UN 2013 Banyak Perbedaan

8:07:00 PM 37 Comments A+ a-


UN! selalu menjadi momok keras bagi setiap pelajar tingkat akhir. Tak heran jika banyak pelajar dibuat pusing dan stres oleh Ujian Tahunan ini. Berbagai persiapan dilakukan untuk menghadapi hari agung itu mulai dari belajar keras membabi buta siang malam, membeli berbagai jenis buku sampai ke luar kota namun ternyata tidak ada soal yang keluar dan berencana membakar buku itu usai UN[curhatan temen], pendalaman materi, latihan soal maupun meminta jam tambahan di bimbingan belajar sampai tengah malem[curhatan temen juga].

Ya, UN mungkin dapat diumpakan seperti hantu yang selalu membuat ketakutan, atau seperti Luna Maya yang selalu membuat gelisah, atau mungkin seperti Raisa yang membuat insomnia karena terlalu sering diajak ngopi, atau bahkan seperti Eyang Subur yang suka menteror murid-muridnya [sory kalo ini gak penting]
Ya intinya UN itu berhasil membuat kami gelisah!

UN 2013 ini dapat dikatan UN paling carut marut. Banyak sekali problema yang bermunculan di UN 2013 kali ini seperti tertunda lah, soal nyasar lah, LJUN jelek lah dan masih banyak lagi. Namun alhamdulillah UN di wilayah saya bukan termasuk daerah yang tertunda.

Nah, di UN 2013 banyak sekali perbedaan di banding UN tahun-tahun sebelumnya. Apa saja perbedaannya? Oke Nah mari kita bahas..

    1. 30 paket soal , iya! Sepertinya pemerintah benar-benar ingin menyeleksi SDM yang lebih baik lagi. Dengan adanya 30 variasi soal ini berarti dalam satu ruangan tiap anak jelas mengerjakan soal yang berbeda-beda satu sama lain. bahkan antar kelaspun mendapatkan soal yang berlainan. Pasti yang kalian pikirkan adanya 30 variasi soal ini, soalnya sama hanya diacak nomernya saja menjadi 30 variasi. ITU SALAH BESAR! SOAL TIDAK DIACAK seperti itu! Setiap paket soal itu isinya berbeda dengan paket yang lain, Tidak diacak! camkan itu! meskipun ada satu atau dua soal yang mirip-mirip atau mungkin sama tapi itu hanya satu dua nomor saja. 
    2. Sistem Barcode. Semakin canggihnya teknologi ternyata memengaruhi sistem keamanan soal UN 2013. Jadi tiap paket soal itu ada barcodenya, dan pastinya barcode berbeda satu dengan yang lain. Barcode disini dalam bentuk garis-garis, sehingga kita tidak mengetahui sedang mengerjakan soal paket berapa. Hal ini digunakan untuk mengantisipasi kebocoran soal maupun tindak  kecurangan.  
 
sumber
    3. Kesulitan Ditingkatkan . Saya kira isu soal UN 2013 kesulitannya akan ditingkatkan hanya wacana saja. Namun ternyata itu BENAR ADANYA. Peningkatan kesukaran soal ini enggak main-main, jelas sangat jauh berbeda dengan kesulitan soal tahun-tahun sebelumnya! Banyak sekali bentuk soal baru yang aneh dan sukar dipecahkan. Yaiyalah, wong yang mbuat soal itu Perguruan Tinggi -,- .Hal ini bertujuan untuk penyeleksian SNMPTN, karena memang nilai UN berpengaruh dalam penyeleksian SNMPTN. 
  4. LJUN menyatu dengan soal. Seperti yang saya jelaskan tadi, setiap paket soal menggunakan sistem barcode. Jadi Tiap LJUN hanya berlaku untuk 1 paket soal pasangannya. Jadi sebelum mengerjakan kita wajib meneliti soal, apakah ada yang cacat atau rusak, karena jika sudah terlanjur mengerjakan dan ditengah-tengah ditemukan ada soal yang rusak, kita dapat menukarkan soal dengan soal cadangan yang mengartikan kita harus memulai dari awal lagi mulai dari mengisi identitas LJUN dan mengerjakan soal karena memang soal semuanya berbeda. Oya, LJUN harus dipisahkan dari soal. Pemisahan ini lebih baik memakai penggaris, jangan pakai gunting ataupun cutter karena menurutku lebih rapi pakai penggaris besi. Dan saat pemisahan ini harus hati-hati ya, jangan sampai LJUN sobek dan rusak. Nanti kalau sobek dikit jadi berabe, perasaan bisa was-was, grogi dan keringetan [ini pengalaman temen :D]

sumber

Nah itu adalah  perbedaan UN 2013 dengan tahun-tahun sebelumnya.
Oya, ada beberapa peraturan penting dalam pelaksaan UN 2013, ini dia ada beberapa jenis pelanggaran dan sanksinya :

sumber

 Nah itu adalah ulasan singkat mengenai UN 2013.
Semoga UN tahun depan lebih baik lagi pelaksanaannya. Oya ada wacana lagi mengenai penolakan UN tahun depan. Karena kacaunya UN 2013, banyak organisasi yang menuntut untuk meniadakan UN tahun depan. Namun menurut saya pribadi, saya termasuk orang yang tidak setuju dengan hal itu. Biarlah UN tetap ada tahun depan dan tahun-tahun berikutnya, kalau perlu kesulitan lebih ditingkatkan dan pengawasan diperketat, agar yang lain juga merasakan bagaimana rasanya! Hahaha [Ketawa setan]

 Namun semua itu sudah berlalu karena UN telah usai. Sekarang tinggal menanti hasilnya. Kira-kira Siapakah peraih nilai tertinggi se-Indonesia UN 2013 yang akan diwawancarai di Liputan 6, Seputar Indonesia dan TV TV lain? yang pasti bukan saya orangnya, beneran, suwer saya gak bohong, tolong jangan paksa saya untuk mengakuinya! [oke yang ini gak penting]
Dan akhir kata saya mau ngucapin selamat atas usainya UN dan bagi temen-temen yang masih melaksanakan ataupun belum melaksanakan UN harus tetap semangat! jangan jadikan penundaan ini sebagai sandungan untuk meraih prestasi! Semangat!

Hananmedia.com berusaha memberikan informasi yang lengkap, berimbang, dan jujur. Menuliskan review yang mengandung 'story and value' berdasarkan pemikiran, opini, dan pengalaman pribadi.

37 komentar

Write komentar
Nenna Massara
AUTHOR
April 19, 2013 at 10:09 AM delete

SUMPAH 5 paket aja nggak kuat apalagi 30 paket maah ~

Reply
avatar
April 19, 2013 at 10:12 AM delete

pasti pelajar yang kerja di minimarket ngerasa gampang ngerjain soal UN 2013, iya.. karna mereka terbiasa dengan barcode XD

Reply
avatar
April 19, 2013 at 10:18 AM delete

udah, mending UN di ilangain ajaah. Pasti banyak yang setuju deh ...
emang asal mana ? terus mau kemana ?

Semoga nilainya , masuk tv yaah :))

Reply
avatar
Iva Mairisti
AUTHOR
April 19, 2013 at 10:22 AM delete

iya, dulu 2 paket aja ribet apalgi 30 paket ya kan, ehhh 30 apa 20 siihhh, hhmmm malah bwa2 eyang sbur segala yak -_- hahaha ya udah sih mau gimana lagi, kita lihat aja kelanjutannya ckckck

Reply
avatar
Araiitum
AUTHOR
April 19, 2013 at 10:38 AM delete

Iya ya soalnya beda. ada sih yang sama tapi cuma satu-dua nomer. how do you feel?
Soalnya susah nggak?
Menurutku yang bahasa indonesia sama fisika agak susah wkwk
Katanya angkatan 2013 itu angkatan terkeren. toss dulu dong hehe

Reply
avatar
April 19, 2013 at 10:45 AM delete

rasanya... jangan ditanya.. :D

Reply
avatar
April 19, 2013 at 10:46 AM delete

kalo yang ngerjain kasir mungkin tinggal pake inframerah, nanti dikomputer muncul jawabannya #gaklucuya -,-

Reply
avatar
April 19, 2013 at 10:48 AM delete

UN jangan diilangin, kalo perlu tahun depan kesukaran soal ditingkatin.. haha[ketawa setan]

Reply
avatar
April 19, 2013 at 10:49 AM delete

OMG!! *panik* ヾ(‘ロ‘)ヾ(‘ロ‘)

Reply
avatar
April 19, 2013 at 10:50 AM delete

30 paket mba.. tapi tiap ruang dapat 20paket, kan 1 ruang ada 20 anak..

Reply
avatar
April 19, 2013 at 10:53 AM delete

Ya begitulah, yang paling mending itu biologi. Semoga nanti kita mendapatkan hasil yang memuaskan ya dan lolos SNMPTN. aamiin

Kita memang angkatan terkeren, tos..

Reply
avatar
April 19, 2013 at 10:54 AM delete

Gak usah panik, hadapi saja. [padahal sendirinya jg panik]

Reply
avatar
Dian Wahyuni
AUTHOR
April 19, 2013 at 11:30 AM delete

aduhh, anggap aja angkatan kalian lagi kena apees, wkwkwk~
tapi semoga hasilnya memuaskan ya aamiin :)

Reply
avatar
GIA
AUTHOR
April 19, 2013 at 12:15 PM delete

Semakin serem yaaa...
Semoga aja tercipta generasi uda yang lebih berkualitas

Reply
avatar
Rita A
AUTHOR
April 19, 2013 at 12:20 PM delete

kalo masalah paket sih gak apa2lh ya...kan agar gak bs contek menyontek...tp kalo LJUNnya jelek...itu mengkhawatirkan sekali...
Bayangin...udah capek2 ngisi...trus ljun.x rusak...ganti lg..krjain lg dr awal..trus kalo rusak lg..ganti lg...gitu terus sampai kiamat... -__-'

Reply
avatar
April 19, 2013 at 12:43 PM delete

Iya mba, kenapa harus angkatan 2013 yang kena apes.. apa karena 2013 ada angka 13 nya [maaf gak nyambung]

Reply
avatar
April 19, 2013 at 12:48 PM delete

Iya,pasti emosi banget. tapi untungnya LJUN di daerahku aman2 saja jika dihapus :D

Reply
avatar
Alif Nurjanah
AUTHOR
April 19, 2013 at 1:29 PM delete

Jadi 30 Paket bukan soal acak :o
oh tingkat kesukarannya ditambahin lagi, pantes adek saya pulang2 ngeluh :|

Reply
avatar
April 19, 2013 at 4:59 PM delete

untung blum sma tapi desas desusnya UN mau diilangin y?

Reply
avatar
kukuh
AUTHOR
April 19, 2013 at 5:13 PM delete

angkatanmu aja sudah gitu. gimana aku yang tahun depan -__-

Reply
avatar
April 19, 2013 at 5:42 PM delete

semoga lebih dahsyat lagi.. wkwk :D

Reply
avatar
April 19, 2013 at 6:13 PM delete

yg terpenting adalah belajar dan berdoa.. *smile

Reply
avatar
April 19, 2013 at 6:24 PM delete

iya, benar sekali pak ustad (y)

Reply
avatar
April 19, 2013 at 8:45 PM delete

meski ujiannya bakal berat. moga para pesertanya sukses aja ngerjainnya. semua kalo dibawa happy, pasti lancarnya.
semangaaaaaat!

Reply
avatar
April 19, 2013 at 8:59 PM delete

gua udah lulusan kemaren sih, g bgitu ngurusin kaya gini juga... kayaknya sistem bar code g ngaruh juga, gemana mau ngaruh kalo lembar soal sama lembar jawaban di fotokopi

Reply
avatar
April 19, 2013 at 9:36 PM delete

Susahnya kalau tiba-tiba ditengah UN LJUNnya rusak, terus harus mulai dari awal lagi...

Reply
avatar
Naima
AUTHOR
April 20, 2013 at 6:55 PM delete

tau banget gimana rasanya... :P

semoga bisa sama2 lulus

Reply
avatar
April 20, 2013 at 8:06 PM delete

ujiannya sudah lewat kali -,-

Reply
avatar
April 20, 2013 at 8:09 PM delete

Nah itu makanya sebelum ngerjain harus neliti soal dahulu..

Reply
avatar
April 20, 2013 at 8:18 PM delete

Enggak cuma lulus, tapi mendapatkan hasil yang memuaskan. aamiin..

Reply
avatar
Naima
AUTHOR
April 21, 2013 at 9:49 AM delete

amin amin amin...

semoga sama2 bisa juara nasional :D

Reply
avatar
achi alia
AUTHOR
May 15, 2013 at 10:52 PM delete

basi ya kalo ngoment???
mending jangan dihilangkan... kalo menurut gossipanku sama temen-temen.. kalo UN dihilangkan, guru-guru di pelosok jadi tambah malas buat berusaha meningkatkan kualitas pendidikan negara, soalnya kelulusan sudah d tentukan sekolah. tapi kalo Un tetep ada, mereka punya kewajiban, dan mreka harus benar" dengan keras ngjar anak-anak supaya bisa lulus UN...:)
intinya mereka punya target...

Reply
avatar
May 16, 2013 at 9:35 PM delete

Iya bener banget, setuju :D

Reply
avatar

Setelah baca, jangan lupa tinggalkan jejak ya kawan.. :)