Poin Penting SBMPTN

11:36:00 PM 28 Comments A+ a-


Sebenarnya masih malas-malasnya ngeblog karena akhir-akhir ini sering kepikiran sama hal-hal yang macam-macam yang membuat mood ngeblog hilang.
Malam ini saya ingin membahas tentang SBMPTN. Kalau yang tidak tau apa itu sbmptn bisa googling dulu nanti kesini lagi buat nyimak. Sebenarnya saya juga tidak terlalu tahu banyak tentang sbmptn tapi usut punya usut ternyata banyak teman-teman yang belum mengetahui juga. Maka dari itu saya ingin merangkum apa yang saya ketahui tentang sbmptn, jika ada kesalahan mohon dikoreksi dan jika ada info bisa ditambahkan di kolom komentar.


 1. Bagi yang benar-benar fix akan mendaftar sbmptn, lebih awal mendaftar akan lebih baik. Tapi yang ingin menunggu pengumuman snmptn juga tidak apa-apa. Perbanyak doa biar lolos di snmptn agar tidak merasakan tes sbmptn karena [katanya] sbmptn ini persaingannya lebih ketat dan akan sangat melelahkan saat melakasanakan tesnya.

2. Yang lolos di snmptn, apapun jurusannya diusahakan diambil. Kenapa? Karena beberapa universitas menerapkan sanksi untuk anak yang tidak mengambil snmptn. Meskipun dari pihak panitia snmptnnya sendiri tidak mempermasalahkan namun ada beberapa universitas menerapkan sanksi tegas. Sayapun tidak mengetahui universitas mana saja yang menerapkan sanksi karena itu adalah rahasia pribadi universitas. Jadi MISAL si Ijah saat snmptn memilih prodi Biologi UI dan Kedokteran UI. Nah, di snmptn Si Ijah ini lolos di Kedokteran UI padahal Si Ijah ingin masuk Biologi UI -,- , Sehingga Si Ijah tidak mendaftar ulang kelulusan snmptnnya. Nah, Terus si Ijah ikut sbmptn memilih prodi Kesehatan Masyarakat UI, nanti dari pihak UI sendiri sudah tidak mau menyeleksi si Ijah dalam sbmptn walaupun si Ijah mendapatkan skor yang tinggi atau istilah kerennya itu di"blacklist" karena si Ijah tidak konsisten dan telah menyia-nyiakan / tidak menghargai kesempatan yang diberikan UI. Bahkan yang lebih parah, SMAnya si Ijah juga terkena blacklist. Maka dari itu seharusnya si Ijah tidak memilih prodi yang tidak ia sukai dalam snmptn kemarin.

3. Waktu pendaftaran sbmptn sendiri sudah dimulai sejak tanggal 13 Mei 2013 kemarin dan akan ditutup tanggal 7 Juni 2013 pukul 22.00.

4. Pendaftaran dilakukan secara online di ujian.sbmptn.or.id . Sedangkan tatacara pengisian borang(formulir) sendiri bisa diunduh secara gratis & eksklusive di download.sbmptn.or.id . Disana juga ada video tutorial cara pengisian formulir, jadi tinggal nyimak saja. Dan Pendaftaran juga bisa dilakukan di Plasa Telkom seluruh Indonesia.

5. Biaya pendaftaran sendiri untuk kelompok ujian Saintek(IPA) dan Soshum(IPS) sebesar Rp.175.000 . Sedangkan kelompok ujian Campuran Rp.200.000.

6. Bagi pendaftar bidikmisi yang tidak lolos pada snmptn, dapat mendaftar sbmptn secara gratis hanya dengan memasukkan KAP dan PIN yang diberikan bidikmisi. Sedangkan pendaftar bidikmisi yang lolos snmptn namun ikut sbmptn tetap dikenakan biaya pendaftaran.

7. Pembayarannya sendiri dapat melalui ATM Mandiri/Internet Banking melalui menu 10001 ( bagi yang mendaftar snmptn 2013) atau menu 10000 (Bagi yang tidak mendaftar snmptn 2013/alumni). Atau bisa langsung datang ke Kantor Cabang Bank Mandiri, disana sudah ada Slip/form khusus untuk pendaftaran sbmptn yang harus diisikan dimana bagi pendaftar snmptn 2013 harus menggunakan pilihan Tambah Bayar, sedangkan bagi yang tidak mendaftar snmptn 2013/alumni harus menggunakan pilihan Bayar Awal. Bingung? Iya saya juga bingung karena saya sendiri belum mencobanya.

8. Oh iya, mengenai pengelompokan ujian sendiri akan saya sedikit jabarkan. Misal, Si Mastur di SMA dia masuk kelas IPA, namun di sbmptn dia ingin mengambil prodi IPS semua, jadi dia dikelompokkan dalam ujian Soshum(IPS) bukan Campuran begitupun sebaliknya. Misalnya lagi, Si Fulan berasal dari IPA, dia memilih prodi 1.Hub.Internasional UI 2.Manajemen Unpad 3.Akuntansi USU pada sbmptn, berarti si Fulan mengambil kelompok ujian Soshum, bukan Campuran. Kelompok ujian Campuran sendiri hanya digunakan untuk siswa yang mendaftar sbmptn dengan prodi campuran Saintek dan Soshum, misal si Iyem di SMA masuk kelas IPS, namun di sbmptn dia ingin memilih 1.Kedokteran Undip 2.Akuntansi UGM 3.Teknik Fisika ITB -,- berarti dia harus mengambil Kelompok ujian Campuran karena prodi yang ia pilih Campuran antara Saintek(Kedokteran, Tek Fisika) dan Soshum (Akuntansi).

9. Oh iya, di sbmptn kelompok ujian Saintek, Soshum maupun Campuran dapat memilih 3 prodi di Universitas mana saja ASAL salah satu universitas masih satu wilayah dengan lokasi Tes. Oke saya misalkan lagi. Misal si Kunti memilih lokasi tes di Jawa Barat, dia memilih prodi 1.Kedokteran UNIPA 2.Kimia UNILA 3.STEI ITB, Boleh!. Misal Si Omas memilih lokasi tes di Jawa Tengah, dia memilih 1.Matematika UNPAD 2.Psikologi UNS 3.Psikologi UNPAD. Boleh!. Untuk pembagian panlok(wilayah) sendiri bisa dilihat disini

10. Tahun ini kita dapat memilih lokasi tes sendiri. Namun jika mendaftar sbmptn terakhiran, lokasi tes dapat ditentukan oleh panitia. Misal! Eyang Subur mencalonkan presiden mendaftar sbmptn lebih awal dan dia memilih lokasi tes di Semarang. Terus si Arya Wiguna mendaftar sbmptn namun di tanggal akhir mendekati penutupan, dia memilih lokasi di Purwokerto, namun karena Arya mendaftarnya terakhiran, kapasitas gedung ujian di Purwokerto telah penuh dan ternyata Kapasitas gedung di Semarang masih ada sisa, jadi mau tidak mau si Arya di oper tempat tesnya ke Semarang bersama Eyang Subur <3

11. Jadwal Ujiannya sendiri, tes hari pertama hari Selasa, 18 Juni 2013 dilakukan secara serentak baik Saintek, Soshum, maupun Campuran karena tes hari pertama yang diujikan sama yaitu TPA 75soal, Matdas 15soal, B.indonesia 15soal dan B.inggris 15soal. Sedangkan pada hari kedua, Rabu, 19 Juni 2013 yang diujikan adalah kemampuan IPA 60soal maupun kemampuan IPS 60soal. Kelompok Saintek mulai terlebih dahulu pagi-pagi, setelah kelompok Saintek selesai, siangnya giliran tes Kelompok ujian Soshum. Sedangkan IPC? Kelompok Campuran setelah mengerjakan kemampuan IPA di lanjut siangnya mengerjakan soal kemampuan IPS. [Mampus]. Untuk Kelompok Ujian Campuran ini memang harus mengikuti tes kemampuan IPA+kemampuan IPS karena saat penyeleksian di prodi IPA, nilai yang diinput dalam penyeleksian adalah nilai tes kemampuan IPA, dan saat penyeleksian di Prodi IPS, nilai yang diinput dalam penyeleksian adalah nilai tes kemampuan IPS.

12. Apa lagi ya? saya jadi bingung apalagi. Nanti jika saya ingat sesuatu dan ada tambahan akan segera saya tulis lagi. Oh iya ini ada Laman Resmi sbmptn:
       Email panitia SBMPTN : panitia@sbmptn.or.id
       Twitter : http://twitter.com/panitiaSBMPTN
        Fb : facebook.com/PanitiaSBMPTN
        Call Center : 0804-1-456-456

13. Apa lagi ya.. Ya pokoknya begitu. Maaf jika ada kesalahan, mohon dikoreksi. Dan jika ada tambahan, bisa dituliskan di kolom komentar, nanti saya salin kesini. Jangan lupa baca postingan saya yang lain [Yang ini gak penting].

Mungkin cukup segini dulu. Semoga kita dapat lolos snmptn agar kita tidak perlu pusing & merasakan ketatnya persaingan sbmptn. Apapun hasilnya semoga itu adalah yang terbaik untuk kita dan semuanya. aamiin


Hananmedia.com berusaha memberikan informasi yang lengkap, berimbang, dan jujur. Menuliskan review yang mengandung 'story and value' berdasarkan pemikiran, opini, dan pengalaman pribadi.

28 komentar

Write komentar
May 17, 2013 at 11:36 AM delete

wahh maish lama nih gue kebagian snmptn , moga moga dapet dehhh

Reply
avatar
WAHYU sejagad
AUTHOR
May 17, 2013 at 11:40 AM delete

wah..keren sekali nih..
sayang sekali gue udah tua..jadi gak mikir yang kayak ginian....he

Reply
avatar
Rita A
AUTHOR
May 17, 2013 at 12:04 PM delete

aku jg udah gak mungkin kuliah..
Tp ngmg2 bnyk jg ya tes2 buat masuk perguruan tinggi..
Bnyk jenisnya lg...
Kalo dulu aku cuma taunya PBUD..yg diadakan olh UNRI dan UIN..hehe..
Skrg malah ada sbmptn lah snmptn lah...haduhh..ketat sekali ya..

Reply
avatar
May 17, 2013 at 12:48 PM delete

poin2 buat ikutan sbmptn ribet yg pas pembayarannya, belum lagi website pendaftaran sbmptn dulu-dulu sering banget down, ngeselin kalo pas udah mau daftar lewat online tapi malah g bisa2 buka webnya...

btwe, eyang subur sama aria wiguna lulus tes sbmptn g bro

Reply
avatar
May 17, 2013 at 1:01 PM delete

kok ilang lagiiiii..arrgh!
wah, ini tulisannya bermanfaat banget buat yang mau move on ke bangku kuliah, kalo aku sih udah siap move on ke dunia kerjaaa... *curcol hehehe

Reply
avatar
May 17, 2013 at 1:05 PM delete

catatanya bermanfaat banget niie buar adek-adek yang baru lulus sma dan mau melanjutkan pendidikannya di PT khususnya yg negerii

Reply
avatar
Dian Wahyuni
AUTHOR
May 17, 2013 at 1:14 PM delete This comment has been removed by the author.
avatar
Dian Wahyuni
AUTHOR
May 17, 2013 at 1:17 PM delete

wah, informasi yg brguna buat maba nih :)

Reply
avatar
May 17, 2013 at 3:08 PM delete

wahhh...info yg mantap ini...berguna..!

Reply
avatar
May 17, 2013 at 4:30 PM delete

mumpung masih lama gunakan buat tingkatkan prestasi agar nilainya bagus dan dapet snmptn.

Reply
avatar
May 17, 2013 at 4:36 PM delete

haha ikut nyimak saja berarti

Reply
avatar
May 17, 2013 at 4:38 PM delete

iya mba sekarang udah banyak macem2 tesnya

Reply
avatar
May 17, 2013 at 4:42 PM delete

wah sudah berpengalaman, sampe segitunya kah :O

Reply
avatar
May 17, 2013 at 4:42 PM delete

semangat mba semoga dapat pekerjaan sesuai yg diinginkan

Reply
avatar
May 17, 2013 at 4:44 PM delete

iya mba mau coba berbagi info..

Reply
avatar
May 17, 2013 at 7:56 PM delete

hadah bang...udah terlanjur dapat hadiah nggak enak dari bidik misi...
jadi saya sendiri agak kecewa dengan snmptn dan kwan2...ehehehehe..

semoga sukses bang...

Reply
avatar
Iva Mairisti
AUTHOR
May 17, 2013 at 10:26 PM delete

semangat ya buat yang mati-matian ngejar perguruan tinggi negeri,,hehehe
klo aku sih udah enggak masanya lagi nih, ngenes kalo di ingat2, kalo gak ada lulus di PTN, PTS gak kalah keren kok, huahahaha

Reply
avatar
pnet
AUTHOR
May 27, 2013 at 12:42 PM delete

makasih buat artikelnya...
sukses ya..

Reply
avatar
IRUL
AUTHOR
May 27, 2013 at 11:29 PM delete

Makasih banyak yaa bang!!! ngebantu banget ini. :))

Reply
avatar
lina
AUTHOR
June 1, 2013 at 7:50 AM delete

saya mengikuti ujian campuran,
v saya ngambil soshum za,
apakah tetap kita mengikuti ujian campuran??

Reply
avatar
June 9, 2013 at 10:43 AM delete

Kenapa kecewa? :O mereka baik ko :3

Wah iya trimakasih

Reply
avatar
June 9, 2013 at 10:45 AM delete

Kok bisa ngenes, yaudah gak usah diingat2 mba :)

Reply
avatar
June 9, 2013 at 10:46 AM delete

Sama2..
Trimakasih, sukses juga :3

Reply
avatar
June 9, 2013 at 10:55 AM delete

jika mengikuti soshum maka tesnya adalah tes kemampuan soshum

Reply
avatar

Setelah baca, jangan lupa tinggalkan jejak ya kawan.. :)