PT Sri Rejeki Isman (SRITEX) : Kunjungan Perusahaan

2:52:00 PM 47 Comments A+ a-

PT Sri Rejeki Isman atau biasa disebut PT SRITEX merupakan perusahaan textil terbesar di Asia Tenggara yang sudah terintergrasi dari hulu ke Hilir.
Baca Juga : Uang Jajanmu akan Bertambah hanya dengan ISI SURVEY


Beberapa waktu yang lalu, saya diberi kesempatan untuk berkunjung ke perusahaan yang telah memproduksi seragram NATO internasional ini. Perjalanan dari Semarang ke Sukoharjo kami tempuh selama 3-4 jam dengan menggunakan mini bus. Sritex terletak di Jl. KH Samanhudi 88 Jetis Sukoharjo. Kota : Solo. dengan no Telp : 0271 592040,0271 593188,0271 593488

Senang rasanya dapat melihat proses produksi tekstil secara langsung. Ada beberapa hal unik dan keseruan saat saya berkunjung di PT Sritex. Penasaran? Langsung saja berikut adalah beberapa hal mengenai Sritex

1.  Pabrik yang Sangat Luas
Pertama kali saya memasuki gerbang PT Sritex, saya dan teman-teman saya merasa heran karena perjalanan dari gerbang hingga ujung daerah perusahaan sangat panjang dan cukup lama. Setelah ditelusri, ternyata jarak yang harus ditempuh dari gerbang perusahaan menuju gedung pertemuan di ujung belakang kalau tidak salah sejauh lebih dari 3 kilo meter. Saya lupa berapa luasan total kawasan pabrik PT sritex ini, yang jelas sangat luas karena dapat menampung plant proses pembuatan benang hingga plant pembuatan pakaian siap pakai. Tidak heran jika PT Sritex sering disebut Perusahaan yang sudah teritegrasi dari hulu ke Hilir

2. PT Sritex Memproduksi Seragram Pasukan Militer 30 Negara, Hingga NATO dan Produk Fashion Kelas Dunia
Setelah sampai di gedung pertemuan, kami disambut oleh salah satu ibu pimpinan. Kita diberi perkenalan berupa presentasi dan video yang dipresenteri oleh choky sitohang. Dalam presentasi itu kami dijelaskan bahwa  hingga saat ini PT Sritex telah memproduksi setidaknya 30 negara pasukan militer. Setiap negara memesan seragam dengan kemampuan yang beragam, contohnya seragaram anti radiasi yang dipesan Uni Emirat arab dan Kuwait serta anti infra merah yang dipesan Jerman. Selain itu, PT Sritex juga memproduksi seragam dengan kemampuan luar biasa, antara lain anti air, anti api, bahkan anti nyamuk.
Oh iya beberapa produk fashion terkenal seperti Zara, Guess, dan Timberland juga dibuat di pabrik PT. Sritex lho.

3. Sritex Adalah Tempat yang Paling Aman di Dunia Karena Dilindungi Oleh Ratusan "Pasukan Militer" Dari Seluruh Dunia
Di Sritex kamu bisa bertemu dengan ratusan "Pasukan Militer" dari seluruh dunia. Tidak hanya bertemu dan berpegangan, kamu juga bisa mengajaknya berfoto..



4. Pekerja di Sritex Bekerja Sembari Mendengar Musik A Sky full of Stars-nya Coldplay dan Lagu "Ajep-ajep" Lainnya
Setelah mendengar presentasi perkenalan, kami langsung dibawa ke departemen produksi bagian garmen. Disini kami dipandu oleh salah satu bapak pekerja di Sritek untuk melihat segala aktifitas produksi topi dan pakaian seragam militer. Namun ada yang unik saat kami memasuki gedung produksi garmen, kami disuguhi dengan lagu A Sky full of Star-nya Coldplay dari speaker besar yang terpasang di ruangan itu. Kadang speaker itu juga memutar lagu Barat maupun Lagu Indonesia lainnya. Kami melihat para pekerja menikmati alunan lagu tersebut, sembari bekerja mereka menganggukkan kepala dan berjoget kecil. Mungkin ini adalah salah satu bentuk usaha agar pekerja tidak suntuk dalam bekerja. Tidak heran, banyak pencari kerja berlomba untuk dapat bekerja di Sritex. FYI, Jumlah pekerja di Sritex katanya sudah mencapai 40.000 pekerja. Angka yang Luar biasa bukan. Apakah kamu tertarik bekerja disini?

4. Pada Jam-Jam Tertentu, Ada Instruksi Untuk Berjargon "Apa Kabar Sritex?" dan Menyanyikan Lagu Kebangsaan Sritex Bersama
Ada satu lagi yang menarik saat kami sedang melihat proses produksi garmen. Secara tiba-tiba speaker yang terpasang di ruangan menginstruksikan pekerja untuk berjargon bersama. "Apa kabar Sritex?", Para pekerja pun menjawab "Luar Biasa" "Sritex-Stritex-Sritex?" "Jaya-Jaya-Jaya". Wah sungguh luar biasa semangat dan loyalitas pekerja di Sritex. Setelah berjargon, pekerja menyanyikan lagu kebangsaan sritex bersama.
Pekerja Sedang Berjargon dan Menyanyikan Lagu Sritex Bersama
5. Setiap Tanggal 17 Tiap Bulannya, PT Sritex Menyelenggarakan Upacara Bendera Bersama Sebagai Bentuk Nasionalisme
Oh iya, menurut penuturan ibu pekerja di Sritex, setiap tanggal 17 tiap bulannya PT Sritex mengadakan upacara bendera sebagai bentuk nasionalisme dan cinta negara. Tidak hanya pekerja yang ikut upacara lho, para atasan juga ikut membaur dalam khidmad untuk memupuk rasa nasionalisme dan cinta tanah air saat upacara.

6. Di Galeri Sritex, Kamu Bisa Membeli Berbagai Produk Fashion Berkualitas dengan Harga Terjangkau
Kawasan Industri sritex tidak hanya diisi oleh bangunan-bangunan pabrik saja, disana juga terdapat gedung galeri yang menjual berbagai hasil olahan textil berupa pakaian, celana, topi dan produk fashion lainnya dengan harga yang terjangkau. Disinilah kami membeli berbagai hasil buah tangan dari Sritex sebagai oleh-oleh. Menarik bukan.

Mungkin cukup sekian cerita saya berkunjung di PT Sritex. Sebenerya masih banyak lagi hal-hal menarik dan yang bisa kita pelajari di PT sritex. Namun karena saya sudah kehabisan ide bercerita dengan cukup jelas maka saya cukupkan saja. Bagaimana, Apakah kamu juga tertarik berkunjung di PT Sritex?

Baca Juga : Predikat "Orang Jahil" Cocok Disandang Olehmu yang Pernah Melakukan Ini
Baca Juga : Convert PDF to Word Tak Lagi Susah dengan Cara Ini
Baca Juga : Sehat Ala Jepang

Hananmedia.com berusaha memberikan informasi yang lengkap, berimbang, dan jujur. Menuliskan review yang mengandung 'story and value' berdasarkan pemikiran, opini, dan pengalaman pribadi.

47 komentar

Write komentar
Muchlis Nopq
AUTHOR
January 31, 2016 at 11:31 AM delete

itu siapa yang nampang terus, mimin ya haha. ajib juga ini sritex sampe terkenal secara internasional

Reply
avatar
January 31, 2016 at 1:00 PM delete

iya nih bang.. gue juga pernah kesana.
Bangga deh ada perusahaan indonesia yang udah mendunia.

Jangan lupa beli bahan batik atau bahan baju lainnya bang, murah dan berkualitas tuh. recomended

Reply
avatar
Andrian Ryudo
AUTHOR
January 31, 2016 at 2:25 PM delete

Kalau saya belum pernah kesana
dan baru tau ada perusahaan indonesia sekeren ini
tapi pas kuliah dulu saya cuma jalan ke bursa efek sama pabrik caco-cola :D

Reply
avatar
Vindy Putri
AUTHOR
January 31, 2016 at 4:50 PM delete

Waahh Study Excursie kalau di kampusku nyebutinnya. Seru bangey bisa ke pabrik langsung. Aku selalu suka dan penasaran dg sistem krja mereka. Pabrik apapun sih sebenernya. Dan yang kamu ulas ini nambah wawasan baru deehh :D nice post!

Reply
avatar
January 31, 2016 at 8:04 PM delete

Paling tertarik sama pabriknya yang nyetel lagu pas lagi kerja. Kayaknya bikin kerja jadi nyaman dan nggak sepaneng. Dan yang nyanyiin lagu bareng itu. Keren deh. Bisa nambah semangat kerja.

Reply
avatar
February 1, 2016 at 9:10 AM delete

Wah aku skrang domisili di solo... tapi belum tau kalau di solo ada perusahaan sekeren ini....

Reply
avatar
Okky Helja
AUTHOR
February 1, 2016 at 10:14 AM delete

Loh dirimu kuliah undip toh? Jurusan apa?
Saya juga baru tahu ada pabrik tekstil sebesar ini, lebih besar dari industri tekstil di mbawen ungaran bukan ya?

Reply
avatar
February 1, 2016 at 5:17 PM delete

Ya ampun ada pabrik keren gini aku malah baru tahu, kurang update bgt diriku ini -__-

Keren bener ini, terbesar se-Asia Tenggara, haha yg kocak ada lagu kebangsaannya toh... ada jaya jaya.. ky slogan nya mahasiswa :3

btw udh ku folback bro :D

Reply
avatar
February 1, 2016 at 8:15 PM delete

kalo kamu ga buat postingan ini saya ga tau kalo di solo ada pabrik sekeren ini. produksi sampai ke 30 negara :o
kalo buat kita yang maen2 kesana baju jenis apa aja yang dijual selain seragam?

Reply
avatar
February 1, 2016 at 8:17 PM delete

whaaa keren sekali. kunjungannya ada manfaatnya, di catet semua poin poinnya hihi.. rupanya sejahtera juga karyawannya. pas kerja selow dan syantaii pake lagunya coldplay hihi. asik ya seleranya

Reply
avatar
muhammad erdi
AUTHOR
February 2, 2016 at 2:43 PM delete

Tiap tanggal 17, bulan apapun ? nasionalis banget ini perusahaan. perusahaan kan ya ? #respect
mantep juga, bahkan bikin seragam NATO, beuh. eh, iya, selain PT Sritex ini, PT Pindad juga membanggakan, secara.. senjata yang diproduksi di indonesia bisa jadi sangingan berat di luar negri. bangga lah pokoknya \m/

Reply
avatar
February 2, 2016 at 3:46 PM delete

Wah, aku juga tau dari lama sih kalo yang bikin seragam NATO itu pabriknya di Indonesia. Tapi baru tau kalo yang bikin namanya PT SRITEX.

Aku pikir dijaga sama tentara luar negeri beneran, taunya cuma manekin doang yang dipakein seragam tentara.

Reply
avatar
February 2, 2016 at 7:02 PM delete

Luar biasaaaa :D sritex..sritex..sritexx jaya..jaya..jaya
eehh gue kok ikutan jargonnya..

gue baru tau kalo ada pabrik keren kayag gini dan indonesia yang punya. pabrik textil yang udah memproduksi baju militer 30 negara ini. udah di expor kemana-mana tapi indonesia pakek baju produksi ini ngak :D

guna musik biar ngak bosan mungkin pegawainya, kan kalo pegawainya enjoy jadi produksinya bagus karena mood di hati lagi bagus..

keren deh buat PT SRITEXnya

Reply
avatar
Awaldi Rahman
AUTHOR
February 3, 2016 at 2:29 AM delete

Oh jadi ini salah satu perusahaan Indonesia yang mendunia.
Perusaahan macem ini nih yang harus dilestarikan dan didukung keberadaannya. Disupport produk-produknya.
Terkadang, mau juga biar bisa kuliah lapangan semacam ini nih. Suka penasaran aja gitu dengan hal hal baru hehehe.

Reply
avatar
Hardiansyah
AUTHOR
February 3, 2016 at 5:38 AM delete

Selain menghasilkan produk yang sudah tidak di ragukan lagi kualitasnya, Pt ini juga memperhatikan karyawannya ya. Lihat saja, saat bekerja, mereka bisa dengar-dengar lagu kayak gitu. Bakaln makin enjoy kerjanya.

Reply
avatar
Jia Yuuki
AUTHOR
February 3, 2016 at 7:08 AM delete

Waaa perusahaannya kece banget! Aku baru tahu di Solo ada perusahaan semacam itu. Salut dengan pendiri dan marketernya, bisa tembus dunia.

Btw, sorry to say. Sekedar masukan agar lebih menarik, foto-foto yg dipost fokus thd apa yang dibahas. Cari angel yg bagus, yakin deh bikin lebih cetar. Kesannya jadi kayak foto selfie soalnya, hihi. ^^v

Reply
avatar
Seo Anyaran
AUTHOR
February 3, 2016 at 7:18 AM delete

Bangga banget jadi warga Indonesia yang memiliki pabrik mendunia. Bagaimana tidak? hampir setiap organisasi ternma dunia sudah pernah SRi Tex kerja samai

Reply
avatar
February 3, 2016 at 7:48 AM delete

dari artikel ini ane memetik kesimpulan bahwa indonesia sebenarnya bisa dan mempunyai potensi untuk bersaing dengan negara - negara besar eropa. tapi yaah gitu lah hahaha

Reply
avatar
February 3, 2016 at 1:59 PM delete

penasaran liat apa yang dijualnya...
tapi gak ada fotonya -__-

btw kesana dalam rangka apa??

kamu gak masuk ke pabrik yg buat seragam itu? gimana cara buat seragam anti infra red? anti nyamuk itu seragamnya apa dikasi autan ya? hahaha

Reply
avatar
Heru Arya
AUTHOR
February 3, 2016 at 9:01 PM delete

Gile bener. Ada perusahaan yang udah mendunia gini, gue malah baru tau. -_- Ngerasa lemah banget sama Nasionalisme.

Jadi pengen ke sini kalo emang sekeren itu. Sapa tau dikasi baju ARmi gratis.. Hahaha atau bajunya CIA.

Biar dipamerin ke mantan. Kalo punya seragam CIA. XD

Reply
avatar
i Jeverson
AUTHOR
February 4, 2016 at 11:13 PM delete

wah! asik tuh yak mengunjungi pabrik sebesar itu. gue kapan2 juga pingin main ke pabri sebesar itu, ah.. pasti mantep banget tuh kalau main langsung ke tempat industri kayak gitu :"0

Reply
avatar
February 5, 2016 at 9:20 PM delete

Iya gan benar bgt. Produk dlm negeri jg gak kalah keren dan harganya jg sangat terjangkau

Reply
avatar
February 5, 2016 at 9:21 PM delete

Wah saya blm prnh k bursa efek. Pingin kesana

Reply
avatar
February 5, 2016 at 9:23 PM delete

Iya kak memang seru dan nambah pengetahuan :D

Reply
avatar
February 5, 2016 at 9:27 PM delete

Haha iya jaya2 kyk mahasiswa orasi

Reply
avatar
February 5, 2016 at 9:28 PM delete

Pakaian untuk fashion jg ada kok kak. Main2 aja ke galeri nya kak

Reply
avatar
February 5, 2016 at 9:29 PM delete

Biar tetap semangat kerja jadi lagunya harus asik :D

Reply
avatar
February 5, 2016 at 9:30 PM delete

Iya benar bgt. Pindad juga keren jd pingin main kesana

Reply
avatar
February 5, 2016 at 9:32 PM delete

Wkwk saya jg awalnya mengira tentara benaran wkt berkunjung kesana. Ternyata manekin doang

Reply
avatar
February 5, 2016 at 9:33 PM delete

Bener bgt harus di support penuh. Ayo beli produk2 indonesia

Reply
avatar
February 5, 2016 at 9:35 PM delete

Haha adanya itu doang kak fotonya. Tp makasih masukannya

Reply
avatar
February 5, 2016 at 9:37 PM delete

Yah gitulah gmn mas? Yg penting kita support terus saja mas :)

Reply
avatar
February 5, 2016 at 9:39 PM delete

Kesana dalam rangka plat visit kak semacam kunjungan ke pabrik2, Kegiatan rutin tiap smstr di jurusan saya.

Kebetulan kami cm diizini liat di bagian garmen aja kak

Reply
avatar
February 5, 2016 at 9:40 PM delete

Haha bisa aja dipamerin ke mantan seragam cia nya XD

Reply
avatar
January 20, 2017 at 4:29 PM delete

Mr. Iwan Setiawan Lukminto
President Director
PT. Sri Rejeki Isman (Sritex)


Datatex dan PT. Surya Data Infokreasi bergabung untuk Pasar Manufaktur Tekstil Indonesia


Dear Bapak Iwan,

Kami telah memperoleh rincian kontak Bapak dari Buku Panduan Tekstil & Garment Indonesia.

Tujuan dari surat ini adalah untuk mengumumkan kemitraan Surya Data baru-baru ini dengan Datatex yang berbasis di Eropa, sebagai pemasok global terkemuka untuk solusi ERP yang didedikasikan khusus untuk industri manufaktur tekstil dan garmen.

Surya Data bergerak dalam bisnis penyediaan solusi ahli untuk industri apparel & garmen sejak tahun 2011 dan telah bertahun-tahun membantu banyak perusahaan lokal untuk keberhasilan yang lebih tinggi dan daya saing yang berkelanjutan.

Dengan adanya kebutuhan mendesak industri manufaktur tekstil di Indonesia solusi ERP khusus tekstil, kami telah memilih Datatex sebagai mitra kami untuk memungkinkan kami dalam memperluas industri kami yang terfokus pada konsultasi & IT juga ke sisi pasar tekstil.

Dalam upaya kami untuk mempelajari lebih lanjut tentang tantangan-tantangan khusus dan kebutuhan produsen tekstil & garmen dalam hal IT / solusi ERP, kami dengan hormat meminta Bapak untuk meluangkan waktu dalam meeting perkenalan. Ini akan membantu kami dan akan, pada saat yang sama menjadi nilai besar untuk Bapak / perusahaan Bapak untuk mempelajari lebih lanjut tentang Surya Data dan bagaimana kita mungkin bisa menjadi mitra dan nilai tambah bagi kesuksesan perusahaan Bapak di masa depan.

Tim kami akan menghubungi Bapak dalam beberapa hari ke depan untuk mengkonfirmasi hari, waktu dan tempat meeting tersebut. Bapak juga bisa langsung menanggapi e-mail kami dengan mengkonfirmasi hal tersebut.

Untuk informasi langsung mengenai Surya Data silahkan kunjungi kami di www.suryadata.com dan Datatex di www.datatex.com.

P.S. : Klik tautan ini untuk melihat pengumuman kerjasama resmi kami.
http://suryadata.com/2017/01/06/datatex-and-surya-data-infokreasi-team-up-for-the-indonesia-textile-manufacturing-market/

Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.


AMOR – Your Garment System Specialist
Has been used for more than 2,500 users in the Indonesian garment and still growing

REDS XP – A Modern & Integrated Indonesian ERP
100% Indonesia, Center for Diversity & Unity

Regards,
Mrs. Octaliana Jasintha (Nana)
Customer Relation Assistant Manager
Komplek Rukan Sedayu Square Blok F/12
Jl.Lingkar Luar Cengkareng, Cengkareng Barat
Jakarta Barat - 11730 - Indonesia
+62 21 2255 6205
+62 857 143 51 541
octaliana@suryadata.com

Reply
avatar
Jingga A.Raya
AUTHOR
March 26, 2017 at 7:13 PM delete

#epoxysolo #epoxyjogja #epoxysemarang #epoxyjawatengah #epoxyindonesia
Kepada Yth
Pimpinan Perusahaan, Kontraktor, Arsitek, Agen, freeline

Dengan Hormat
Kami Jingga A.Raya Coating (aplikator epoxy) yg sudah berpengalaman lebih dari 8 tahun dengan senang hati memberikan informasi dan menawarkan pengerjaan EPOXY FLOORING - Lantai Modern, Eksklusif, dan Hygenis - untuk lantai pabrik atau gudang. Kami Jingga A.Raya Coating sudah banyak mengerjakan pabrik/perusahaan besar dan kecil. Beberapa diantarannya sbb:

PROTECTIVE Coating
1. Pabrik Farmasi - Sidoarjo
2. Percetakan - Surabaya
3. Pabrik Kopi Instan - Semarang
4. Pabrik Plastik - Semarang
5. Gudang Pakan Ternak - Semarang
6. Pabrik Furniture - Semarang
7. Pabrik Herbal - Salatiga
8. Perakitan sepeda motor - Semarang
9. Pabrik Pengalengan ikan - Banyuwangi
10. Pabrik Tekstile - Semarang
11. Pabrik mesin - Semarang
12. Pabrik Minuman instan - Semarang
13. Pabrik pengolahan ikan & Udang - Lampung
14. Pabrik Farmasi – Semarang 1 & 2
15. Pabrik Roti Sariroti - Semarang
16. Pabrik Herbal – Lampung
17. Gudang Farmasi Pemprov - Lampung
18. Indonesia Power (PLN) – Semarang
19. Indonesia Power (PLN) – Jakarta
20. Pembangkit Jawa Bali (PJB) semua area
21. Pengalengan makanan - Yogyakarta
22. Garment Industry (Emba Jeans) - Malang Jawa Timur
23. Herbal & Pharmacy industry - Semarang Jawa Tengah
24. Dll
Plus banyak project Decorative Coating (Hotel, Villa, Cafe, Resto, kantor, sekolah, Residence dll)

Kami Jingga A. Raya Coating and Protection juga memiliki produk yg biasa kami pake dengan kualitas yg sudah cukup teruji dengan banyak keunggulan, yaitu J-Floor untuk flooring dan J-Coat. Selain itu kami juga siap menggunakan produk pilihan sesuai keinginan Anda.

Dikerjakan oleh team yg berpengalaman dan Profesional

Untuk informasi dan konsultasi gratis
Hubungi Kami
Hp 0821 3851 5538
WA 0813 9307 1048

Nb. Contoh pekerjaan bisa lihat di FB kami : Jingga A.Raya

Terima kasih
Salam

Reply
avatar
Parist G
AUTHOR
July 11, 2017 at 11:07 PM delete

Ada di Youtube.. (Kisah Cinta Karyawan Sritex)

Reply
avatar

Setelah baca, jangan lupa tinggalkan jejak ya kawan.. :)