Tanjung Benoa, Tempat Yang Tepat Menikmati WaterSport Bali : #KKL

7:00:00 PM 43 Comments A+ a-

Pada postingan yang lalu, saya telah menuliskan tentang kunjungan perusahaan ke PT Dempo Laser Metalindo dalam rangka KKL / Kuliah Kerja Lapangan yang diadakan pada bulan Januari lalu. 

Pada postingan kali ini saya ingin melanjutkan tulisan saya tersebut yaitu perjalanan KKL ke pulau Bali. Sebenarnya tujuan kami bertandang ke Bali bukanlah untuk mengunjungi dan melihat proses produksi perusahaan-perusaan di Bali, melainkan hanya sekedar "bersenang-senang" mengunjungi tempat wisata dan menikmati keindahan alam di pulau dewata tersebut. Jika di pikir-pikir agak tidak nyambung memang dengan embel-embel "Kuliah Kerja Lapangan" yang kami usung dan bernilai 1 sks tersebut. Kami sedikit memanfaatkan Kuliah Kerja Lapangan sebagai Kuliah Lapangan sambil berwisata dengan persentase 10% Kuliah Lapangan 90% berwisata dan ini bukanlah suatu rahasia umum. Ya maklumlah kami juga mahasiswa biasa yang butuh refreshing dari tugas dan praktikum yang memuakkan melelahkan *abaikan

Tentu saja jika mendengar kata "Bali" pasti yang tersirat di benak orang adalah tempat-tempat wisata pantai yang indah dan mempesona. Kami juga tak mau ketinggalan, tujuan pertama kami saat menginjakkan kaki di pulau seribu pure ini adalah Tanjung Benoa. Saya ingin menuliskan sedikit cerita saya serta menjabarkan beberapa informasi agar tulisan ini dapat menjadi salah satu referensi kamu dalam berkunjung ke Tanjung Benoa :

Sedikit Informasi Mengenai Letak Tanjung Benoa
Tanjung Benoa berada di kelurahan wilayah Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali. Sebenarnya saya tidak terlalu hafal dengan letak dan jalan di dareah bali karena memang kami menggunakan trasportasi bus pariwisata untuk menjangkau daerah-daerah pariwisata. Namun tak perlu kuatir, kamu juga bisa menjangkaunya dengan menggunakan taksi ataupun dengan kendaraan pribadi. Letak Tanjung Benoa ini tidak jauh dari jalan dengan tanda terdapat sekolah SD dan pemakakaman umum. FYI, kendaraan harus diparkirkan di lahan yang berada di seberang jalan, sehingga kamu perlu berjalan sebentar melewati jalan diantara SD dan pemakaman tersebut dan sampailah di Tanjung Benoa. Oh iya sebenarnya terdapat banyak pintu masuk untuk menuju ke tanjung benoa, jika kamu memiliki referensi pintu masuk yang lain juga tidak menjadi masalah.
Tanjung Benoa Dari Google Map
Suasana jalan antara lahan parkir dan Tanjung Benoa

Di Tanjung Benoa Mau Ngapain Aja? : Beberapa Gambaran Mengenai Tanjung Benoa
Saat memasuki kawasan Tanjung Benoa, kamu akan disambut dengan berbagai pilihan wahana permainan air mulai dari banana boat, scuba diving, parasailing, rolling donut, seawalker, flying fish, snorkeling dll. Tentu saja jika ingin menikmati permainan air tersebut kamu harus merogoh kroscek cukup dalam. Contohnya saja untuk menaiki Banana Boat kamu perlu merogor kroscek kurang lebih Rp.100.000 hingga Rp.150.000 per orang untuk sekali putaran, Parasailing Rp.200.000 - Rp.250.000 per orang. Harga bisa saja berbeda untuk tiap jasa penyedia peralatan wahana air tersebut.
Aktifitas wahana air di Tanjung Benoa sangat tergantung dari kondisi pasang surut air laut yang dikenal dengan istilah pasang purnama dan pasang tilem. Jika kondisi air laut  dipengaruhi oleh pasang tilem, atraksi wisata laut baru bisa dilangsungkan di atas pukul 11.00 hingga sore. Sebaliknya, jika terkena pengaruh pasang purnama (bulan penuh), wisatawan bisa memulai aktivitas wisata air sejak pagi hari pukul 09.00 hingga sore hari pukul 04.00. Oh iya bibir pantai Tanjung Benoa memiliki laut yang tenang dan aman. Karang lautnya masih lestari, sehingga ombak akan pecah di luar, sebelum menyentuh bibir pantai. Karena itu, di pantai Tanjung Benoa dikenal istilah ''laut dangkal'' dan ''laut dalam". Pantai Tanjung Benoa hanya cocok dijadikan tempat untuk menikmati permainan air dan saya tidak merekomendasikan untuk dijadikan tempat surving ataupun tempat untuk menikmati keindahan pantai, karena memang pantai ini kurang indah dan tidak memiliki ombak.
(Baca Juga : Sehat Ala Jepang)

Tidak Mau Basah-Basahan Karena Wahana Air? Masih Ada Cara Lain Untuk Menikmati Tanjung Benoa : Berlayar Ke Pulau Penyu
Nah Apabila Kamu tidak ingin basah-basahan ataupun budgetmu terbatas untuk menikmati wahana air, tak usah kuatir karena masih ada alternatif lain : berlayar ke pulau penyu. Untuk menjangkau ke Pulau Penyu,  kamu harus menaiki perahu motor dengan kapasitas 10 orang. Tarif untuk menaiki perahu motor ini sebesar Rp.50.000 per orang (PP). Setelah berlabuh di pulau penyu, kamu akan dimintai uang retribusi untuk pengembangan pulau penyu sebesar Rp.10.000.
Kapal Motor yang membawa ke pulau penyu
Tentu saja di pulau penyu kita dapat melihat penangkaran penyu dari anak penyu hingga penyu dewasa. kita juga dapat berinteraksi dan berfoto dengan penyu-penyu disini. Selain penyu, kita juga dapat menemukan hewan-hewan lain seperti ular, jalak bali, iguana, burung hantu dan sebagainya dan tentu saja kita dapat berinteraksi dengan semua hewan-hewan tersebut.



Satu Hal yang Khas Di Setiap Daerah Pesisir : PANAS!
Sama seperti daerah pesisir lain, suhu di Tanjung Benoa adalah salah satu pesisir yang sangat panas. Sinar mataharinya sangat terik dan menusuk hingga ubun-ubun. Suhu udaranya pun membuat badan menjadi sangat gerah terutama di jam-jam 10 pagi hingga 12 siang. Maka ada baiknya  memakai topi dan menyiapkan sunblock bagi kamu yang memiliki kulit yang sensitif terhadap sinar matahari. Walaupun begitu, Tanjung Benoa menjadi salah satu tempat yang patut kamu kunjungi untuk menikmati permainan air ataupun hanya sekedar bertandang ke pulau penyu.

Itulah sedikit cerita saya saat berkunjung ke Tanjung Benoa. Untuk Trip di Bali lainnya akan saya publish di postingan berikutnya. So, jangan sampai kelewatan. 
Semoga bermanfaat
(Baca Juga : Pura Diatas Laut Lepas : Uluwatu Bali #KKL)

Hananmedia.com berusaha memberikan informasi yang lengkap, berimbang, dan jujur. Menuliskan review yang mengandung 'story and value' berdasarkan pemikiran, opini, dan pengalaman pribadi.

43 komentar

Write komentar
The Orc
AUTHOR
March 18, 2016 at 9:38 PM delete

keknya bagus tuh jadi pengen kaesana

Reply
avatar
Awei Juw
AUTHOR
March 18, 2016 at 10:08 PM delete

Wah kayaknya mantap nih.. Suatu saat nanti saya kesana...

Reply
avatar
Bagus Eko
AUTHOR
March 19, 2016 at 3:56 AM delete

wah keren jugaa tempat nya recomended liburan kesana thanks atas infonya

Reply
avatar
Eko Sutrisno
AUTHOR
March 19, 2016 at 8:10 AM delete

Dibali serasa di surga gan

Reply
avatar
Gede Teguh
AUTHOR
March 19, 2016 at 8:33 AM delete

Mantep banget emang gan tanjung benoa, mana pemandangannya indah lagi. Saygn sekarang ada rencana reklamasi teluknya :3

Reply
avatar
Vadaa bro
AUTHOR
March 19, 2016 at 8:40 AM delete

Waw bisa snorkling...pasti bagus pemandangan bwh lautnya :)

Reply
avatar
Nurdin Akbar
AUTHOR
March 19, 2016 at 11:14 AM delete

baru denger tuh tanjung benoa, lestarikan tempat2 wisata indonesia

Reply
avatar
March 19, 2016 at 4:17 PM delete

Hahahahahahha Bali memang paling top deh kalau urusan dengan tempat wisata. Itu baru Tanjung Benoa loh. Masih ada lagi seperti Pantai Sanur, Bukit jambul dan sebagainya. Tapi tetap butuh dana yang lumayan untuk menikmati keindahannya.

Kalau dari gue belum pernah ke Tanjung Benoa. Terakhir itu ke GWK (Garuda Wisnu Kencana). Beuh udah tempatnya keren, datangnya jam 12 makin keren deh. Hahahhahhaha panasnyaaaaa

Reply
avatar
Dary Pradipta
AUTHOR
March 19, 2016 at 4:39 PM delete

Pigin kesanaaa kereng kayaknyaa

Reply
avatar
A Mahfuda
AUTHOR
March 19, 2016 at 5:06 PM delete

wow, Tanjung Benoa maerupakan temapt kenangan buat gue. Karena waktu kelas 11 SMA gue study tour ke bali dan pas di tanjung benoa gue punya kenangan yang nggak bisa gue lupain.

Disana emang panas banget, yang ga pake sunblock pasti pulang jadi item sementara. Dan yang wajib itu bawa kacamata item. Karena matahrinya sangat menyilaukan... hhhaaa...

Reply
avatar
March 19, 2016 at 6:50 PM delete

Haha, kayaknya KKL cuman buat nama doang yaa, sisanya sebenernya dibuat wisata di Bali.

Wahananya sepertinya emang butuh merogoh kocek, tapi kalo menurutku sebanding sih dengan pengalaman yang ditawarkan. Aku tertarik banget tuh ke penangkaran penyu, kebetulan aku suka banget sama hewan-hewan reptil hehe.

YAa, semoga dengan wisata sejenak itu bisa ngilangin kepenatan yang kamu rasakan yaa bro ;)

Reply
avatar
siethie
AUTHOR
March 20, 2016 at 12:52 AM delete

Waah..tanjung benoa udah lama denger tentang lokasi ini, tapi sayang ga se hits destinasi lainnya

Reply
avatar
March 20, 2016 at 11:35 AM delete

Waaaaaks :D penyunyaaa :3 mauuu dong naik penyuuu, biar kayak gurunya Goku di dragon ball :D

Reply
avatar
i Jeverson
AUTHOR
March 20, 2016 at 5:42 PM delete

hahaha, daerah pesisir kalau dingin itu namanya pembunuhan karakter men. bali emang asik dan seru buat dijadiin destinasi bersenang-senang, tapii... agak asing ya gue sama tanjung benoa..

Reply
avatar
Gia Ghaliyah
AUTHOR
March 20, 2016 at 6:31 PM delete

Wah ceritanya seruuuu bangeeeet! Jadi gak sabar baca ccerita yang edisi bali deh

Reply
avatar
wahyu yuwono
AUTHOR
March 25, 2016 at 2:02 AM delete

Kayaknya seru nih kalo lo cerita lebih banyak tentang penyu. Soalnya gue pengen tau, penyu-penyu disana masih banyak apa enggak. Karena gue gak pernah kepikiran untuk kesana, gue gak punya budget banyak :D

Eh iya, mau koreksi dikit, itu kroscek atau kocek?

Reply
avatar
Hanan M
AUTHOR
March 25, 2016 at 11:43 AM delete

mas wahyu : penyu2 disana sebenarnya tergolong dkit mas.. namun disana ada penangkarannya dari kecil sampe besar biar gak punah. Oh iya maksudnya kocek kali ya..

Reply
avatar
March 26, 2016 at 3:09 PM delete

KKL apaan sih? Kalau mirip dengan KKN, Enak banget bisa jalan jalan kesana.

Mantep nih, tempat ini emang hits banget kalau ke bali. Monyet monyetnya katanya jahil kan ya. Terus aku baru tau sih ada yang namanya pulau penyu haha. Selamat KKL yaaa

Reply
avatar
violetya
AUTHOR
March 26, 2016 at 9:17 PM delete

Huhuu... kemqren gak sempet ke pulau penyu ituuuh
Pengen aah kapan kapan

Reply
avatar
Hanan M
AUTHOR
March 27, 2016 at 8:34 AM delete

Haha kesana saja mas

Reply
avatar
Hanan M
AUTHOR
March 27, 2016 at 8:36 AM delete

Gak serasa di surga jg kali.. tp mmg lumayanlah tmpt wisatanya bagus2

Reply
avatar
Hanan M
AUTHOR
March 27, 2016 at 8:36 AM delete

Malah saya belum tau ttg teklamasi teluknya :/

Reply
avatar
Hanan M
AUTHOR
March 27, 2016 at 8:37 AM delete

Katany karang2nya masih bagus.. bisa dicoba lah

Reply
avatar
Hanan M
AUTHOR
March 27, 2016 at 8:39 AM delete

Di GWK mmg panas bgt kalo dtg siang menuju sore

Reply
avatar
Hanan M
AUTHOR
March 27, 2016 at 8:40 AM delete

Kenangan apa tuh?

Bener bgt kulit lgsng belang2..

Reply
avatar
Hanan M
AUTHOR
March 27, 2016 at 8:41 AM delete

Cukup sekali untuk menghilangkan penatnya masalah di dunia ini haha

Reply
avatar
Hanan M
AUTHOR
March 27, 2016 at 8:42 AM delete

Iya benar sekali. Untuk itu saya menuliskannya untuk memperkenalkan destinasi2 wisata di bali yg belum trlalu dikenal

Reply
avatar
Hanan M
AUTHOR
March 27, 2016 at 8:44 AM delete

Wah kok blm banyak yg tau ttg tanjung benoa ya

Reply
avatar
Hanan M
AUTHOR
March 27, 2016 at 8:44 AM delete

Haha tunggu post selanjutnya mba :)

Reply
avatar
Hanan M
AUTHOR
March 27, 2016 at 8:46 AM delete

KKL itu Kuliah kerja Lapangan. Biasanya kegiatan kunjungan perusahaan sekaligus berwisata.

Reply
avatar
Hanan M
AUTHOR
March 27, 2016 at 8:47 AM delete

Wah sayang bgt kalo udah sampe tajung benoa blm prnh ke pulau penyunya.
Iya harus dicoba mb

Reply
avatar
Rangga
AUTHOR
March 31, 2016 at 8:29 AM delete

waduh... jadi pengen ke bali nih... kapan-kapanlah kesana sama istri... habis berapa mas ke bali...?

Reply
avatar
Hanan M
AUTHOR
March 31, 2016 at 2:43 PM delete

Kalo ditanya habis berapa relatif sebenarnya mas. kalau backpacker pasti jauh lebih murah mas..
kmrn saya karena ikut biro ke surabaya-bali selama seminggu jadi jatuhnya mahal..

Reply
avatar

Setelah baca, jangan lupa tinggalkan jejak ya kawan.. :)