Mudahnya Membuat Blog Gratis [TUTORIAL]

8:00:00 AM 9 Comments A+ a-

Beberapa waktu yang lalu, terdapat teman saya yang menanyakan bagaimana cara membuat blog. Sebenarnya membuat blog tidaklah sesulit mengerjakan PR matematika lho. Apabila kita mempunyai akun google (entah itu gmail, play store, drive dll) hanya dengan klik sana klik sini kita dapat membuat sebuah blog dengan platform gratis blogspot.

Ngeblog yuk! membuat blog sebenarnya tidaklah sulit, kamu hanya perlu kekonsistenan dalam mengisi blog kamu. tulis apa saja yang kamu suka dan buatlah konten yang menarik banyak pengunjung. Misalnya saja konten tentang pengalaman kamu traveling, menonton film, hal menarik dalam hidupmu gagasan-gagasan unikmu, tempat memajang karya-karyamu, berbagi pengetahuanmu, dan masih banyak lagi.

Apa saja si manfaat ngeblog? banyak! Blog bisa menjadi jurnal pribadi yang abadi dan suatu saat bisa kamu baca-baca kembali. Atau bahkan kamu akan mendapatkan bonus berupa sumber penghasilan. Contoh simplenya saja Raditya Dika. Ia menjadi penulis yang dikenal banyak orang berkat dari hobinya menulis di blog. Belum lagi olyvia lazuardi yang sukses sebagai fashion blogger. Jika blogmu sudah mempunyai banyak pembaca, kamu bisa menarik pengiklan untuk mengiklankan produk/jasanya di blog kamu. kamu juga bakal dapat banyak tawaran produk review dan mendapatkan produk itu secara cuma-cuma. Kamu juga bisa jalan-jalan gratis jika kamu mendapatkan job review dari sebuah travel agency dengan syarat kamu harus mereview pengalaman kamu selama berlibur dengan travel agency tsb, internet marketing, affiliate, media promosi dan masih banyak lagi yang bisa dijadikan ladang penghasilanmu melalui blog.

Dan satu bonus lagi jika kamu mempunyai blog, yaitu personal branding! Tanpa disadari, kamu menciptakan citra dirimu sendiri secara konsisten lewat tulisan-tulisan dalam blogmu..Tunggu apalagi, yuk buat blog!

Langsung saja, berikut adalah cara membuat Blog Gratis dengan Platform Blogspot.

Buka Situs Blogger.com
Nah setelah kita membuka blogger.com, maka akan muncul tampilan seperti berikut
Apabila kita sudah mempunyai akun google (gmail, playstore, dll) maka kita tinggal isikan alamat email dan password.


Apabila Belum Memiliki Akun Google, Buat Dahulu Akun Google mu dengan Klik Buat Akun
setelah itu isikan data dirimu secara lengkap. Apabila sudah memiliki akun google, lewati saja langkah ini

Klik "Blog Baru"
Setelah log in, maka akan mencul tampilan seperti berikut. disini kita dapat melihat daftar blog milik kita yang sudah pernah dibuat. apabila belum memiliki blog, maka klik Blog Baru

Isikan Judul Blog dan Alamat Blog Agar Pengunjung Dapat Mengakses Blog Kamu 
Pada langkah ini, kamu diharuskan untuk mengisi judul dan url blog. Usahakan judul dan url blog sesuai dengan tema blog yang ingin kamu bangun. Misal kamu ingin membuat blog yang berisi informasi gadget, maka judul blog yang cocok adalah (misalnya) Gadget News dengan url www.gadgetnewsforyou.blogspot.com. Begitu juga apabila anda ingin membuat blog sebagai media promosi maka judul yang cocok (misalnya) Lapak Gadget dsb. Jika sudah selesai, klik buat blog



Selamat! Blog yang Kamu Bangun Sudah Siap. Sekarang Waktunya Mendesain Blog dan Mengisi Postingan


Isi Konten di Blogmu, dengan Klik Gambar Pensil
Untuk menulis konten, kamu tinggal klik gambar pensil yang berada di pojok kiri atas. Buatlah konten yang menarik dan mendatangkan banyak pengunjung. Banyak orang yang bilang bahwa konten adalah kunci suksesnya sebuah blog. pengunjung akan tertarik mengakses blog kamu jika konten yang kamu buat menarik dan bermanfaat.

Atur Tata Letak Blog mu, dengan Klik Tata Letak > Tambah Gadget
Atur tata letak sesuai dengan yang kamu inginkan dengan menggeser dan memintahkan letak. Jika diperlukan, tambahkan gadget untuk memasang widget tambahan seperti popular post, blog achieve, maupun hiasan dekorasi.


Atur Desain Blog, Dengan Klik Desainer Template


Atur desain blog sesuka hati kamu. Kamu bisa mengubah warna, mengatur ukuran, mengganti template dan sebagainya. Jangan Lupa untuk Menyimpan desain apabila kamu sudah selesai


Apabila Kamu Kurang Puas dengan Desain di Pengaturan, Kamu Bisa Mencoba Ubah Template dengan Edit HTML

Dengan Mengedit html, kamu jadi lebih leluasa untuk mendesain template blog lho. Syaratnya cuma 1, kamu harus tahu bahasa pemrograman java (java script). Apabila kamu malas mendesain dengan html, maka menggunakan desain di pengaturan juga tidaklah menjadi masalah.
Apabila kamu sudah puas mengotak-atik script, jangan lupa untuk disimpan, dan coba lihat tampilan blog barumu dengan klik lihat blog

Viola! Blog Baru mu sudah Siap untuk Dikembangkan
Jika sudah sampai tahap ini, yang perlu kamu lakukan adalah konsisten dalam menulis konten. Tidak perlu terlalu sering dalam membuat artikel, cukup 2 hari sekali asal konsisten dan stabil, maka blogmu akan terasa hidup. Jangan sampai kita menggebu-gebu dalam menulis konten di awal-awal, namun lama-kelamaan blog menjadi sepi konten.

Promosikan blog mu di sosial media seperti facebook dan twitter. Serta jangan lupa menyapa teman-teman blogger yang lain dengan memberikan komentar yang berkaitan dengan artikel yang mereka tulis. 
Perlu diingat dalam promosi diusahakan jangan spamming, Contoh spamming misalnya mempromosikan blog di sosial media secara berlebihan, atau mengomentari artikel blog lain dengan komentar yang tidak relevan dengan isi artikel serta meninggalkan alamat blog kamu di komentar. Misal kamu berkomentar : "artikel yang bermanfaat. jangan lupa berkunjung ke blog saya www.xxxxx.blogspot.com" padahal kamu berkomentar di artikel yang berisi cerita pendek/puisi. Jika seperti ini, kamu ketahuan tidak membaca artikelnya melainkan asal berkomentar demi mendapatkan kunjungan balik. Cara-cara seperti ini akan membuat orang risih dan enggan berkunjung ke blog kamu.

Sekian, Semoga bermanfaat.

Hananmedia.com berusaha memberikan informasi yang lengkap, berimbang, dan jujur. Menuliskan review yang mengandung 'story and value' berdasarkan pemikiran, opini, dan pengalaman pribadi.

9 komentar

Write komentar
February 15, 2016 at 5:04 AM delete

klo konsisten itu pasti dapet hasilnya. semoga gue bisa konsisten. Sekarang si belum memikirkan job review. *karena belum ada tawaran si :D
ah yasudahlah ya. yang penting ngeblog aja dulu yang bener. :P

wih bagus tutorialnya lengkap. Gue juga pas bikin blog itu, nyari2 tutorial beginian nih, klo gak ada tutorial beginian. Mungkin gue gak ada di dunia blog. hehehe

Reply
avatar
udafanz
AUTHOR
February 16, 2016 at 2:07 PM delete

Tipsnya bagus untuk pemula. Setelah blognya jadi, jangan lupa rutin diisi. Hehehe

Reply
avatar
February 16, 2016 at 10:24 PM delete

setuju sama udafanz
yang penting adalah ngisi blognya :D

Reply
avatar
February 18, 2016 at 3:29 PM delete

yuk gerakan budaya menulis, karena tulisan adalah prasasti.
orang besar dikenal karena tulisannya..

go blogger indonesia
salam
Ilmu pesugihan cyber
Menghasilkan Uang dari Internet

Reply
avatar
February 18, 2016 at 3:29 PM delete

yuk gerakan budaya menulis, karena tulisan adalah prasasti.
orang besar dikenal karena tulisannya..

go blogger indonesia
salam
Ilmu pesugihan cyber
Menghasilkan Uang dari Internet

Reply
avatar
TABUH GONG
AUTHOR
February 20, 2016 at 4:13 PM delete

Mantap tutorialnya
Salam kenal

Reply
avatar
Redy Prasetio
AUTHOR
February 20, 2016 at 11:32 PM delete

sangat membantu gan tipsnya bagi pemula

Reply
avatar
February 21, 2016 at 6:15 AM delete

Bagi pemula sangat membantu banget mas, jadi tau tahap demi tahapnya.

Semoga makin banyak ya ngeblog?

Reply
avatar
February 21, 2016 at 9:09 AM delete

Tutorialnya sangat bagus, step by step & clear

Reply
avatar

Setelah baca, jangan lupa tinggalkan jejak ya kawan.. :)