Mengintip Secuil Keindahan Di Tanah Jepara : Pulau Panjang

6:25:00 PM 17 Comments A+ a-

Entah kenapa akhir-akhir ini saya sering sekali mengunjungi tempat-tempat berbau pantai. Padahal, awalnya saya jarang sekali menjadikan pantai sebagai salah satu  daftar dalam destinasi wisata saya. Hal itu karena saya selalu terbayang bahwa pantai-pantai di pulau jawa identik dengan pasir yang coklat dengan hamparan sampah dibalik gulungan-gulungan ombaknya. Namun ternyata anggapan saya itu salah besar! Banyak sekali pantai-pantai di Pulau Jawa yang masih terjaga keasrian dan keindahannya lho. Misalnya saja pantai-pantai di gunung kidul Jogja (Cerita saat ke gunung kidul akan saya post nanti ya), serta pantai di Jepara yang saya kunjungi akhir-akhir ini. Pantai-pantai disana menawarkan suatu eksotisme yang jarang saya temui dipantai Jawa. Bahkan beberapa diantaranya ada yang masih "perawan" lho (jarang terjamah manusia).
Pulau Panjang, Jepara

Nah, pada postingan ini saya akan berbagi cerita saat saya megunjungi Pulau Panjang di Jepara, Jawa Tengan sekitar satu minggu yang lalu. Kunjungan ke Pulau Panjang ini dalam rangka survey untuk salah satu program kerja Sobat Alam Teknik Industri yaitu Beach Camp. Untuk cerita dan info-info menarik mengenai kunjungan kami ke Pulau Panjang sudah saya rangkum disini agar dapat menjadi salah satu revensi kamu dalam berwisata pantai di Pulau Jawa. So, simak baik-baik ya

Perjalanan dan Lokasi Pulau Panjang : Jepara, Kami Datang!
Perjalanan dari Semarang ke Pantai di Jepara kami tempuh menggunakan mobil dengan waktu tempuh sekitar 2 jam 30 menit. Saat itu kami berangkat pukul 10.30 pagi dan sampai di Jepara sekitar pukul 13.00 siang. Jelas lebih singkat dibanding perjalanan ke Gunung Kidul Jogja yang cukup membuat pantat ngilu dan panas. Sebenarnya lama waktu perjananan ini bisa lebih sigkat jika kondisi jalan tidak macet atau menggunakan sepeda motor. Beberapa kali kami juga berhenti sejenak untuk membeli jajan dan istirahat makan siang.

Oh iya, Sebenarnya untuk mencapai pulau panjang terdapat dua alternatif : melewati jalur pantai kartini atau melewati jalur pantai bandengan. Hal ini dikarenakan pulau panjang terletak di tengah laut, sehingga kami harus menaiki perahu motor untuk menjangkaunya. Nah, saat itu kami memutuskan untuk melewati jalur Pantai Kartini karena jaraknya lebih dekat dibanding dari pantai bandengan yaitu hanya sekitar 15 menit dengan menggunakan perahu motor. FYI, Pantai kartini ini terletak 2,5 km arah barat dari pendopo Kantor Bupati Jepara, cukup strategis karena dekat dengan pusat kota Jepara.
Pantai Kartini dari tengah laut

Informasi Budget Ke Pulau Panjang : Kata Siapa Ke Pantai Jepara Bikin Kantong Jebol?
Sebagai mahasiswa yang memilki keterbatasan uang jajan, tentunya membuat saya lebih selektif dalam mengalokasikan anggaran agar tidak menangis diakhir bulan. Kadang saya harus berfikir dua kali jika diajak jalan-jalan karena takut akan menelanjangi seluruh isi dompet. Namun ternyata untuk berlibur ke pulau panjang tidak terlalu menguras biaya. Misalnya saja untuk perjalanan Semarang-Jepara dan Jepara-Semarang kami hanya menghabiskan bensin Rp.125.000 untuk 1 mobil. Dalam 1 mobil dinaiki oleh 5 orang, sehingga untuk bensin kami hanya mengeluarkan @Rp.25.000/orang. Untuk memasuki pintu utama pantai kartini dikenai biaya masuk Rp.5000/orang, dan ongkos menaiki perahu dari Pantai Kartini-Pulau Panjang Rp.20.000/orang. Nah setelah sampai di pulau panjang juga dikenai biaya retribusi Rp.3000/orang. Sehingga jika di total, biaya yang perlu dikeluarkan hanya Rp.53.000/orang (Rp.25.000 bensin + Rp.5000 masuk pantai kartini + Rp.20.000 naik perahu + Rp.3000 uang retribusi). Cukup sepadan dengan kepuasan yang kita dapatkan di Pulau Panjang.

Oh iya, Saat hendak menaiki perahu biasanya penumpang harus menunggu agar perahu penuh dahulu baru bisa berangkat. Beruntung, saat kami datang ternyata ada rombongan wisata dari TK Pekalongan yang berkunjung sehingga kami tidak perlu menunggu terlalu lama untuk menaiki perahu ke pulau panjang. Jalur penyeberangan ke Pulau Panjang ini hanya dibuka hingga pukul 16.00 sore, jika lebih dari itu maka harus kembali esok hari.
Rombongan wisata dari TK Pekalongan
Selfi sek (abaikan jika mengganggu)
Dermaga di Pulau Panjang

Sedikit Gambaran Mengenai Pulau Panjang
Pulau dengan luas 19 hektare dan berjarak 1,5 mil laut dari Pantai Kartini ini cukup membuat kami betah berlama-lama menghabiskan waktu disini. Ekosistemnya masih asri, dapat dilihat dari air laut yang sangat jernih dan banyaknya kerang-kerang laut di tepi pantai. Selama disini, jarang sekali saya temukan sampah seperti di pantai-pantai lain, hanya beberapa sampah ranting pohon yang cukup berserakan diantara hamparan pasir.
Pulau Panjang (Sumber : Wikipedia)
Adanya kerang laut menandakan ekosistemnya masih terjaga

Saat memasuki pulau panjang, kami disambut oleh beberapa warung makan dan warung baju khas kaki lima di sekitar gerbang utama. Sempat kaget saat melihat ada juga warung yang buka di tengah laut seperti itu. Keberadaan warung-warung ini sangat membantu sekali jika dahaga mulai menyergap setelah keliling pulau dan berfoto-foto ria.
Pintu masuk pulau panjang
Warung di Pulau Panjang, hanya buka sampai jam 16.00 sore

Di pulau panjang tidak terdapat perumahan penduduk karena tidak ada sumber air tawar yang dapat dikonsumsi. Terlihat juga lampu-lampu dan sumber penerangan yang berasal dari tenaga panel surya. Beberapa fasilitas dan tempat yang terdapat di pulau panjang ini diantaranya WC umum, pendopo, mercusuar dan rumah makam Syekh Abu Bakar (Salah satu orang yang dihormati di Jepara). Jika ingin mengelilingi pulau panjang dibutuhkan waktu 1-2 jam, namun jika tidak mau capek-capek berjalan kaki, kamu bisa menyewa sepeda yang ditawarkan oleh pedagang senilai Rp.20.000/sepeda.
Jalan Setapak di tengah pulau
Toilet umum
Karena hari menjelang sore, kami memutuskan untuk tidak berjalan-jalan mengelilingi pulau. Yap, kami langsung menuju bibir pantai yang berada di dekat pintu masuk. Kami cukup kagum dengan panorama yang ditawarkan. Dengan pasir putih yang halus,  birunya air laut, semilir tiupan angin, semburat siluet sore, dan percikan air pantai membuat kami tidak ingin beranjak dari pulau ini. Terlihat juga beberapa orang yang sedang memancing atau sekedar berenang-renang ditepian pantai. Pantai di pulau panjang ini tidak berombak besar, hanya ombak-ombak kecil saja yang datang jadi aman sekali untuk berenang dan memancing.
Bibir pantai Pulau panjang

Pulau Panjang : Salah Satu Alternatif Tempat Beach Camp
Bagi kamu yang ingin merasakan nge-camp di pantai, mungkin pulau panjang adalah salah satu alternatif yang patut kamu pertimbangkan. Lokasinya sangat strategis dan mudah dijangkau, pasir putih dan ekosistem yang masih asri, serta pengunjung yang tidak terlalu banyak menjadi daya tarik bagi anak-anak muda yang ingin mengadakan makrab maupun beach camp. Apalagi setelah jam 16.00 sore semua pengunjung akan pulang ke pantai kartini karena jasa penyeberangan perahu tutup pukul 16.00 sore. Membuat kamu leluasa dalam melakukan runtunan acara makrab. Wah-wah berasa pulau sendiri ya.

Saat saya berkunjung kesana, terdapat segerombolan anak muda yang sedang nge-camp selama 2 hari. Menurut penuturannya, nge-camp di pulau panjang sangat seru karena bisa leluasa berenang dan memancing di bibir pantai, maupun menikmati malam dengan api unggun dibawah sinar bulan.
Ngecamp di  Pulau Panjang
Api Unggun

Pulau Panjang : Tempat yang Tepat Untuk Menghilangkan Penat
Jika kamu merasa suntuk, banyak pikiran, suka ngomel sendiri dan kehilanggan gairah kehidupan, mungkin dirimu kurang piknik! Tidak ada salahnya untuk memberi reward dirimu sendiri atas segala aktivitas dan pencapaian yang telah kamu lakukan di setiap harinya. Terutama bagi para mahasiswa yang dipenuhi tugas, laporan, praktikum, kerja praktek, tugas akhir dan tetekbengeknya. Biasanya semakin tua mahasiswa semakin berat beban hidupnya. Yap, Tinggalkanlah itu semua sejenak! berilah hadiah kepada dirimu sendiri berupa refreshing atas segala peluh dan tetes keringat yang jatuh di bangku perkuliahan. Hehe,
Menghilangkan penat atau menggalau?
Pulau Panjang : Salah Satu Pantai yang Instagram-able
Selain pantai-pantai di Gunung Kidul Jogja yang indahnya bukan kepalang, pantai di Pulau Panjang juga tidak kalah indah dibanding pantai di Gunung Kidul. Tidak hanya memanjakan mata dengan panorama yang ditawarkan, pulau panjang juga memanjakan jari-jari tangan untuk terus memencet tombol kamera berkali-kali. Sangat cocok untuk kamu yang doyan foto-foto dengan background pantai dan pasir putih. Tinggal bergaya dikit, cekrek, fotomu langsung instagramable tanpa perlu banyak edit.
Abaikan jika foto ini membuat sakit mata

Itu lah beberapa cerita dan informasi mengenai perjalanan saya ke Pulau Panjang.
Berwisata dan membaur dengan alam tidaklah salah, asal tetap menjaga kelestarian dan kebersihannya. Jangan hanya menjadi penikmat alam yang datang untuk berfoto dengan merusak ekosistem yang ada. Namun berbaurlah bersama alam, ikut menjaga dan syukuri atas semua yang alam suguhkan kepada kita.
"Alam ini diciptakan dengan jutaan misteri yang tidak kita ketahui. Bukan misteri yang membuat kita takut, tapi misteri yang membuat kita bergairah untuk mengetahuinya"
 Semoga bermanfaat

-Hanan M-

Hananmedia.com berusaha memberikan informasi yang lengkap, berimbang, dan jujur. Menuliskan review yang mengandung 'story and value' berdasarkan pemikiran, opini, dan pengalaman pribadi.

17 komentar

Write komentar
April 17, 2016 at 11:39 PM delete

tempatnya bagus dipulau lagi mirip karimun jawa makasih infonya gan kapan-kapan mau mampir kesana

Reply
avatar
Tira Soekardi
AUTHOR
April 18, 2016 at 2:49 AM delete

wah kayaknya pengalaman yang seru ya, asyiknya. Ternyata jepara juga di sana banyak pulau kecilnya

Reply
avatar
April 18, 2016 at 5:32 AM delete

Keren nih destinasinya, tapi agak jauh dari tpt saya jadi butuh waktu agak lama, mungkin ada destinasi yang did daerah jawa timur?

Reply
avatar
Adi Febrian
AUTHOR
April 18, 2016 at 12:29 PM delete

haduh kayaknya pengen liburan ke pantai juga nih habis liat artikel ini. apalagi budget yg di keluarkan gak terlalu besar. kayaknya nabung dulu nih hhe

ajakin dung han ke pantai kartini. terus bayarin haha

Reply
avatar
Hanan M
AUTHOR
April 19, 2016 at 1:13 AM delete

Siipp.. di jepara mmg salah satu wisata pantai yg menarik

Reply
avatar
Hanan M
AUTHOR
April 19, 2016 at 1:15 AM delete

Banyak sekali pulau kecilnya. karimun jawa jg trmasuk dlm pulau2 bagian utara jepara

Reply
avatar
Hanan M
AUTHOR
April 19, 2016 at 1:15 AM delete

Kalo daerah jawa timur saya blm tau. hehe

Reply
avatar
Hanan M
AUTHOR
April 19, 2016 at 1:16 AM delete

Haha nabung dulu aja mas.. uang saya juga pas2an wkwk

Reply
avatar
April 19, 2016 at 9:53 PM delete

Wah, asyik sekali sekarang di sana.

terakhir kesana sdh 3 tahun yang lalu, habis nikah trus pacaran ke pulau panjang. hehe.
belum ada landmarknya waktu itu, dan kami nggak berkeliling pulau, cuma main air di pantainya aja. dulu bayar perahu masih 10rb/orang.
jadi pengen kesana lagi :)

btw sdh saya folbek ya :D

Reply
avatar
Hanan M
AUTHOR
April 20, 2016 at 1:32 AM delete

kapan2 bisa dicoba ke pulau panjang lagi kak..
Makasih kak :D

Reply
avatar
Okti Li
AUTHOR
April 23, 2016 at 9:20 AM delete

Hihi, harus kenalan dulu biar gak bimbang, ini empunya blog leki-leki atau perempuan :)

Baru tahu ada pulau Panjang dan sangat elok
tahunya di utara Jawa Kepulauan Karimun saja :)

Reply
avatar
Adis Takdos
AUTHOR
May 1, 2016 at 11:06 PM delete

gue kira Jepara cuma pulau yang harusnya nggak didatengin itu, ternyata ada juga pulau panjang. Ntap!

Reply
avatar
Hanan M
AUTHOR
May 26, 2016 at 8:09 PM delete

Saya laki2 wkwk
Pulau panjang ini sbelum karimun. jadi jaraknya lebih dekat cukup naik perahu kayu 15 menit :D

Reply
avatar
Hanan M
AUTHOR
May 26, 2016 at 8:11 PM delete

sekali2 coba traveling kesana bang :D

Reply
avatar
September 29, 2016 at 11:31 AM delete

Kalo naik motor titip motornya dimana ya?

Reply
avatar
Hanan M
AUTHOR
September 29, 2016 at 9:49 PM delete

Di rumah warga sekitar pantai kartini..

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
January 23, 2017 at 10:58 PM delete

Tiket naik prahunya itu pulang-pergi atau cuman pergi aja.

Reply
avatar

Setelah baca, jangan lupa tinggalkan jejak ya kawan.. :)