#KKL 1st Trip : Kunjungan Ke PT Dempo Laser Metalindo

6:56:00 PM 14 Comments A+ a-

Sekitar bulan Januari 2016 lalu, saya bersama teman-teman satu angkatan mengadakan KKL / Kuliah Kerja Industri ke Surabaya dan Bali. KKL ini berlangsung sekitar 7 hari 6 malam dengan menggunakan jasa salah satu biro di Semarang. Seperti biasa KKL ini adalah salah satu agenda kunjungan perusahaan jalan-jalan bersama satu angkatan dengan diselingi beberapa kunjungan perusahaan. 

Nah destinasi pertama kami adalah PT Dempo Laser Metalindo yang berada di Surabaya. Dalam postingan kali ini saya ingin sedikit bercerita mengenai trip pertama KKL saya yaitu berkunjung ke PT Dempo Laser Metalindo

Perjalanan Panjang Semarang-Surabaya : Pegal Namun Seru 
Perjalanan ke PT Dempo kami tempuh selama sekitar 9-10 jam dengan menggunakan bus pariwisata. Kami berangkat sekitar pukul 19.00 WIB dan sampai di Asrama haji Sukolilo Surabaya pukul 04.30 WIB . Selama perjalanan kami bernyanyi bersama dengan diiringi gitar yang sengaja kami bawa untuk seru-seruan bareng teman-teman. Saya sengaja mengambil posisi duduk paling belakang bersama 3 orang teman saya yang lain agar dapat leluasa menikmati pemandangan dari sisi jendela bus yang lebar di bagian belakang serta agar dapat leluasa berbuat gaduh di dalam bus agar tidak bosan. hehe Perjalanan ini cukup membuat kami merasa pegal-pegal karena  mengharuskan kami duduk hingga 10 jam lamanya. Belum lagi jika supir bus mengerem mendadak, sontak kami yang duduk dibelakang terpental dari tempat duduk. Namun walaupun demikian, perjalanan ke Surabaya tetap seru dan menyenangkan.

Rehat Sejenak di Asrama Haji Sukolilo 
Asrama haji sukolilo terletak di Jl. Manyar Kertoadi Surabaya, Sukolilo, Kota SBY, Jawa Timur 60116. Sama seperti asrama haji yang lain, asrama haji sukolilo pun memiliki banyak gedung yang diberi nama dengan huruf alphabet (misal gedung A, B, C dst) yang didalamnya terdapat banyak kamar. Kebetulan saya menempati kamar di gedung E lantai 2. Disetiap kamar terdapat 5 ranjang bertingkat, satu kamar mandi, jendela, pintu belakang serta petunjuk arah kiblat. Di Asrama Haji sukolilo juga terdapat masjid dan supermarket sebagai fasilitas pendukung.
Setelah sampai di Asrama Haji Sukolilo, kami bergegas menuju kamar kami masing-masing. Dalam 1 kamar diisi oleh 7-10 orang dengan desain tempat tidur bertingkat. Kami hanya diberi waktu hingga pukul 07.00 WIB untuk sholat, istirahat, dan mandi serta disusul dengan sarapan bersama dengan lauk rawon dan teh hangat.
@Asrama haji sukolilo

Destinasi Pertama KKL : PT Dempo Laser Metalindo
Setelah sarapan di Asrama haji, kami segera berangkat ke PT Dempo Laser Metalindo yang berada di Jln. Rungkut Industri I No. 29, Surabaya Industrial Estate Rungkut, Surabaya 60293.
PT. Dempo Laser Metalindo merupakan sebuah perusahaan Job Shop & Fabrikasi di bidang sheet-metal yang sudah bersertifikat ISO 9001 : 2008. Bisnis inti PT Dempo adalah bidang jasa pemotongan sheet-metal dengan sinar laser dan pemrosesan sheet-metal bending, punching, forming, welding dan lain-lain. Sistem produksinya make to order dengan desain produk sesuai dengan keinginan konsumen. Produk-produk yang biasa dibuat PT Dempo Laser Metalindo diantaranya mesin E-Kios (semacam mesin untuk beli pulsa di supermarket), fasilitas fabrikasi (seperti konveyor, elevator, dll), properti metal (pagar, teralis, dll) dan masih banyak lagi. Oh iya, tak jarang juga pelanggan memesan untuk dibuatkan souvenir dengan bahan metal untuk souvenir pernikahannya. Bagaimana apakah kamu tertarik untuk membuat souvenir pernikahanmu disini?



Ibarat Sambil Menyelam Minum Air, Dari Kunjugan Perusahaan Juga Dapat Menimba Ilmu Sambil Foto-Foto
Di PT Dempo Laser Metalindo ini kami disambut hangat oleh karyawan disana. Awalnya kita diberi beberapa informasi mengenai sejarah dan sistem produksi di PT Dempo. Setelah mendengarkan penjelasan tersebut kami dibagi menjadi beberapa kelompok dan tiap kelompok memiliki guidenya masing-masing untuk diajak jalan-jalan melihat proses produksi di PT Dempo Laser Matalindo. Saat keliling pabrik inilah kami mendapat banyak sekali ilmu mengenai proses produksi metal di PT Dempo. Enaknya lagi, sembari keliling mendapatkan ilmu, kami juga bisa foto-foto dengan latar mesin-mesin dan suasana pabrik yang khas..


Setelah Capek Berkeliling Pabrik, Jangan Lupa Mampir di Galeri PT Dempo Untuk Melihat Hasil Produk nan Cantik
Kami juga diajak untuk mengunjungi galeri PT Dempo. Di galeri ini kami melihat berbagai hasil produk berbahan metal yang sangat cantik dan indah. Produk-produk yang ditampilkan kebanyakan adalah interior dan properti rumah berbahan metal. Gak kebayang betapa indahnya rumah jika dihiasi produk-produk PT Dempo ini



Tidak Hanya Mendapatkan Ilmu Dan Foto Saat Melakukan Kunjungan Perusahaan, Namun Ada Juga Bonus Souvenirnya
Setelah kami puas keliling untuk foto-foto menimba ilmu, akhirnya kami harus pamit izin meninggalkan PT Dempo untuk melanjutkan trip KKL kami ke Bali. Kami mendapatkan souvenir berupa gantungan kunci metal yang berbentuk wayang dan pipa yang cantik sebagai kenang-kenangan. Wah senangnya, sudah dapat ilmu, foto, dapat souvenir juga, dapat bonus ekstra. haha

Mungkin cukup sekian cerita saya berkunjung ke PT Dempo.
Setelah kunjungan ke PT Dempo ini, kami langsung melanjutkan perjalanan KKL ke Pulau Bali. Untuk cerita trip berikutnya akan saya publish di postingan mendatang. Tunggu ya dan tetap Stay tune kawan :)


Hananmedia.com berusaha memberikan informasi yang lengkap, berimbang, dan jujur. Menuliskan review yang mengandung 'story and value' berdasarkan pemikiran, opini, dan pengalaman pribadi.

14 komentar

Write komentar
Dian Lestari
AUTHOR
March 13, 2016 at 12:30 PM delete

miin, ftonya upload yg ada akunya dong. makasiii

Reply
avatar
Zuhrul Share
AUTHOR
March 13, 2016 at 11:13 PM delete

Tempatnya Bagus juga gan :D

Reply
avatar
March 14, 2016 at 8:59 AM delete

Ini skalian halan2 yaa nan.. trip ke Bali jg hihi.. ditunggu yaa postingan ke Balinya.
KKL yg betul yaa :))

Reply
avatar
Gia Ghaliyah
AUTHOR
March 14, 2016 at 11:00 AM delete

Hallo sudah ku folback yaa...

BTW, biaya nya abis berapa tuh? Surabaya - Bali pasti memakan banyak biaya ya? Univ ikut nanggung biaya nggak?

Sering-sering blow walking ya :p
Salam kenal

Reply
avatar
March 15, 2016 at 9:53 AM delete

Wahh..seru ya, melihat proses produksi kerajinan souvenir yg unik & cantik. Jalan-jalan sambil belajar

Reply
avatar
i Jeverson
AUTHOR
March 17, 2016 at 6:36 PM delete

asik abis. jalan ke sana-sini, kunjungan industri (?) dan masih ada trip ke bali lagi? asik tuh, menuh-menuhin cerita di blog dah.

Reply
avatar
Hanan M
AUTHOR
March 27, 2016 at 10:37 AM delete

haha iya mba sekalian jalan2

Reply
avatar
Hanan M
AUTHOR
March 27, 2016 at 10:38 AM delete

kalo untuk kkl nya habis 1,9 jt mba tp itu blm trmasuk jaket dll.. univ cm ngasih pesangon doang cuma 100rb/anak -__-
haha iya mba..

Reply
avatar
Hanan M
AUTHOR
March 27, 2016 at 10:45 AM delete

haha begitulah mba seruu

Reply
avatar

Setelah baca, jangan lupa tinggalkan jejak ya kawan.. :)