Netizen Bertemu dan Ngobrol Bareng Pak Jokowi

5:59:00 PM 12 Comments A+ a-

Semenjak saya upload foto bareng pak Jokowi di instagram, ternyata banyak teman-teman yang merasa penasaran dengan cerita dibalik foto tersebut. Mungkin beberapa ada yang heran dan bertanya-tanya kok seorang rakyat jelata macam Hanan bisa foto bareng Pak presiden? Aku mah apa atuh ya.. cuma remah-remah mahasiswa tua yang menunggu kebijakan Skripsi dihapuskan dari syarat lulus..  Orang tua sayapun ternyata gak kalah kepo dan mempertanyakan keaslian foto tersebut. "Mas itu foto yang bareng pak jokowi dan pak ganjar editan atau gimana kok muka mas sama semua". Sayapun cuma bisa ngelus dada. Haduh ibu, wajah anakmu ini dari dulu ya sama kayak gini, tak mungkin berubah jadi muka steven william toh. haha.
Nah daripada saya mengulang-ulang cerita saat bertemu pak Jokowi, jadi mending saya tuliskan ceritanya disini.
Netizen dan Pak Jokowi
Senin tanggal 14 november 2016 lalu, Beberapa blogger dan penggiat sosial media berkesempatan untuk dinner dan ngobrol ringan bareng pak Jokowi. Beliau datang ke Semarang dalam rangka meresmikan kawasam industri di Kendal bersama PM Singapore. Alhamdulillah, saya salah satu blogger yang termasuk dalam undangan tersebut. Rasanya seneng dan sangat excited untuk bisa bertemu pak presiden. Saking semangatnya saya langsung cari kemeja putih dan celana hitam di lemari dan langsung mencucinya agar terlihat bersih juga rapi. Sepatu pantofelpun langsung saya lap biar kinclong mengkilat. Dresscode yang diumumkan memang bercorak hitam putih rapi. 

Kami disuruh datang pukul 17.30 di Hotel Gumaya Semarang. Saat saya datang terlihat para netizen dan wartawan sudah berkumpul di depan pintu utama hotel. Kamipun di cek satu-satu, diraba-raba dan di pindai dengan alat pendeteksi logam oleh petugas. Wajarlah kan mau ketemu pak presiden jadi proses masuknya tak boleh sembarangan. Setelah lolos pengecekan kami dipersilahkan registrasi dan diberi 1 buah kaos bertuliskan "SaveNKRI" untuk dipakai selama acara. Ini penting banget soalnya kalo gak pakai kaos ini kita tidak diperbolehkan masuk. Nah kamipun dipersilahkan menunggu di resto hotel. Ternyata lama juga menunggu acara dimulai, sayapun jadi bosan. Kata petugasnya, pak presiden sedang berdialog dengan para ulama dahulu jadi kami harus menunggu. Untungnya blogger-blogger yang lain mulai berdatangan jadi kita kumpul-kumpul sambil berfoto agar gak bosan. Jadi mirip reunian blogger dengan tema hitam putih. haha
Blogger Semarang
Ternyata acara baru dimulai pukul 20.00, yang artinya 2,5 jam lamanya saya sudah menunggu. Akhirnya kami dipersilahkan memasuki Ballroom hotel yang berada di Lantai 2. Nah sebelum memasuki Ballroom kami diperiksa lagi untuk kedua kalinya. Benda tajam, korek api, dan bahan-bahan berbahaya tidak diperkenankan untuk masuk. Smartphone, kamera, dan alat perekam yang kami bawa juga "disita" untuk sementara. Iya, bener banget. Kami tidak diperbolehkan mendokumentasikan baik itu foto maupun video selama acara sedang berlangsung. Jadi kami masuk ke ballroom dengan tangan kosong, cuma bawa badan, baju, celana dan sepatu. Tapi itu tak jadi masalah, yang penting bisa ketemu pak Presiden..

Saat masuk ballroom kami dipersilahkan untuk makan malam dahulu. Disana sudah tersaji berbagai hidangan dalam bentuk prasmanan. Ada nasi, aneka lauk, buah, salad, hingga dessert berupa aneka kue, dan puding. Tentunya momen ini tak boleh disia-siakan ya terutama bagi anak kost penggemar burjo seperti saya. Lumayanlah  untuk menenangkan cacing-cacing di perut.

Seusai makan kami dipersilahkan memasuki ruangan diskusi. Jadi konsep diskusinya lebih mirip ngobrol ringan sambil duduk di karpet. Pak Jokowi yang melihat kami mencopot sepatu, beliau juga ikutan mencopot sepatunya dan duduk di depan kami bersama beberapa menteri yang hadir. Saya antusias dong bisa melihat Pak Jokowi secara live di depan mata. Sebelum memulai diskusi, beliau mempersilahkan kepada kami untuk foto bersama. Tentunya yang mengambil foto adalah tim dari panitia acara karena kami tidak boleh membawa kamera. Gambar paling atas artikel ini adalah hasil fotonya. hehe. Saya juga berkesempatan berjabat tangan dengan beliau. Beliau terlihat kalem dengan senyum yang khas dan pakaian yang sederhana. Jika dilihat, penampilan pak Jokowi tidak ada yang "wah" bahkan cenderung biasa-biasa saja. Terlihat wajahnya sudah mulai menua, mungkin karena pusing mikirin masalah negara ya. Sehat selalu ya pak.

Sebenarnya apa si tujuan pak Jokowi mengumpulkan kami?
Nah akhirnya Diskusipun dimulai. Pak jokowi mulai bicara dan kamipun mendengarkan dengan seksama. Kata demi kata yang keluar dari mulut beliau rasanya sayang untuk dilewatkan. Dengan diselingi beberapa candaan beliau menceritakan mengenai "kegalauannya" selama ini. Kegalauan kondisi di Indonesia yang sering memanas dengan berkembangnya isu-isu yang bernada cacian, provokasi, fitnah, dan kebencian di internet. Kondisi sosial media sudah parah, karena banyak orang yang menuliskan status nyinyiran. Orang-orang berlagak menjadi politikus andal dan ahli agama untuk menjatuhkan lawannya. Saling serang, beradu argumen, dan tidak ada yang mau mengalah. Jujur saya juga sangat muak dengan kondisi seperti itu. Tiap kali buka Facebook, isinya kata-kata kotor, bahkan banyak teman-teman saya yang share mengenai kejelekan-kejelekan antar "kubu". Please berfikirlah dua kali sebelum klik like dan share sesuatu apalagi jika berkaitan dengan isu sensitif. Itu tidak akan menyelesaikan masalah justu akan memperkeruh keadaan!

Disitu pak Jokowi menceritakan bahwa selain media massa, sosial media juga sangat berpengaruh dalam pembentukan opini publik. Beliau menghimbau agar kami menjadi netizen yang cerdas dan bijak dalam menerima dan membagikan informasi. Taukah kita, Siapa yang diuntungkan jika rakyat Indonesia terbecah belah? FYI, Kondisi perekonomian negara-negara di Asia Tenggara sedang mengalami penguatan yang cukup signifikan. Perekonomian di Asia Tenggara merupakan kondisi yang paling stabil di dunia. Perekonomian Indonesia sendiri (jika saya tidak salah) telah menguat sebesar 6% . Tentunya banyak "pihak-pihak" yang merasa cemburu dengan kondisi ekonomi di Asia Tenggara sehingga "mereka" akan merasa senang jika negara-negara di Asia Tenggara mengalami kegoyahan di internalnya. Pak Jokowi berharap agar kami, para netizen tidak memakan informasi secara mentah-mentah dan tidak ikut-ikutan menuliskan status makian.
Bapak Rudiantara, Menteri Komunikasi dan Informatika
Pak Rudiantara, menteri komunikasi dan informatika juga menjelaskan bahwa terdapat lebih dari 770ribu situs yang sudah diblokir oleh pemerintah karena mengandung konten negatif, berita kebencian, dan memecah belah. Apabila temen2 menemukan situs yang menyebarkan berita hoax dan konten negatif, temen2 dapat melaporkannya ke www.trustpositif.kominfo.go.id agar dapat ditindak lanjuti. Daripada kita menuliskan status negatif, lebih baik kita menuliskan hal-hal yang bermanfaat. Lebih asik lagi kalo kita dapat menuliskan hal-hal yang berkaitan dengan hobi atau passion kita, misalkan saja hobi kita traveling, ya tuliskanlah mengenai kiat-kiat traveling, yang hobi desain bisa menuliskan tips-tips desain, yang suka berfoto bisa menuliskan tips-tips fotografi. Selain bermanfaat, tulisan tersebut juga dapat meningkatkan personal branding kita. Bayangkan kalo status yang kita tuliskan memuat unsur negatif, selain memicu perpecahan juga membuat personal branding kita menjadi jelek. Rugi banget kan.
"Dan yang paling penting nih! Daripada teman-teman klik like, komen, dan share status-status yang gak jelas. Mending temen-temen klik like, komen, dan share postingan Facebook dan Instagram saya di @hnn_m"
Menteri Luar Negeri, Ibu Retno Lestari Priansari Marsudi.
Setelah Pak presiden dan para menteri berbicara, blogger-bloggerpun diberi kesempatan untuk bertanya jawab dengan pak Presiden. Setiap pertanyaan langsung di jawab oleh pak presiden sambil diiringi riuhnya tepuk tangan blogger.  Sekitar pukul 22.00 acara diskusi pun usai. Pak Jokowi pun meninggalkan ruangan sambil berjabat tangan dengan kami. Beruntung sekali rasanya saya bisa hadir di acara tersebut. Salah satu pengalaman berharga dapat bertemu, berjabat tangan, berdiskusi, dan berfoto bareng dengan pak jokowi.
Nah setelah acara usai, saya tidak langsung pulang, melainkan menunggu di loby hotel untuk melihat Pak Jokowi meninggalkan hotel untuk bertolak ke bandara. Disaat-saat menunggu itulah saya melihat Pak Ganjar, Gubernur Jawa Tengah, Tanpa pikir panjang kami-pun mendatangi beliau dan mengajak foto bersama, Asik banget.
Pak Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Tengah
Kira-kira seperti itulah cerita saya saat bertemu pak Jokowi. Dan yang paling penting disini adalah pembelajaran untuk menjadi netizen yang cerdas dan bijak. Memang setiap orang mempunyai hak untuk berbicara dan menyampaikan pendapat, namun alangkah indah apabila apa yang kita bicarakan dan sampaikan adalah hal-hal yang dapat menginspirasi, memotivasi dan bermanfaat untuk orang lain. Mulutmu adalah harimaumu :)

Salam

Hanan M

Tas Untuk Mendukung Kegiatan Olahraga di Semester Tua

12:58:00 PM 1 Comments A+ a-

Saya ingin cerita sedikit mengenai salah satu kegiatan mahasiswa semester tua di jurusan saya. Ops! jangan ada yang tersinggung ya saat saya bilang "semester tua" hehe.
Jadi saya dan teman-teman satu angkatan saya (angkatan 2013) sekarang sudah memasuki semester 7. Angkatan 2013 adalah salah satu angkatan aktif yang paling tua senior di kampus, nah itulah alasan mengapa saya menyebutnya "semester tua". Seperti biasa, kegiatan kami di semester 7 ini masih berkutat pada dunia perkuliahan dan segala macam tugas besar.
Disaat mahasiswa semester 7 jurusan lain sudah hampir merampungkan Tugas Akhir / Skripsinya, kami masih berkutat pada laporan dan jurnal magang. Disaat mahasiswa semester 7 jurusan lain sudah siap untuk diajak ke pelaminan wisudaan, kami masih semangat belajar senam SKJ 2012 untuk ujian mata kuliah olahraga. Yap! kami baru mendapatkan mata kuliah olah raga di semester 7. Konon katanya, mata kuliah olah raga sengaja diletakkan di semester 7 pada kurikulum agar saat melamar pekerjaan nanti dapat lolos tes kesehatan. Maka kami harus aktif berolahraga serta menerapkan pola hidup sehat agar badan tetap bugar dan fresh di masa semester tua seperti ini.

Beberapa olahraga yang rutin kami lakukan adalah jogging, renang, senam SKJ, senam lantai, hingga olahraga permainan seperti basket, futsal dan sepak bola. Biasanya kami melakukan olahraga secara rutin minimal satu minggu sekali. Untuk mendukung kegiatan olahraga, sayapun jadi ingin membeli peralatan olahraga dengan harga terjangkau dan kualitas yang baik. Hmm bingung juga si awalnya mau beli apa, antara kacamata renang, sepatu, atau tas olahraga. Setelah dipikir-pikir dengan baik akhirnya saya memutuskan untuk membeli tas olahraga.
Tas Olahraga Umbro
Alasan saya ingin membeli tas olahraga adalah agar dapat dipakai juga dalam kegiatan sehari-hari. Jadi selain dapat digunakan untuk menaruh peralatan olahraga, tas ini juga dapat digunakan untuk berangkat kuliah maupun saat bepergian. Nah sekarang timbul masalah baru. Saya bingung harus membeli tas seperti itu dimana. Saya berkeliling ke toko fisik yang menjual peralatan olahraga namun saya tidak menemukan tas seperti yang diharapkan. Saya lelah jika harus keluar masuk toko fisik hanya untuk membandingkan harga. Ongkos transport-pun jadi membengkak, energi terkuras, namun barang tidak kunjung didapat. Kesal Rasanya! Dengan rasa kesal yang masih mengganjal, sayapun iseng mencari tas olahraga di internet. 
Ini tas yang saya cari
Tak perlu capek dan berlama-lama akhirnya saya menemukan barang yang saya inginkan di Blibli.com. Saya coba membuka halaman daftar harga tas olahraga futsal & sepakbola Umbro terbaru dan merasa senang ternyata tas yang saya cari-cari ada disini. Saya langsung jatuh cinta dengan tas umbro berwarna biru dengan model yang trendy ini. Bahannya terbuat dari polyester sehingga ringan dan kuat untuk menaruh peralatan olahraga. Tas ini sangat ideal digunakan untuk membawa perlengkapan sepakbola ataupun digunakan dalam kegiatan sehari-hari. Selain itu, belanja di Blibli.com juga mendapatkan gratis ongkos kirim dan sistem pembayarannya bisa COD (Cash on Delivery). Wiih hasrat untuk membeli tas umbro di Blibli menjadi semakin besar. Seneng rasanya!
Untuk teman-teman yang sedang mencari tas olahraga seperti saya, dapat membuka halaman daftar harga tas olahraga futsal & sepakbola Umbro terbaru dan Selamat Berbelanja!!!
Semoga setelah belanja di Blibli.com menjadi semakin rajin berolahraga dan giat dalam menerapkan pola hidup sehat :)

Susan Spa & Resort : Wisata di Bandungan Semarang

8:58:00 PM 19 Comments A+ a-

Jika teman-teman sering berkunjung ke Semarang pasti familiar kan dengan daerah yang bernama Bandungan? Itu lho dataran tinggi yang berada di bagian selatan Semarang. Daerah ini merupakan salah satu daerah favorit saya untuk jalan-jalan di akhir pekan di Kota Semarang. Hal ini dikarenakan suasana dan suhu udara disini jauh lebih sejuk dibanding di Semarang kota yang sangat panas. Di Bandungan kita dapat menemukan banyak objek wisata seperti candi songo, Bukit Umbul, kebun teh, waterboom, gunung ungaran, dan masih banyak lagi. Selain itu, daerah ini juga menjadi langganan tempat makrab karena tersedianya banyak villa yang dapat disewa untuk beberapa hari.

Nah, salah satu tempat yang sedang hits di Bandungan adalah Susan Spa & Resort. Beberapa orang masih banyak yang belum tau mengenai tempat yang satu ini. Dari namanya saja kita pasti sudah tau kan ada apa saja di tempat ini? Yap, Susan Spa adalah tempat penginapan, spa, ceremonial (wedding, party, etc). Tapi jangan khawatir bagi sobat yang hanya ingin sekedar melihat-lihat dan menikmati beberapa fasilitas saja tentu bisa kok. Kebetulan saya pernah mengunjungi tempat ini bersama beberapa teman saya. Bagi sobat hanan yang belum tau mengenai Susan Spa & Resort dapat membaca sedikit ulasan saya berikut ini :)

Letak Susan Spa & Resort
Letak Susan Spa berada di daerah Bandungan Semarang. Tepatnya berada di Jalan Gintungan Utara, Dusun Piyoto, Bandungan, Semarang, Jawa Tengah 50614. Untuk rutenya, jika sobat berasal dari Semarang Kota, tinggal masuk ke arah Bandungan hingga mencapai pasar Bandungan. Nah jika sudah sampai di Pasar Bandungan, Sobat tinggal tanya-tanya saja ke pedagang maupun penduduk disekitar pasar karena letak Susan Spa ini tidak jauh dari Pasar Bandungan.
Oh iya tempat ini dibuka untuk umum hingga pukul 19.00 malam. Waktu itu saya berkunjung kesana hanya untuk sekedar melihat-lihat dan menghilangkan penat saja, bukan untuk menginap maupun untuk spa. Saat memasuki kawasan ini pengunjung dikenai biaya masuk sebesar Rp.25.000/orang dan tiketnya dapat ditukar dengan menu makanan di resto. Asik kan.
La Kana Wedding Venue Susan Spa
Pendapat Saya Tentang Susan Spa & Resort
Menurut saya, Susan Spa merupakan salah satu tempat yang tepat untuk dikunjungi bagi yang menginginkan suasana baru maupun untuk hunting foto. Salah satu icon bangunan yang menjadi favorit untuk berfoto adalah La Kana yaitu tempat untuk gedung pernikahan. Bentuk gedungnya unik dan terkesan megah dengan dikelilingi kolam buatan dan rumput-rumput hijau yang bersih.
Selain La Kana, juga terdapat taman yang luas dengan hamparan rumput serta berbagai satwa-satwa yang dapat kita ajak untuk berfoto.

Pemandangan yang dapat dilihat dari sini juga indah. Kita dapat melihat pemandangan kota Semarang serta kebun-kebun yang berada di sekeliling Susan Spa.

Selain Penginapan, Spa, dan Wedding venue juga terdapat beberapa fasilitas lain yang dapat kita nikmati seperti Semi Outdoor Swimming pool (air hangat), restoran, caffe, fitnes, sauna & jacuzzi, ballrom hingga taman berkuda juga ada disini. Untuk harga penginapannya sendiri berkisar Rp.550.000 / kamar. Saya tidak bisa menceritakan lebih banyak mengenai fasilitas yang didapatkan jika menginap disini karena saya hanya datang untuk sekedar foto-foto saja bukan untuk menginap.
Kamipun berkeliling dan berfoto-foto hingga lupa waktu disini. Jujur, saya betah sekali jika disuruh berlama-lama disini. Selain suasana dan pemandangannya yang bagus, juga udara disini sangat segar dengan suhu dingin karena berada dibawah kaki gunung.
Gaya Ala Cover Majalah
Oh iya seperti yang saya sebutkan diatas, tiket masuknya dapat ditukar dengan menu makanan di Resto. Harga makanan yang kita pesan akan otomatis dipotong Rp.25.000. Kamipun tidak mau menyia-nyiakan ini. Setelah keliling berfoto-foto, kami bergegas menuju restoran untuk mengisi perut yang sudah keroncongan. Nyamnyamnyam
Makan dulu
Nah segitu dulu ya ceritanya. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menjadi referensi wisata kamu. Thanks.. Salam Hananmedia :)

Gunung Telomoyo : Pendakian dengan Motor Hingga Puncak

12:42:00 PM 16 Comments A+ a-

Saat saya diajak teman untuk mendaki gunung yang bisa didaki dengan menggunakan motor hingga puncak, awalnya saya tidak terlalu percaya. Dalam fikiran saya, yang namanya mendaki gunung pastilah berjalan kaki menyusuri badan gunung untuk mecapai ke puncak. Rasanya sulit dibayangkan motor dapat melewati dengan lancar  jalanan yang berbatu, tidak rata dan menanjak di pengunungan. Dengan berjalan kaki saja kadang kita harus ekstra hati-hati dan merangkak-rangkak untuk melewati track curam jalur pendakian.
Namun ternyata saya salah. Tidak selamanya jalur pendakian gunung hanya bisa dilewati dengan berjalan kaki saja. Gunung Telomoyo misalnya, kita dapat mecapai puncaknya dengan menggunakan motor lho. Jadi track di gunung ini sudah beraspal hingga ke puncak walaupun di beberapa titik terdapat jalanan yang berlubang dan berbatu. Nah gunung ini cocok sekali untuk pendaki pemula yang ingin menikmati panorama dan suasana di atas gunung. Penasaran ?

Letak Gunung Telomoyo
Letak Gunug Telomoyo ini gak jauh-jauh dari Semarang kok. Yap! Letak Gunung ini masih dalam lingkup Kabupaten Semarang, tepatnya di daerah Kopeng. Basecamp Gunung Telomoyo ternyata sangat dekat dengan basecamp gunung Andong.
Saat itu saya dan teman-teman saya berangkat pukul 04.00 subuh dari Tembalang, Kota Semarang dengan menggunakan sepeda motor. Rute yang kami ambil adalah rute mengikuti jalan raya arah Salatiga -  Jalan lintas lingkar luar Salatiga - Kopeng - Ngetas - Desa Telomoyo. Bagi teman-teman yang hendak kesana saya sarankan untuk melihat peta terlebih dahulu dan menghafal rutenya, karena jika tidak hafal dan nyasar di Kopeng akan sulit mendapatkan jaringan internet untuk membuka maps. Tapi itu tergantung operator masing-masing si.
Setelah beberapa kali menyasar di Kopeng, akhirnya pukul 06.00 pagi kami sampai di Gapura Desa Telomoyo yang sekaligus menjadi tanda pintu masuk gunung telomoyo. Disini kita akan dikenakan biaya retribusi sebesar Rp.5000 / orang.
Pemandangan dari puncak Telomoyo
Mendaki Gunung dengan Motor? Why not?
Dari gapura telomoyo menuju puncak membutuhkan waktu sekitar 15-30 menit dengan menggunakan motor.  Cukup singkat untuk mendaki gunung setinggi 1894 mdpl yang biasanya memerlukan waktu 2 jam pendakian jalan kaki.
Nah yang harus diperhatikan sebelum mendaki adalah cek dahulu ketersediaan bensin kamu, karena sepanjang perjalanan nanti tidak ada penjual bensin eceran. Selain itu kondisi jalan yang terus menanjak juga akan mengikis cadangan bensin dengan cukup cepat. Yang kedua, perhatikan juga kondisi motor kamu. Pastikan motor kamu akan kuat menanjak sepanjang perjalanan dan cukup tangguh untuk melewati jalanan berlubang, berbatu, dan berpasir. Saat itu saya menggunakan motor matic berboncengan dengan teman saya. Alhasil di beberapa titik pembonceng harus jalan kaki karena motor tidak kuat melewati jalanan yang berlubang.
Sepanjang perjalanan saya sempat terheran-heran saat melihat track aspal yang menjulur hingga ke puncak. Saya salut dengan pekerja yang membuat jalan tersebut karena pasti sulit sekali untuk membuat aspal di kontur yang tidak rata dan menanjak. Sekarang jalanan aspal tersebut sudah banyak yang berlubang dan berbatu di beberapa titiknya. Jadi harus hati-hati saat melewatinya.
Track pendakian yang berbatu dan berlubang
Sepanjang perjalanan saya juga terkesima dengan pemandangan yang ditawarkan. Kita bisa menikmati view Semarang dari atas sana dengan balutan kabut pagi yang dingin-dingin empuk. Selain itu kita juga bisa melihat gunung-gunung lain yang berada di sekitar telomoyo.
Gunung Andong dari Telomoyo
Puncak Telomoyo
Saat sampai di puncak, saya merasa sedikit kecewa karena tidak seperti ekspektasi yang saya bayangkan. Puncak telomoyo sudah dipenuhi oleh bangunan, tower, dan juga pembangkit listrik sehingga kita tidak dapat menemukan feel "puncak" di gunung ini. Sebagai gantinya, kita dapat duduk-duduk menikmati pemandangan dari landasan paralayang. Landasan paralayang ini biasa digunakan untuk even-even kejuaraan paralayang menjadikan gunung Telomoyo semakin dikenal di masyarakat luas.
Dari landasan paralayang ini kita dapat bersantai sambil berfoto-foto. Tapi hati-hati ya karena landasan paralayang ini sangat curam dan tidak ada pembatasnya sehingga jika terjatuh maka akan masuk ke dalam jurang. Disini kita dapat melihat 6 gunung sekaligus, yaitu gunung Andong, gunung Merbabu, Gunung Ungaran, Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, dan Gunung Lawu. Oh iya, saya tidak merekomendasikan untuk camping / bermalam di tempat ini karena keterbatasan lahan camping yang ada.
Landasan paralayang Telomoyo
Wefie dulu
Nah seperti itulah pengalaman pertama saya mendaki gunung dengan menggunakan motor hingga ke puncak. Menurut saya, gunung telomoyo ini hanya cocok untuk sekedar berwisata saja karena feel "mendaki" gunungnya tidak saya dapatkan sama sekali, jadi kurang "greget". Jika berniat untuk mendaki gunung yang benar-benar "mendaki" saya lebih prefer Gunung Ungaran atau Gunung Andong.
Semoga artikel ini dapat bermanfaat menjadi referensi kamu dalam berwisata. Terimakasih :)
(Baca Juga : Pendakian Gunung Merbabu Jalur Selo : Cerita & Galeri )

Launching Starbucks Ungaran : Rest Area Tol Semarang-Solo

3:36:00 PM 35 Comments A+ a-

Hananmedia - Saat saya membuat story instagram tentang outlet baru Starbucks di rest area tol Ungaran, banyak teman-teman saya yang kaget dan bertanya-tanya mengenai kebenarannya. Rata-rata mereka kaget karena belum mengetahui di rest area tol juga terdapat Starbucks. "Ish keren pisan sekarang rest areanya udah ada Sbux"- komentar @hanifaamp. "Demi apa di Bawen ada Starbucks -.- wkwk" - komentar @fandyfrz dan masih banyak ragam komentar lain yang mengisyaratkan bahwa mereka belum percaya bahwa di rest area tol Ungaran terdapat Starbucks. Nah untuk membuktikannya, saya ingin menuliskan sedikit cerita saya saat diundang untuk menghadiri Launching outlet baru Starbucks di rest area tol Ungaran.
(Baca Juga : Nikmatnya Kuliner di Candi View, Strada Caffe, dan Rustico : Reverensi Kuliner Semarang )
Starbucks Rest Area km.22 tol Semarang-Solo (Photo by @Marasolehah)
Acara Launching Outlet baru Starbucks dilaksanakan pada hari Jumat sore, tanggal 23 September 2016 yang bertajuk "Starbuck's Family & Friends Gathering". Saya beserta beberapa tamu undangan lain berkumpul di Starbucks Paragon Mall Semarang dan dijemput oleh salah satu staff dengan menggunakan mobil. Letak Outlet baru Starbucks berada di Rest area km.22 tol Semarang - Solo (Ungaran) sehingga kami membutuhkan waktu sekitar 30-45 menit perjalanan melewati tol Krapyak - Ungaran. Mas Supir bercerita bahwa Starbucks di Rest Area ini memiliki konsep design yang bagus membuat kami semakin tidak sabar untuk melihat langsung dan menikmati kopi di Starbucks Rest Area.
Di Sudut ruangan Starbucks 
Setelah sampai di venue, kami langsung disambut hangat oleh kakak-kakak barista dan pramusaji yang cantik-cantik sangat ramah . Setelah mengisi buku tamu, kami langsung menempati tempat duduk sembari mengamati design dan konsep ruangan. Benar saja, ruangannya didesign secara minimalis dan elegan yang berdominasi corak coklat. Beberapa sudut ruangan dihiasi oleh lukisan, dan doodle art yang menambah kesan artistik serta memperindah estetika. Oh iya, seperti outlet Starbucks yang lain, terdapat juga ruangan outdoor yang gak kalah nyaman untuk para smooker. Bersantai sambil ngopi berasa seperti di rumah sendiri.
Ngopi dulu... | Photo taken by @Archa_Bella
Berbagai varian kopi kemasan
Tumblrnya bagus-bagus...
Acara pun dimulai dengan acara nge-teh bersama dengan Black Tea Teavana, Teh khas Starbucks. Dua barista memandu acara nge-teh bersama sembari menjelaskan cara menikmati teh yang baik dan benar. Cara pertama yaitu dengan "Smelling", yaitu mencium aroma teh yang akan kita minum, selanjutnya kita melakukan "Slurping" yaitu menyeruput teh sampai berbunyi sluurppp...slurrphh..ahh.. dan menelan teh ke dalam tenggorokan : nglegek..nglegek.. enak.  Mereka juga menjelaskan bahwa kualitas teh yang baik itu tidak berasa sepet di lidah dan nikmat disetiap tegukannya. Ternyata nge-teh ada juga caranya ya haha..

Black Tea Teavana
Acara selanjutnya adalah sambutan-sambutan dan pemotongan tumpeng tanda telah diresmikannya Outlet baru Starbucks di Rest Area km.22 Tol Ungaran. Pada sesi ini juga terdapat sesi perkenalan semua kru yang bertugas di Starbucks Rest Area.
Pemotongan Tumpeng
Selanjutnya adalah acara yang ditunggu-tunggu, yaitu acara bebas dan bersantai. Semua tamu undangan dipersilahkan order pesanan sepuasnya secara gratis. Kamipun segera mengantri untuk memesan kopi dan teh yang tersedia. Kami juga dapat melihat secara langsung para barista meracik kopi yang kami pesan. Saat itu saya memesan Ice Chocolate Frappucino yang berukuran tall dan rasanya enaak. Kami dipersilahkan order berkali-kali dan sepuasnya, semua order dilayani secara ramah dan memuaskan.
Enaakk
Order yang banyak
Oh iya, disini juga terdapat berbagai varian roti. Ada roti rasa kayu manis, coklat dan masih banyak lagi. Semuanya enaak namun yang paling saya suka adalah roti isi coklat, bikin nagih. Nikmat sekali rasanya menikmati kopi ditemani berbagai varian roti sambil berbincang hangat bersama teman-teman. Ditambah lagi suasana dan design ruangan yang sangat nyaman membuat kami betah berlama-lama menghabiskan malam di Starbucks rest area km.22 tol Semarang-Solo ini.
Varian roti
Bagi teman-teman yang belum percaya ada Starbucks di Rest Area silahkan datang sendiri kesini yang beralamat di Rest Area km.22 + 200 Tol Semarang-Solo (Ungaran)

Nikmatnya Kuliner di Candi View, Strada Caffe, dan Rustico : Reverensi Kuliner Semarang

11:00:00 PM 41 Comments A+ a-

Kalo ngomongin soal kuliner, mungkin saya bukanlah orang yang memiliki banyak reverensi mengenai wisata kuliner khususnya di Kota Semarang. Ya maklum lah, namanya saja anak kost-an, kalau ditanya mengenai makanan favorit saya jawabannya adalah indomie goreng telor dan tempat favorit adalah Burjo dekat kosan. Kalo ingin makan enak harus nabung dulu karena masih banyak keperluan lain yang harus dipenuhi. Makan nasi putih sambil stalking akun instagram Jakul Semarang saja rasanya udah nikmat dan kenyang sendiri. Haha

Nah, pada tanggal 15 September 2016 kemarin saya beserta teman-teman blogger diundang  oleh mas Robin (ig : @ObinRobin ) untuk Tour kuliner ke 3 resto dan caffe di Kota Semarang yaitu Candi View, Strada Caffe dan Rustico Kitchen & Bar. Tentunya kesempatan ini tidak saya sia-siakan. Selain dapat bersilatirahmi dengan blogger-blogger lain juga dapat menambah reverensi kuliner saya di Kota Semarang. Untuk itu saya ingin berbagi sedikit cerita keseruan berwisata kuliner mencicipi aneka makanan dan minuman di 3 resto sekaligus. Semoga dapat menambah reverensimu dalam berwisata kuliner juga ya.

Makan Siang di Candi View Hotel : Chicken Kungpaw My Favorite One
Venue pertama adalah Candi View Hotel yang terletak di Jalan Rinjani 12 Semarang. Kami langsung disambut oleh mas Robin beserta beberapa chef di Candi view yang ramah. Tempat kami berkumpul dan mencicipi berbagai hidangan adalah di Rinjani Lounge yang berada di lantai dasar hotel. Tempatnya sendiri menurut saya cukup cozy dengan tatanan sofa, meja, mini bar, serta spot live musik di pojok ruangan.
Setelah Pak Direktur hotel selesai menyampaikan sambutan, akhirnya yang ditunggupun tiba. Chef Huda menghidangkan beberapa menu andalan Candi View yang dapat menggoyang lidah. Salah satu menu favorit saya adalah Chicken Kungpaw, masakan oriental yang berbahan dasar ayam fillet saus kungpaw dengan cabe kering dan onion. Jangan ditanya soal rasa, nendang..
Chicken Kungpao (Chines Food)
Selain Chicken Kungpao juga disajikan menu Iga Bakar Madu yang Ciamik yang berbahan dasar Iga sapi rebus dengan saus BBQ dan guyuran madu, disajikan dengan potongan singkong goreng yang menambah citarasa gurih dan manis dari iga bakar.
Iga Bakar Madu (Indonesian Food)
Oh iya masih ada menu lain yang gak kalah menarik. Yaitu Meat Ball Potato Saus Tomat dan Udang Lempit. Untuk Meatballnya sendiri berbahan dasar daging sapi giling yang dibentuk bulat dan ditaburi saus tomat, untuk rasanya dominan pada rasa khas saus tomat yang asam manis serta lembut pada tiap gigitan dagingnya. Menu udang lempitnya sendiri berbahan dasar roti tawar dengan isi udang giling yang digoreng dengan bumbu khusus dan taburan wijen. Rasanya sangat chuchy dan gurih, cocok untuk menu pembuka sebelum makan hidangan utama.
Meat Ball potato with Tomato Sauce (Eropa Food)
Udang Lempit (Chinese Food)
Oh iya, bagi kamu penggemar sayur tidak perlu kuatir. Karena di Candi View juga terdapat menu Brokoli Krim Keju yaitu hidangan brokoli yang diguyur dengan lelehan keju mozarella, susu UHT dan kaldu ayam. Enak dan Sehat. Wajib coba
Brokoli Krim Keju
Setelah makan-makan tentunya gak lengkap jika belum minum Healty Juice spesial dari Candi View. Beberapa healty juice yang ditawarkan diantaranya Rinjani Juice (Paduan sirsak dan Terong Belanda) , Body Cleanser juice (Pineaple layering watermelon), dan Green Garden Juice (Brocoly, Sawi hijau, seledri dan lime). Semuanya enak, namun yang menjadi favorit saya adalah Rinjani Juice, segeer...
Green Garden (20k) | Rinjani Juice (35k) | Body Cleanser (20k)
Setelah selesai makan-makan, kamipun diajak berkeliling hotel untuk melihat kamar dan fasilitas yang ditawarkan. Bagi kamu dari luar kota yang ingin berkunjung ke Semarang, mungkin Candi View Hotel dapat menjadi pilihanmu menginap atau hanya sekedar menyantap menu andalan saat makan bersama keluarga dan teman-teman.

Strada Caffe : Nikmatnya Berbagai Olahan Kopi dan Pasta
Strada caffe merupakan salah satu tempat yang tepat untuk menikmati berbagai olahan kopi, sajian home made pasta, dan makanan lain. Jam buka Strada Caffe setiap Senin-Minggu pukul 10.00-24.00 yang terletak di Jl. S. Parman 47A Semarang.
Aroma semerbak kopi langsung tercium saat kita memasuki ruangan Strada Coffe. Disini kita dapat memesan kopi dengan berbagai jenis biji kopi dan proses pengolahan sesuai dengan keinginan kita. Asiknya lagi nih, kita juga dapat melihat barista meracik kopi secara langsung.
Cappucino Latte
Bagi kamu yang tidak suka kopi, jangan khawatir karena disini juga menyediakan minuman olahan rasa lain diantaranya adalah Red velvet latte, matcha latte, dan chocolate latte. Karena saya penggemar coklat maka Choco latte adalah minuman andalan saya dibanding red velvet dan matcha, hehe
Matcha Latte (30k) | Redvelvet Latte (27k) | Choco Latte
Seperti yang saya sebutkan diatas, Strada caffe juga menyediakan berbagai olahan makanan dan homemade pasta. Menu andalannya antara lain adalah Beef Lasagna, Philly Burger, Macaroni and cheese, Potato Spinner, Cube mixed Ground Beef, Crispy corn, Fried Prawn, Banana Fooster, serta Apple Pie.
Beef Lasagna (Rp.43k)
Philly burger (Rp.46k)
Macarony cheese (Rp.43k)
Fried Prawn (Rp.29k)
Semuanya enak dan spesial menurut saya. Worth it banget untuk dicoba satu-satu dan membuat kami tak dapat berhenti menyantap setiap makanan yang tersaji. Yang dietpun sampai lupa diri, perut buncit urusan belakang yang penting kenyang, santap terus sampai habis.. hehe
Potato Spinner (Rp.21k)
Yang ini lupa namanya. hehe
Crispy corn (Rp.25k)
Banana Foster (Rp.29k)
Apple Pie (Rp.27k)
Sebenarnya masih banyak hidangan menu spesial di Strada Caffe yang disajikan, Pokoknya enaakk saya susah menjelaskannya dengan kata-kata. Kalau ingin tau rasanya bisa dicoba sendiri. :)

Rustico Kitchen & Bar : Pizza Party
Venue terakhir yang kami kunjungi adalah Rustico Kitchen & Bar yang terletak di Jalan S. Parman 47 Semarang yang buka dari pukul 17.00-00.00. Lokasinya berdekatan dengan Strada, parkirnya pun luas, wifinya kencang. Rustico ini berada di lantai 2 guys, jadi kita harus menaiki lift terlebih dahulu. Tempatnya Luas sekali dengan berbagai pilihan tempat duduk, dari mulai sofa, meja kursi santai, Mini bar, spot live musik dan spot DJ. Oh iya kita juga dapat menyaksikan live DJ di malam kamis, jumat, dan sabtu lho. Recomended lah buat nongkrong bersama teman-teman.

Nah menu andalan Rustico adalah berbagai olahan Pizzanya. Terdapat berbagai varian pizza yang patut untuk dicoba, diantaranya Meat Lover, Cheese paradise, Teriyaki, Choco Banana dan lain-lain. Harga masing-masing pizza dibandrol mulai dari Rp.68.000. Selain pizza juga terdapat menu lain yang tak kalah enak. Di sini kita juga bisa melihat proses pembuat pizza secara langsung lho.
Cheese Paradise Pizza (Rp.68k)
Kami dijamu dengan 10 porsi pizza dengan varian rasa yang berbeda. Gak usah ditanya soal rasa, eunaak endles poll... Lidah ini rasanya bergoyang disetiap gigitannya hingga semua pizza kami habiskan tak bersisa. Puas sekali
Meat Lover Pizza (Rp.68k)
Choco Banana Cheese (Rp.68k)
Semoga sedikit ulasan diatas dapat memberikan gambaran dan reverensi kamu dalam memilih kuliner di Kota Semarang.
Oh iya, bagi kamu yang ingin mengetahui tips-tips untuk menjadi Food Enthusiast dapat dibaca di postingan saya yang berjudul Ngobrol Blogger Semarang bersama BCA : Event yang Mengesankan

Semoga Bermanfaat~