisi pembelai pria sedang menggendong sang pembelai wanita. Lawang sewu ternyata tidak hanya menyimpan aura mistis, namun juga aura romantis yang manis. Bagaimana ? apakah kamu tertarik melakukan foto prewedding di sini?
(Baca Juga :

Tak Lengkap Rasanya Jika Kamu Belum Berfoto dengan background Pintu yang Berjejer, Gaya Berfoto Khas Ala Lawang Sewu
Jika diamati, terdapat satu gaya berfoto yang sering dilakukan oleh pengunjung lawang sewu. Mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, hingga orang tua semuanya melakukan gaya berfoto dengan background pintu-pintu yang terjejer hingga sudut ruangan. Saya pun tidak mau ketinggalan melakukan gaya foto khas ala lawang sewu ini.

Bagimana menarik bukan mengunjungi salah satu bangunan bersejarah di kota pendidikan ini?
(Baca Juga : PT Sri Rejeki Isman (SRITEX) : Kunjungan Perusahaan)
(Baca Juga : Pendakian Gunung Merbabu Jalur Selo : Cerita & Galeri)

Hananmedia.com berusaha memberikan informasi yang lengkap, berimbang, dan jujur. Menuliskan review yang mengandung 'story and value' berdasarkan pemikiran, opini, dan pengalaman pribadi.

42 komentar

Write komentar
bintang fajar
AUTHOR
February 11, 2016 at 12:49 AM delete

dari dulu ane pengen bgt singgah k sini gan..tp belum sempat kesampaian..keren lokasinya

Reply
avatar
Tato Azim
AUTHOR
February 11, 2016 at 12:50 AM delete

Artikelnya sangat bermanfaat sekali :) jadi nambah wawasannya :)

Reply
avatar
mablies
AUTHOR
February 11, 2016 at 1:06 AM delete

kok ane jadi merinding ya gan.....tapi gak ada hantunya kan..cuma mistis aja!

Reply
avatar
Awaldi Rahman
AUTHOR
February 11, 2016 at 2:52 AM delete

Kukira lagi kedapetan job review kereta, Mas. Ternyata bukan ya hahaha.
Bangunan bangunan seperti itu emang terkadang mengundang hawa hawa mistis ya mas kalo kesana langsungnya mah. Entahlah, saya juga pernah merasakan hal serupa ketika berkunjung ke suatu tempat bersejarah.

Reply
avatar
mim Mahfud
AUTHOR
February 11, 2016 at 5:21 AM delete

belum pernah berkunjung meski sering lewat

Reply
avatar
February 11, 2016 at 6:05 AM delete

disan juga ada ruangan bawah tanahnya gan. Kurang lengkap kalo belum coba masuk :D

Reply
avatar
Joni Pramana
AUTHOR
February 11, 2016 at 7:14 AM delete

Apalagi kalo malem pasti bikin ngeri -_-

Reply
avatar
Seo Anyaran
AUTHOR
February 11, 2016 at 7:39 AM delete

Pengen banget gan ke lawang sewu. Ane mau nyoba itung tuh pintu. Mungkin kalau start pagi maghrib baru kelar ya gan wkwkwk

Reply
avatar
February 11, 2016 at 1:50 PM delete

Biasanya kan tiap tempat ada mitosnya, bang.. Nah ngitungin tu pintu ad mitosnya nggak? Misal selesai menghitung dalam brp menit dapat jodoh gitu? XD

Reply
avatar
PIPIT
AUTHOR
February 11, 2016 at 5:39 PM delete

Kenapa akunya jadi baper pas baca prewedding. Aku pingin nikah maak...

Reply
avatar
February 11, 2016 at 6:57 PM delete

wew keren mz, tak kirain pintunya emang bener bener seribu. pen kesana tapi jaaaaaauuuuuuhhhhhh, aku di pulau sulawesi, tempatnya di pulau jawa, eh tapi moga bisa dapat rejeki dah biar bisa kesana hehehehe

Reply
avatar
February 11, 2016 at 8:30 PM delete

Murah dan terjangkau si.
Tapi mikir2 deh klo mau liburan kesana. Takut gue pingsan lagi klo kesana.. hhehe

Lawang sewu sangat melegenda. :)

Reply
avatar
Akarui Cha
AUTHOR
February 12, 2016 at 4:00 AM delete

Wah, aku baru tau tentang bagian dalamnya Lawang Sewu. Jadi bangunan ini semacam museum kah? Tapi keren ya. Pengen banget kapan kapan bisa main ke sini.

Reply
avatar
February 12, 2016 at 10:56 AM delete

Udah dua kali kesana. Tapi sayangnya kecewa karena ruang bawah tanah masih ditutup. Ternyata masih direnovasi ya. Pengen banget masuk ke sana. Soalnya dari semua bangunan lawang sewu yang boleh dimasukin, cuma ruang bawah tanah nih yang belum aku masukin.

Btw, disetiap kamar-kamarnya itu isinya apa ya? Penasaran aku.

Reply
avatar
i Jeverson
AUTHOR
February 13, 2016 at 10:47 AM delete

udah sering banget denger tentang lawang sewu.
selain terkenal horrornya, gue baru tau terkenal bisa buat pre wedding juga ya -__-

Reply
avatar
Fazrin Smart
AUTHOR
February 14, 2016 at 8:47 AM delete

Wah gue kira serem kaya yang orang bilang, ternyata biasa-biasa aja.

Reply
avatar
February 15, 2016 at 4:32 PM delete

Destinasi wisata yang dulu dianggap angker banget gara-gara acara tipi dunia khayal itu,padahal tempatnya indah banget...banyak pintunya jadi pasti di dalem gak panas. Salah destinasi wisata impian gue kalo ke jateng. :D

Reply
avatar
wahyu yuwono
AUTHOR
February 18, 2016 at 1:37 PM delete

Terakhir ke jawa itu tahun 2010, itupun cuma ke Yogya. Karena ke Semarang lumayan jauh.

Untuk mengatakan banyak selalu dipake kata seribu, sama aja nih sama binatang kaki seribu, padahal kakinya gak sebanyak itu. Jadi, lo mainin game itu sama teman lo gak? Ngitungin pintu di Lawang Sewu.

Reply
avatar
katon sumargi
AUTHOR
February 22, 2016 at 6:33 PM delete

Sebenarnya pingin juga berkunjung ke sana, tapi takut pingsan mas,, hehe

Reply
avatar
Hanan M
AUTHOR
March 27, 2016 at 8:49 AM delete

Yah nnt kalo mampir smrg kesini mas

Reply
avatar
Hanan M
AUTHOR
March 27, 2016 at 8:50 AM delete

Kalo soal hantu saya gak tau.. tp kalo mistis mmg suasanya begitu. Tp justru itu yg menjadi daya tarik

Reply
avatar
Hanan M
AUTHOR
March 27, 2016 at 8:51 AM delete

Haha iya benar sekali

Reply
avatar
Hanan M
AUTHOR
March 27, 2016 at 8:51 AM delete

Wah kok gak mampir to mas

Reply
avatar
Hanan M
AUTHOR
March 27, 2016 at 8:52 AM delete

Saat saya kesana ruangannya sdg ada renovasi mas

Reply
avatar
Hanan M
AUTHOR
March 27, 2016 at 8:53 AM delete

Banyak bgt pintunyaa

Reply
avatar
Hanan M
AUTHOR
March 27, 2016 at 8:54 AM delete

Haha belum prnah denger yg begituan si.
Namun soal jodoh dan takdir kan sudah ada yg atur..

Reply
avatar
Hanan M
AUTHOR
March 27, 2016 at 8:56 AM delete

Ayok mampir k smrg dan lawang sewu

Reply
avatar
Hanan M
AUTHOR
March 27, 2016 at 8:57 AM delete

Sama, saya jg blm prnh masuk k ruang bawah tanah

Reply
avatar
Hanan M
AUTHOR
March 27, 2016 at 8:58 AM delete

Tergantung mindset dan isi pikiran kita si..

Reply
avatar
Hanan M
AUTHOR
March 27, 2016 at 8:58 AM delete

Haha iya mas.
Ayo dtg ke smrg dan lawang sewu

Reply
avatar
Hanan M
AUTHOR
March 27, 2016 at 8:59 AM delete

Jogja smrg deket lho mas paling cuma 2 jam..

Reply
avatar
Hanan M
AUTHOR
March 27, 2016 at 9:00 AM delete

Enggak kenapa2 kok. Buktinya saya enggak apa2

Reply
avatar

Setelah baca, jangan lupa tinggalkan jejak ya kawan.. :)