Ngobrol Blogger Semarang bersama BCA : Event yang Mengesankan

2:37:00 PM 34 Comments A+ a-

Salah satu hal yang menyenangkan menjadi seorang Blogger adalah apabila kita diundang untuk menghadiri event-event yang seru dan menambah ilmu pengetahuan. Disana kita dapat bersosialisasi secara langsung dengan teman-teman Blogger, berbagi cerita, sharing ilmu dan bercanda tawa bersama. Apapun profesinya dari mulai ibu rumah tangga, pegawai kantoran, wiraswasta, pengusaha hingga mahasiswa, pria wanita, tua maupun muda berbaur menjadi satu untuk menjalin silaturahmi dan membangun relasi.
Ngobrol Bareng Blogger bersama BCA
Saya adalah salah satu orang yang beruntung telah diundang ke acara "Ngobrol Blogger Semarang" bersama BCA dan Bblog yang diadakan di tempat keren yaitu Nestcology Land of Gastronomy Semarang.  Saya sangat suka dengan konsep acara "Ngobrol Blogger Semarang" ini karena banyak memberikan pengetahuan baru, penuh hiburan, bertabur doorprize dan bertabur makanan dari Nestcology yang sangat maknyus dan wajib dicoba.
Penasaran dengan keseruan acara "Ngobrol Blogger Semarang" bersama BCA? yuk simak keseruan acaranya yang akan saya tuliskan disini :

Pemilihan Tempat yang Tepat membuat Acara semakin Oke : Sekilas mengenai Nestcology
Acara "Ngobrol Blogger Semarang" berlangsung pada hari Rabu, 31 Agustus 2016 di Nestcology Semarang. Saya berangkat dari Tembalang pukul 16.30 sore dengan sepeda motor. Jujur, ini adalah pertama kalinya saya ke Nestcology sehingga saya sempat beberapa kali tersesat hingga akhirnya saya sampai di venue. Adapun letak Nestcology berada di Jl. Tambora No 5A, Candi Semarang (024-76440058) yang buka setiap hari Senin-Kamis (Pukul 12.00-21.30) dan Jumat-Sabtu (Pukul 12.00-22.30). Saya sempat tidak menyangka ternyata Nestcology merupakan resto yang cukup besar, sangat cozy, dengan desain yang elegan menjadikannya salah satu tempat favorit yang nge-hits di Semarang. FYI, Nestcology ini sering sekali mengundang artis-artis jakarta seperti rosa, andin, regina, bebi romeo, dll untuk mengisi live music pada event-event tertentu. Wih keren banget berharap suatu saat saya dapat berjumpa dengan artis ibu kota disini. Baru sadar jika ada tempat sekece ini di Semarang.
Lantai dasar Nestcology
Oh iya, Acara "Ngobrol Blogger Semarang" sendiri berada di Lantai 2 Nestcology. Sebelum mengikuti acara, kami diharuskan registrasi terlebih dahulu pada pukul 17.00 dan kami mendapatkan 1 kupon yang akan diundi untuk mendapatkan doorprize khusus dari BCA.
Registrasi dulu...
Acara Menjadi Semakin Hidup berkat Duo MC yang Kece
Setelah menunaikan sholat maghrib bersama, acarapun dibuka oleh duo MC yang asik membuat kami semakin semangat dalam kemeriahan. Duo MC tersebut tak lain tak bukan adalah Mba Cindy (@cindi_debhora) dan Mas Robin (@ObinRobin). Setelah acara dimulai, kamipun dipersilahkan untuk makan malam sambil ditemani live music jazz dari Fatty Catty Band. Mereka membawakan beberapa lagu barat populer dengan aliran jazz sambil mengajak kami ikut bernyanyi. Saya pun ikut bernyanyi karena tak dapat membendung setiap alunan musik yang mereka bawakan hingga saya lupa dengan menu makanan yang sudah tersaji di depan saya. Tak ingin makanan saya dingin, saya-pun segera melahap makan malam dengan rasa nikmat sembari mendengar setiap alunan musik yang sangat harmonis.. damai sekali..
Band Fatty Catty
Sharing With Mas Nuno : [Food Enthusiast] Dari Hobi Icip-Icip Berbuah Manis.
Nah ini adalah sesi yang ditunggu-tunggu, sharing dengan mas Nuno (@nuno_orange), seorang food enthusiast yang aktif di blog dan media sosial.
Food Enthusiast adalah sebutan untuk orang yang hobi makan, suka icip-icip makanan baru, datang ke tempat hits dan menggunggah hasil huntingnya di media sosial maupun blog. Peran seorang Food Enthusiast ini sangat penting lho bagi resto-resto yang ingin memperkenalkan menu barunya ke khalayak luas. Resto-resto biasanya mengundang seorang Food enthusiast untuk mencicipi beberapa menu secara gratis dan memberikan Fee dengan besaran tertentu. Nah, Tugas dari seorang Food Enthusiast sendiri adalah mengunggah foto makanan dan menceritakan pengalamannya mencicipi menu tersebut di media sosial maupun blog. Wih, Asik banget ya, dari hobi makan-makan bisa menjadi satu peluang besar di era hidup modern sekarang ini. Disini saya banyak belajar mengenai peranan media sosial sebagai media branding diri dan portofolio kita. So, jangan pernah sepelekan peranan media sosial di era digital seperti sekarang ini, kepribadian kita tergambar dari apa yang kita bagikan di media sosial.
Mas Nuno (tengah) beserta duo MC mba cindi dan mas Robin (Samping)
Oh iya, bagi kamu yang tertarik menjadi Food Enthusiast, ada beberapa tips nih dari mas Nuno yang wajib kamu ketahui :
  1. Keluar Modal Tapi Gak Harus Mahal : Jika kita ingin belajar menjadi Food Enthusiast, kita memang harus mengeluarkan modal untuk makan di resto-resto hits dan mengunggahnya di media sosial secara gratis tanpa imbalan apapun dari resto. Namanya juga masih belajar, yang terpenting adalah berusaha dahulu, hasil pasti akan mengikuti. Jadikan kegiatan makan-makan sebagai hobi kita, dan jangan pernah takut gendut. Seperti tagline mas nuno : "Makan Gendut, Gak makan lemes. Daripada lemes mending makan"haha. Makadari itu untuk menjaga bentuk badan tetap ideal, maka imbangilah dengan olahraga dan istirahat yang cukup sehingga makan banyakpun tak risau gendut. Walaupun tak harus membeli makanan yang mahal, yang penting eksis dulu dan branding diri kita sebagai Food Enthusiast.
  2. Ajak Teman, Tanggung Renteng : Ini nih yang paling penting bagi kamu yang berbudget tipis. Ajak teman-teman kita untuk mencicipi beberapa menu di resto-resto. Usahakan agar tiap orang memesan menu yang berbeda. Hal ini akan memberikan kita keuntungan karena biaya makanan yang kita pesan menjadi tanggunggan bersama. Selain itu, makanan yang kita ulas menjadi semakin bervariasi dan memperlengkap portofolio kita di media sosial.
  3. Berusaha untuk Objektif dan Jujur : Berusahalah untuk mengulas makanan dengan objektif dan jujur. Nah ini nih yang biasanya  menjadi dilema apabila taste makanan tidak sesuai dengan yang kita harapkan. Gunakanlah kata-kata yang halus dan sopan jika ingin menyampaikan komentar maupun pendapat, dan berikan saran kepada pihak manajemen resto. Misalkan saja makanan yang kita terima terlalu asin, maka berikanlah saran kepada pihak manajemen alangkah baiknya jika takaran garam dapat dikurangi dan sebagainya.
  4. Latihan Fotografi : Alangkah baiknya kita belajar fotografis agar dapat menghasilkan jepretan yang menarik. Hal ini sangat penting karena dengan hasil foto yang bagus akan membuat siapa saja tertarik untuk mencicipinya. Bahkan beberapa Food Enthusiast rela membawa perlengkapan fotografisnya berupa Kamere SLR, tripod, payung hitam, lampu emergency, hingga Tangga-pun ditenteng ke tempat makan demi menghasilkan jepretan yang optimal.
  5. Kelola Media Sosial : Kelola media sosial dengan baik dan jalin interaksi dengan follower kita. Hal ini memungkinkan follower kita menjadi loyal dan mengajak teman-temannya untuk follow akun kita.
Sharing with Mas Nuno
Hunting Foto ke Resto tanpa Risau Berkat Aplikasi Sakuku BCA : Membuat Hangout menjadi All Out
Setelah sharing-sharing dengan mas Nuno, sekarang giliran mas Amin Laurent memperkenalkan Aplikasi Sakuku dari BCA yang dapat membuat hangout kita menjadi semakin All out. Cocok banget untuk kawula muda seperti kita yang ingin praktis dan gak mau ribet. Jadi tak perlu was-was jika ingin hunting foto ke resto dan cafe, tinggal siapkan akun Sakuku, pembayaran menu makanan jadi beres bahkan terdapat diskon jika terdapat event tertentu.

Sebagai anak muda yang suka jalan-jalan, pasti kita sering banget kan butuh pulsa disaat-saat mendesak, saat tengah malam misalnya dimana semua counter pulsa sudah tutup. Atau kita sering menemukan ribetnya alur pembayaran saat sedang belanja online. Atau yang lebih parahnya lagi bahkan pernah lupa membawa dompet saat sedang berkencan dengan si doi. Hal-hal itu pasti sangat tidak diinginkan dan membuat kita geram. Nah, Sakuku adalah solusi agar hal-hal tersebut tidak terjadi.

Sakuku BCA adalah dompet elektronik yang dapat digunakan untuk transaksi membeli pulsa, belanja, hingga transaksi lainnya dalam satu aplikasi di Smartphone kita. Bayangkan betapa mudahnya jika kita ingin isi pulsa. Tinggal tiduran di kamar bermodalkan smartphone saja kita dapat isi pulsa sendiri. Masalah pembayaran belanja online pun menjadi semakin mudah, tinggal klik sana klik sini langsung, wuuss transaksi langsung sukses. Asiknya lagi nih, gak perlu mati kutu jika dompet ketinggalan saat berkencan, selagi masih ada smartphone yang terinstall Sakuku, semua menjadi aman terkendali. Adapun beberapa toko online merchant Sakuku adalah Bhinneka, Blibli, Dinomarket, Kaskus, Perkakasku, dan Rajagame. Nah untuk merchant toko fisiknya sendiri terutama yang berada di Kota Semarang ada Bento tei, Chatime,  De cafe, Mr.Pancake, Seven cafe & bistro, SimSix. Tekodeko, Toko Oen dan masih banyak lagi. Untuk lebih lengkapnya dapat dilihat di www.bca.co.id/MerchantSakuku 

Aplikasi Sakuku dapat di unduh di Playstore (Android) maupun App store (iOS) dan mendaftar dengan mengisi data diri serta verifikasi. Selanjutnya, nomor HP yang kita daftarkan akan menjadi nomor id akun sakuku dan keamanannya berupa PIN 6 digit numeric. Adapun saldo maksimumnya adalah Rp.1000.000 (Sakuku) dan Rp.5.000.000 (Sakuku Plus) yang dapat di top-up melalui ATM BCA, Klik BCA Individu maupun BCA mobile.
Mas Amin Laurent
Terdapat 3 keuntungan bagi pengguna Sakuku yaitu Mudah, Praktis, dan Gratis.!
Mudah karena hanya dengan mengunduh aplikasi dan mendaftarkan diri, kita dapat melakukan aktifitas belanja, isi pulsa dan transaksi lainnya seperti transfer dan tarik tunai hanya dengan smartphone kita.
Praktis karena nomor HP kita yang akan menjadi nomor kepemilikan akun Sakuku sehingga kita tak perlu membawa dompet jika ingin hangout bareng temen-temen. Tinggal siapkan aplikasi Sakuku di smartphone, semua kebutuhan mulai dari isi pulsa, belanja, nongkrong, hunting foto, kencan menjadi semakin all out.
Gratis karena layanan ini bebas administrasi bulanan. Beneran lho gratis. Sangat bersahabat sekali untuk kita sebagai anak muda yang cermat dalam mengatur keuangan.

Oh iya adapun fitur lain Sakuku adalah transfer, split bill dan tarik tunai. Ini nih yang menarik.
Dengan fitur trasfer, kita dapat mengirim uang ke kerabat maupun meminta kerabat untuk mentrasfer uang ke akun kita. Split bill yaitu fitur untuk berbagi tagihan belanja ke kerabat dan teman-teman kita, cocok banget untuk food enthusiast yang suka renteng makanan bareng temen-temen. Fitur tarik tunai, kita dapat menarik uang di atm jika kita lupa membawa kartu atm. Caranya mudah sekali, hanya dengan smartphote, kamu dapat meminta penarikan tunai dengan fitur tarik tunai, selanjutnya, Sakuku akan memberikan kode numeric untuk dimasukkan ke dalam mesin Atm. Nah mesin ATM yang dapat memproses permintaan tarik tunai Sakuku adalah mesin ATM yang sudah bertanda khusus. Untuk lebih jelasnya mengenai fitur-fitur Sakuku bisa dibaca di web resmi BCA.

Semakin Larut, Semakin Seru : Stand-up Komedi & Bertabur Makanan.
Ternyata semakin larut, suasana menjadi semakin seru. Terlebih saat penampilan Stand-up comedy dan camilan-camilan mulai berdatangan. Salah satu menu spesial Nestcology yang disajikan adalah Baileys Choco Boom. Kami dibuat terpukau oleh cara penyajiannya dengan menuangkan coklat panas ke atas bola coklat sehingga bola coklat itu meleleh dan terlihat ice cream serta puding didalamnya. Rasanya sangat lumer dimulut, pudingnya mempunyai sensasi meletup-letup saat berada di dalam mulut. Lezat..
Sudah cocok jadi Food enthusiast?
Pengumuman Pemenang Doorprize Menutup Meriahnya Ngobrol Blogger Semarang.
Pengumuman live report terbaik, penanya terbaik dan pemenang Doorprize menjadi pertanda perjumpaan kami akan berakhir malam itu. Saya sebenarnya berharap dapat menjadi salah satu pemenang, hehe. Apalah daya, ternyata saya kurang beruntung mendapatkan doorprize tersebut, namun itu tak menjadi masalah karena saya mendapatkan pengalaman yang berkesan dan berharga. Saya ikut senang dan memberikan selamat kepada para pemenang. Seluruh tamu undangan juga mendapatkan bingkisan totebag dari BCA yang berisi tepak nasi dan tempat minum Lock&Lock serta buku note dan kipas dari Bblog.
Selamat kepada para pemenang.
Begitulah keseruan acara Ngobrol Blogger bersama BCA di Semarang. Oh iya, Acara ini juga akan hadir di beberapa kota di Indonesia lho. Tunggu keseruan Ngobrol blogger bersama BCA di kota mu ya.!

Hananmedia.com berusaha memberikan informasi yang lengkap, berimbang, dan jujur. Menuliskan review yang mengandung 'story and value' berdasarkan pemikiran, opini, dan pengalaman pribadi.

34 komentar

Write komentar
Rifqi Banyol
AUTHOR
September 14, 2016 at 4:10 PM delete

Wah, ilmu yang bermanfaat. Apalagi dapet tips jadi food enthusias dari seorang yang udah pengalaman.

Langsung gue catat nih point2nya. Hehe

Eh iya, gue belum pernah ngerasain kumpul2 bareng blogger nih. Kek mana ya rasanya? Hmm
Beruntung lo udah pernah ngerasain, selamat bro!!

Reply
avatar
September 14, 2016 at 5:10 PM delete

Wuiih keren bisa ketemu blogger-blogger, pengalaman terbaik tuh!.

Gue blm pernah kopdar kayak gitu, pengennya sih kopdar blogger bandar lampung

Reply
avatar
Amanda Ratih
AUTHOR
September 14, 2016 at 6:34 PM delete

Aplikasi BCA yang satu ini memudahkan konsumennya dalam menyimpen duit emang ya :)

Reply
avatar
wahyu yuwono
AUTHOR
September 15, 2016 at 9:30 AM delete

Gue masih terkendala di modal aja sih :D, karena di Pekanbaru itu range untuk harga sebuah cafe/resto biasanya 20-30 ribuan, sementara gue masih harus ngirit untuk keperluan lain. Maklumlah anak kos dan juga semester atas :D.

Trus juga teman gue gak punya hobi yang sama, jadinya susah. Ada sih beberapa orang yang suka posting foto makanan, tapi udah pada kerja.

Reply
avatar
Fitrotul Aini
AUTHOR
September 15, 2016 at 9:36 AM delete

Waaaahhhhh asiikkk seruu....
Dapet ilmunya dapet juga pengalamannya... :)
Jadi pengen juga untuk jadi food enthusiast.
Hehehehee....

Reply
avatar
September 15, 2016 at 10:33 AM delete

Salah satu enaknya jadi blogger ya ini nih, diundang ke acara kece, mana tempatnya keren gitu :o

Zaman makin maju ya jadi apa2 serba dipermudah, termasuk apps sakuku BCA itu

Reply
avatar
September 15, 2016 at 11:59 AM delete

Wah asik nih ada event kayak gini. Aku jarang ikutan sebenernya karena malu kalo nggak ada temen. Tapi justru bisa nambah temen ya.

Sempet kepikiran sih jadi FE kayaknya enak. Kulineran gratis. Ada opening cafe atau resto bisa diundang. Dikasih menu yang enak-enak. Tapi, usaha di balik itunya emang harus keras banget. Apalagi sekarang FE banyak banget bertebaran. Harus punya branding dan ciri khas sendiri. Ilmunya bermanfaat banget nih. Thank you ya. Bisa belajar juga buat jadi FE

Reply
avatar
Yogi Satria
AUTHOR
September 15, 2016 at 7:49 PM delete

keren tuh tempatnya, enak juga bang bisa kumpul para blogger gitu, gue mah belum pernah hehe.. trus itu juga tipsnya juga lumayanlah ya buat nambah-nambah pengetahuan, keren lah.

Reply
avatar
September 15, 2016 at 10:38 PM delete

Yang di mana-mana, berkomunitas itu emang penting. Akhir minggu lalu gue juga berkesempatan buat kumpul blogger. Ternyata, apa yang kita pikirkan tentang dunia blog ngga sesempit itu.. Blogger juga butuh komunitas. Dan selamat! banyak ilmu yang kta dapat dari kumpul blogger macam ini

Reply
avatar
September 16, 2016 at 2:31 AM delete

Ini acara kemaen juga sempet rame pas di Jogja, jadi trending topic juga di twitter, sayangnya gak ikutan, padahal banyak ilmunya gitu. Untungnya beberapa ilmu ditulis juga di postingan ini.

Reply
avatar
Muhammad Afif
AUTHOR
September 16, 2016 at 3:31 PM delete

Disana sering banget atau malah tiap hari ya acara-acara yang mengundang blogger, mungkin terlalu berlebihan kalo gue bilang tiap hari, ya karna disini jarang banget malahan gak ada yang jadi blogger. Mungkin ada tapi dia tak menampakkan diri :(

Wah food enthu, ada dua manfaaat, perut kenyang dan bisa ditulis review nya di blog haha, parah guee

Reply
avatar
Hanan M
AUTHOR
September 16, 2016 at 10:04 PM delete

Iya bermanfaat banget ilmunya... :D

Reply
avatar
September 16, 2016 at 10:04 PM delete

hanann..seru bgt yah acaranya...next kalau ada lagi colek2in aku donk..xixixixi

Reply
avatar
Hanan M
AUTHOR
September 16, 2016 at 10:05 PM delete

Ini bukan kopdar sebenarnya. Semacam event dari BCA yg mengundang blogger.
Semoga di bandarlampung jg ada ya..

Reply
avatar
Hanan M
AUTHOR
September 16, 2016 at 10:15 PM delete

Iya benar sekali. gak perlu bawa uang cash lagi :D

Reply
avatar
Hanan M
AUTHOR
September 16, 2016 at 10:17 PM delete

Iya seruu kalo jadi F.E

Reply
avatar
Hanan M
AUTHOR
September 16, 2016 at 10:17 PM delete

iya Sakuku ini sangat mempermudah segala urusan ya. :D

Reply
avatar
Hanan M
AUTHOR
September 16, 2016 at 10:18 PM delete

Siip sama2. semoga dari artikel ini bisa memberikan informasi dan bermanfaat :)

Reply
avatar
Hanan M
AUTHOR
September 16, 2016 at 10:19 PM delete

Iya sama2, semoga tipsnya bermanfaat ya

Reply
avatar
Hanan M
AUTHOR
September 16, 2016 at 10:20 PM delete

iya banyak sekali ilmu yang kita pelajari :)

Reply
avatar
Hanan M
AUTHOR
September 16, 2016 at 10:21 PM delete

iya kemarin dari semarang langsung ke jogja ya. Gpp mas jangan berkecil hati, mudah2an nanti dapat undangan dari BCA lg jika ada next event

Reply
avatar
Hanan M
AUTHOR
September 16, 2016 at 10:22 PM delete

wah emang dimana daerahnya??

Reply
avatar
September 17, 2016 at 11:00 AM delete

Waduh saya juga mau ikutan atuh kang kalau acaranya begini mah, jadi pengen nyicipi makanannya.

Reply
avatar
Zilmy Hakim
AUTHOR
September 17, 2016 at 10:32 PM delete

Enak bener yak di undang ke acara yang temapatnya bagus gitu. Ehh, tapi resto itu cuma ada disana atau di tempat lain juga ada (cabang lain gitu) ?

Reply
avatar
Reyza Zamzamy
AUTHOR
September 17, 2016 at 11:15 PM delete

Keren banget lahh, sayang aku selama ini masih belum pernah diundang ke acara-acara begituan. yaa semoga kedepannya bisa diundang juga deh di acara kumpul Blogger di Surabaya sini.

Selain makanannya enak-enak ternyata banyak juga ilmu yang bisa diambil dari acara tersebut yaa. mantap deh, pulang-pulang selain perut kenyang, otak juga kenyang akan ilmu ngeblog hehe.

Reply
avatar
Hanan M
AUTHOR
September 18, 2016 at 10:41 AM delete

Cuma ada di Semarang mas

Reply
avatar
Hanan M
AUTHOR
September 18, 2016 at 10:42 AM delete

Iya mas perut kenyang otakpun kenyang dengan ilmu

Reply
avatar
Levina
AUTHOR
September 19, 2016 at 7:34 AM delete

Kalau saya masih belajar untuk food photografi nya Mas. Hobi makan sih udah ... xixixi. Makan sejalab dengan traveling. Jadi saya suka sekalian dua artikel. Tentang travelingnya sendiri dan tentang kulinernya. Dua hal ini mah favorit saya.

Reply
avatar
Hanan M
AUTHOR
September 19, 2016 at 7:45 PM delete

iya mba makan sejalan dengan traveling jadi bs memperkaya artikel :D

Reply
avatar
September 21, 2016 at 8:26 AM delete

Wah anak Semarang.. Mendadak gue jadi kangen sama Semarang nih..
ObinRobin itu kayaknya anak stand up semarang ya, gue pernah liat soalnya..

Beruntung banget nih bisa ikutan acara beginian, di tempat yang wow banget. Pasti makanannya juga mantap2 nih, mie instan kuah balado ada gak ya? :D

Emang kalo menekuni sesuatu secara serius hasilnya bisa ngejalanin hobi sambil dibayar~

Reply
avatar
Hanan M
AUTHOR
September 21, 2016 at 6:26 PM delete

iya mas standup comedy dan MC..
Haha kalo indomie mah adanya di burjo...
iya intinya tekun y mas

Reply
avatar

Setelah baca, jangan lupa tinggalkan jejak ya kawan.. :)