All About Laugh...

7:54:00 PM 6 Comments A+ a-

Gw mau mengawali post ini dengan sedikit cerita.
Berawal dari pelajaran Bahasa inggris tadi, pak khafidin nyuruh anak2 buat ngerjain soal2 latihan.
Saat gw lagi serius2nya ngerjain, gw denger cekikikan tawa dari bangku sebelah. Gw pun menoleh mencari tau asal dari suara itu. Ternyata anak2 lagi pada ketawa atas tingkah polah Erwin yang lagi ngelawak. :D Gak sengaja gw liat ekspresi si Gading yang ketawa dengan mulut terbuka lebar dengan hidung kempas kempis sambil menggeliat-liat. Gw sama hilda jadi ikutan ketawa ngeliat Gading  ketawa sebegitunya.
 


Lha pada saat itu gw padahal udah berhenti ketawa, tapi si hilda tiba2 bilang "Wouh" . Gak tau kenapa karena denger kata2 itu gw jadi ketawa lagi. ngeliat gw ketawa, si hilda jadi ikutan ketawa. Lha karena gw ngeliat hilda ketawa, ketawa gw jadi semakin hebat. Lha karena hilda ngeliat ketawa gw makin hebat, ketawa hilda pun semakin hebat. Karena ngeliat ketawa hilda semakin hebat, gw jadi tambah ketawa semakin lebih hebat. karena ngeliat ketawa gw yang semakin tambah hebat, si hilda juga ketawa tambah lebih semakin hebat. begitu seterusnya. Sumpah perut gw sakit banget. Ketawa sampe nangis2 hidung meler2 cuman gara2 liat orang ketawa. Lha dari situ gw berkesimpulan kalo KETAWA ITU MENULAR!


Lha kok ketawa bisa menular? kayak virus saja? Gak percaya ?
Ini ni penyebab ketawa bisa menular :

Berdasarkan sebuah studi terbaru menunjukan bahwa tertawa memang benar-benar bisa menular. Otak akan merespon suara tawa dan menghubungkan otot-otot wajah sebagai persiapan untuk bergabung dengan ekspresi kegembiraan tersebut.
“Hasil ini menunjukan bahwa hal tersebut adalah benar, yaitu tertawalah maka seluruh dunia akan ikut tertawa bersama dengan anda,” ujar sophie scott, seorang ilmuan syaraf di University College London.
Semua suara akan memicu respons di daerah premotor kortikal di otak yang menyiapkan otot di wajah untuk bergerak sesuai dengan suara yang didengar.
“Respons akan jauh lebih tinggi dan lebih menular terhadap suara positif (tertawa) dari pada suara negatif (jeritan). Hal inilah yang memaksa seseorang ikut tersenyum ketika melihat atau mendengar orang lain tertawa,” ungkap Scott.
Beberapa ilmuan berpikir nenek moyang manusia mungkin tertawa lebih dulu dalam kelompoknya sebelum bisa berbicara, sehingga kemungkinan tertawa merupakan pelopor dari bahasa.


Adapun fakta2 unik lain tentang tertawa :
 
  1. Bayi tidak bisa tertawa sampai mereka mencapai usia tiga bulan.
  2. Tertawa selama 10-15 menit bisa membakar banyak kalori.
  3. Tertawa mampu mengeluarkan udara di dalam paru-paru dengan kecepatan 60 mph.
  4. Ada 17 otot wajah yang digunakan untuk tersenyum, sedangkan mengerutkan kening butuh 47 otot wajah.
  5. Seseorang yang sering tertawa bahagia memiliki risiko penyakit jantung 40 persen lebih rendah dibanding orang yang murung.
  6. Percayakah Anda, ada tanaman yang disebut bunga tawa. Begitu melihatnya Anda akan tertawa seperti orang gila selama setengah jam.
  7. Tertawa 17 menit per hari dipercaya memperpanjang waktu hidup selama satu hari.
  8. Rata-rata anak berusia enam tahun tertawa 300 kali sehari. Ketika kita tumbuh tua kita tersenyum dan tertawa hanya 15 kali sehari.
  9. Baik untuk perut, jika Anda tertawa selama satu jam tanpa henti.
  10. Anak yang memiliki selera humor yang baik memiliki kemampuan beradaptasi yang baik dengan teman-teman sebayanya.
  11. Lelaki lebih mudah menjadi bahan tertawaan daripada perempuan (lebih banyak anak laki-laki menjadi bahan olok-olokan di sekolah daripada anak perempuan).
  12. Contagious Laughter : Kita lebih senang tertawa saat ada orang lain tertawa

Tertawa dapat menurunkan berat badan :

Tertawa memberikan pijatan yang baik untuk organ-organ perut seperti hati, ginjal, pankreas, limpa dan adrenal. Hal ini karena aliran darah meningkat dan membuat fungsinya lebih optimal.
Tertawa perut juga bisa memberikan latihan yang baik untuk diafragma, mengkontraksi otot perut sehingga membuat otot-otot lebih rileks setelahnya. Setidaknya dibutuhkan 15 otot untuk tertawa yang baik untuk senam wajah dan meningkatkan aliran darah sehingga terlihat lebih muda.



Adapun manfaat lain dari tertawa :
1. Mengurangi risiko penyakit jantung.
Studi menemukan tertawa memperluas dinding bagian dalam arteri sehingga meningkatkan aliran darah dan efek positifnya bisa berlangsung selama 30-45 menit.

2. Meningkatkan pernapasan.
Tertawa membantu mengosongkan paru-paru dari udara berlebih yang dibutuhkan sehingga memberikan efek pembersihan atau mirip dengan pernapasan dalam. Hal ini sangat membantu bagi orang yang memiliki gangguan pernapasan seperti asma.

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
Para peneliti telah menemukan bahwa tertawa sebenarnya meningkatkan sistem kekebalan tubuh, meningkatkan jumlah antibodi yang memproduksi sel-T. Hal ini nantinya juga membantu menurunkan kadar 4 hormon yang berhubungan dengan stres sehingga mengurangi tegang dan kecemasan, karenanya tertawa menjadi salah satu cara paling efektif untuk mengurangi efek stres dan membuat tidur lebih baik.

4. Antidepresan yang efektif.
Tertawa membuat depresi dan kecemasan menjauh dengan meningkatkan produksi serotonin yang bertindak sebagai antidepresan alami. Karena itu tidak mengherankan orang yang memiliki selera humor baik lebih jarang mengalami depresi.

5. Tertawa itu bisa menular.
Seseorang yang bisa melucu atau membuat lelucon yang mengundang tawa akan meningkatkan semangat orang-orang diskeitarnya sehingga bisa menciptakan energi positif untuk lingkungan sekitar.

6. Membantu menurunkan berat badan.
Membakar kalori dengan tertawa mungkin terdengar tidak masuk akal, tapi tertawa bisa meningkatkan denyut jantung dan mempercepat metabolisme yang mempengaruhi berat badan. Gw kurang suka yang ini. soalnya badan gw sudah kurus, kalo gw ketawa nanti tambah kurus, apa kata dunia?


Namun ternyata ada juga manusia yang tidak dapat tertawa :
  
carolyn gibbons
Kepala Wanita ini Bisa Pecah Jika Tertawa – Carolyn Gibbons, 23 tahun, berusaha keras agar selalu memiliki emosi yang stabil sepanjang waktu. Terlalu senang dan tertawa bisa membuat wanita ini mengalami sesuatu yang fatal dan membahayakan nyawanya.
Penyakit langka Carolyn memiliki volume otak yang terlalu besar untuk tengkorak kepalanya. Itulah sebabnya, setiap gerakan tiba-tiba bisa memberi tekanan pada kepalanya. Apabila mengalami tekanan besar, otaknya akan menekan bagian atas tulang belakang dan berpotensi pecah. :(

Hayley Harbottle (14 tahun)
 http://www.cihuii.com/wp-content/uploads/2011/01/hayley-dalam-ts.jpg
Gadis remaja ini wajahnya begitu kaku, tidak bisa senyum, tertawa, menangis atau cemberut. Si gadis memang dilahirkan tidak bisa menunjukkan ekspresi apapun di wajahnya karena tak punya saraf pengontrolnya.
Hayley bukannya tak mau tertawa, marah, tersenyum atau menangis tapi karena ia tidak memiliki saraf vital di wajahnya yang menyebabkan wajahnya beku. Jadi orang tidak akan pernah tahu apa yang sedang dirasakannya. :(


Kita harus bersyukur atas nikmat "tertawa" yang Tuhan berikan. Karena dengan tertawa, hati kita menjadi bahagia.
"Tertawalah sebelum tertawa itu dilarang"
Semoga bermanfaat...

Hananmedia.com berusaha memberikan informasi yang lengkap, berimbang, dan jujur. Menuliskan review yang mengandung 'story and value' berdasarkan pemikiran, opini, dan pengalaman pribadi.

6 komentar

Write komentar
May 15, 2012 at 5:37 PM delete

weeniiiiiiiiiiiiiiiii.... :D

Reply
avatar
Evol~
AUTHOR
May 20, 2012 at 8:48 AM delete

alhamdulillah, aku masi bisa ketawa :D

Reply
avatar
Gadingkomala
AUTHOR
May 21, 2012 at 2:49 PM delete

hanannn koplak,,nyebut2 aku lg :)

Reply
avatar
May 21, 2012 at 3:43 PM delete

Apa si ding.. bilang aja seneng. hoooo..
lebih koplakkan post yang the fly feces ding.. baca :D

Reply
avatar

Setelah baca, jangan lupa tinggalkan jejak ya kawan.. :)