Cerita Jobseeker: ODP Bank BTN

8:00:00 AM 8 Comments A+ a-

Sudah lama sekali blog ini belum update artikel baru dikarenakan banyaknya hal-hal yang tidak dapat penulis tunda untuk dikerjakan seperti mengerjakan tugas akhir, dan pusingnya mencari pekerjaan, tentunya selain rasa malas saya untuk menulis artikel baru hehe. Tapi alhamdulillah semua itu dapat saya jalani walaupun banyak sekali drama dan kendala selama prosesnya.

Tentunya setelah dipusingkan dengan Tugas Akhir dan euforia wisuda yang mulai meredup, muncullah tantangan baru dalam mencari pekerjaan yang diinginkan. Jangan ditanya betapa stress, pusing dan capeknya fase ini. Ternyata mencari pekerjaan tidaklah semudah yang dibayangkan. Sangat menguras banyak tenaga, pikiran, uang dan tentu saja mental karena kita harus kuat saat harapan kita diputus oleh kata penolakan dari perusahaan yang kita daftar. Sudah tak terhitung lagi berapa lowongan yang telah saya daftar, belajar psikotes, toefl, bolak-balik keluar kota sendirian, tak tau arah dan tujuan cuma bermodal GPS dan abang gojek dalam mencari tempat tes. Ingat sekali pernah tiap hari dalam dua minggu bolak-balik tangerang-jakarta yang memakan waktu 2 jam perjalanan desak-desakkan naik KRL dan bis sendirian, buta arah mencari tempat tes di ibu kota, numpang mandi di masjid, pas lagi di tengah jalan mampir dulu ke mall terkedekat cuma buat numpang sholat dan semua itu saya lakukan sendirian karena teman-teman saya kebanyakan belum fokus dalam mencari pekerjaan saat itu. Sedih sekali kalo ingat masa itu sendirian macam anak ilang di jakarta haha. Walaupun hasil tesnya berujung penolakan namun saya tetap bersyukur karena berkat itu semua saya mendapat banyak pelajaran dan pengalaman yang sangat berguna sebagai modal tes-tes rekrutmen selanjutnya.
My Batch
Saya sangat mengerti sekali bagaimana perasaan teman-teman pembaca yang tengah mencari pekerjaan impian saat ini. Maka dari itu saya ingin berbagi pengalaman saya saat saya sedang menjadi jobseeker dulu sekaligus ingin menepati nazar saya untuk menuliskan pengalaman ini jika saya sudah mendapat pekerjaan nantinya. Sebenarnya ada banyak sekali perusahaan yang saya lamar, tapi banyak juga yang ter-skip akibat di-PHPin tidak dipanggil-panggil tes atau juga kandas ditahap wawancara HR. Tahap terjauh yang berhasil saya lalui yaitu tahap presentasi dan wawancara akhir di rekrutmen Astra International Tbk dengan posisi Audit & Risk Trainee (AR Trainee) dan Officer Development Program (ODP) bank BTN dan dua pengalaman ini yang paling berkesan bagi saya. Then karena yang pecah telor adalah ODP bank BTN maka di artikel ini saya akan berbagi cerita saat saya mengikuti tes ODP bank BTN.
(Baca Juga : Kiat Optimasi Media Sosial Sebagai Media Branding)

Oh iya, Saya menulis ini murni hanya ingin sharing sekaligus membagikan tips-tips yang saya ketahui tanpa adanya maksud riya/sombong. Saya berharap cerita ini dapat memberi gambaran dan bermanfaat bagi pembaca yang tengah berjuang dalam mencari pekerjaan. Oke cekidot

Kenapa Bank?
Oke kalo kalian pingin tau alasan saya kenapa mendaftar di bank. Jujur sejujurnya dulu gak ada niatan sama sekali buat daftar di bank. Terlebih saya yang selalu dicekokin ilmu keteknikan selama 4 tahun tentu bayangan saya akan bekerja di perusahaan manufaktur macam perusahaan otomotif,  tambang atau customer goods atau perusahaan jasa seperti pada bidang telekomuniasi / ecommerce dan lain sebagainya. Gak ada bayangan sama sekali buat lari ke bank, maklumlah, karena lagi anget-angetnya fresh from the oven baru lulus kuliah sehingga ego saya saat itu masih besar dalam memilih pekerjaan. Lalu kenapa bisa daftar bank? Ya kalo boleh jujur lagi, karena waktu itu lagi capek-capeknya menerima penokan demi penolakan dan saya memang ingin sekali mengawali karir saya di jalur MT (management trainee) atau ODP. Maka jadilah iseng-iseng mendaftar ODP dari dua Bank (Bank BTN dan Bank pita biru). hehe. Walaupun diawali iseng-iseng namun alhamdulillah saya akhirnya sangat bersyukur sekali dapat diterima di bank BTN melalui jalur ODP.

Tahap 1 : Wawancara Awal
Oke, Setelah melakukan pendaftaran online melalui situs recruitment.btn.co.id, maka tahap yang harus dilalui selanjutnya adalah wawancara awal. Oh iya, biasanya ODP BTN ini buka rekrutmen di beberapa kota untuk satu batchnya dan kebetulan saat itu saya mendaftar di wilayah rekrutmen Semarang. Saat itu tempat tesnya berada di Aula kantor BTN Cabang Semarang. Sempat kaget dan pesimis waktu melihat jumlah pesertanya hampir seribuu dan semuanya melakukan tahap wawancara awal di satu hari itu juga. Kebayang gak tuh antrinya gimana.

Oke ada drama menarik pada saat tes wawancara awal. Jadi karena saya saat itu "kurang tertarik" mengikuti tes bank, maka saya sengaja banget datang mepet-mepet waktu tes. Biar gak kelamaan nunggu pikirku. Saya ingat betul sampai di parkiran tempat tes pukul 09.52 padahal saya dapat jadwal tes jam 10 pagi. Belum lagi dari parkiran ke aula harus jalan kaki agak jauh. Nah pada saat saya sedang jalan kaki menuju aula, tiba-tiba ada seorang bapak-bapak di pojokan yang enggak saya kenal, manggil-manggil saya "Mas-mas sini mas aku nasehatin". Sontak aku samperin dong itu bapak-bapak. "Mas kamu itu kalo datang tes dengan keadaan seperti ini saya jamin langsung dicoret sama interviewernya". Nah loh saya kaget dong baru aja dateng langsung dapet "tamparan" keras dari orang yang kagak dikenal. "Gini lho mas, kamu niat ikut tes enggak masa datang enggak pakai kaos kaki". Lhoo tambah kaget lagi saya, perasaan saya pakai kaos kaki walau memang kaos kaki item ala-ala yang tingginya sematakaki lebih dikit. "Itu lho mas bulu-bulu kakimu kelihatan begitu, enggak rapi, kalo saya yang jadi interviewernya pasti udah saya coret mas. Mending mas sekarang keluar lagi cari kaos kaki item yang panjang di pasar sebelah sana". Oke walaupun awalnya saya bodo amat mau nekat masuk aja dengan kaos kaki ala ala, tapi akhirnya saya turutin juga nasihat bapak itu. Jalan kaki panas-panasan nyari kaos kaki ke pasar, burket dimana-mana, rambut yang udah ditata jadi miring, baju yang udah rapi jadi basah gak karuan. Ditambah waktu tes udah mepet jadi lari-larian kesana kemari. Dan akhirnya saya masuk ruangan pas banget nomor tes saya dipanggil. Walaupun jantung masih deg-degan akibat lari-lari cari kaos kaki, tapi tetep coba stay cool biar keliahatan berwibawa *halah*, jalan dengan tenang menuju interviewer sambil kuberikan salam hangat dan senyuman terganteng yang saya bisa. wkwk. Oke dan wawancara awal cuma berlangsung selama 3 MENIT. *What The.... Cuma diminta untuk perkenalan diri in English,  pertanyaan seputar kegiatan selama kuliah, organisasi, hobi dan komitmen dalam mendaftar di BTN. Sayapun pulang dengan segudang pertanyaan bakal lolos ke tahap selanjutnya atau tidak.

Pesan moral & Tips : Usahakan datang jangan mepet waktu tes, berpakaian formal dan rapi, jangan lupa pakai  kaos kaki (yang cowok), pakai minyak wangi, persiapkan untuk introduction ur self in english, tetap tenang, percaya diri dan selalu tersenyum. :)

Tahap 2 : Tes Potensi Akademik
Satu minggu kemudian akhirnya saya mendapat undangan untuk Tes Potensi Akademik di lokasi yang sama. TPA ini berisi soal-soal seperti soal TPA CPNS ataupun soal Bappenas dan berlangsung kurang lebih 2,5 jam. Kurang lebih gambaran dari tes ini terdiri dari tes verbal (sinonim, antonim, silogisme, artikel, dan lain-lain), Numerik / Aritmatik (deret angka, pola, soal cerita, penalaran, matematika dasar SMA, dan lain-lain), dan Gambar (pola gambar, bangun ruang, dan lain-lain).

Tips : Banyak-banyak berlatih soal TPA dengan berbagai bentuk soal! Jangan lupa berdoa dan sarapan sebelum tes.
(Baca Juga : Pura Diatas Laut Lepas : Uluwatu Bali #KKL)

Tahap 3 : Tes TOEFL
Nah di rekrutmen BTN ini juga ada tes TOEFLnya. Jadi BTN enggak menerima sertifikat toefl (mungkin karena kalo sertifikat bisa dipalsukan). Tes Toefl berlangsung selama 2 jam non stop dan terdiri dari tes listening, grammatikal, reading dan writting seperti tes toefl pada umumnya. Oke tahap ini cukup menguras pikiran dan tenaga. Syarat untuk lulus tahap ini adalah mendapatkan skor minimum 450. Jadi harus benar-benar dipersiapkan!

Tips : Sering berlatih soal toefl. Jika merasa lemah di toelf mungkin bisa ikut bimbel terlebih dahulu atau belajar secara otodidak dari buku-buku toefl. Jangan lupa berdoa dan sarapan sebelum tes!
New Family

Tahap 4 : Tes Psikologi
Dari sekian kali mengikuti psikotes di rekrutmen perusahaan-perusahaan sebelumnya, menurut saya tes psikologi BTN ini salah satu psikotes yang paling banyak dan paling lengkap jenis soalnya. Tesnya berlangsung kurang lebih 4-5 jam non stop. Segala bentuk soal ada semua seperti verbal, numerik, gambar, tes koran, tes kepribadian, essay, tes untuk menggambar bentuk-bentuk tertentu dan masih banyak lagi.
Tips : Persiapkan untuk latihan semua bentuk / jenis soal psikotes, buang air dulu sebelum tes jika diperlukan karena sepanjang tes tidak boleh keluar ruangan. Jangan lupa berdoa dan sarapan sebelum tes!

Tahap 5 : Wawancara Psikolog
Wiih dengan segala kepasrahan akhirnya sampai juga ditahap ini. Ditahap ini kepribadian dan komitmen kita akan digali sama psikolog. Mungkin tiap orang akan mendapatkan pertanyaan yang berbeda, saat itu saya mendapatkan pertanyaan seputar diri kita, pengalaman organisasi, pengalaman kerja, target hidup, kelebihan kekurangan, cara mengatasi konflik, cara mengisi waktu luang, studi kasus, dan lain-lain.
Tips : Menurut saya, tahap wawancara itu hanya dapat dipelajari dengan learning by doing. Karena tiap orang pasti punya kunci / rumusnya masing-masing untuk lolos tahap wawancara. Dan rumus tersebut didapatkan dari pengalaman kalian sendiri (learning by doing). Tidak ada jawaban yang benar atau yang salah. Jadi tidak ada tips khusus yang baku disini karena yang tau rumusnya ya kalian sendiri. Ingat, tiap orang rumusnya gak bakal sama. Belum tentu rumus yang saya pakai berhasil di Anda. Jadi banyak-banyak ikut tes wawancaralah, semakin banyak gagal kita ditahap ini, semakin banyak kita belajar. Oh iya biasanya diakhir wawancara interviewer akan mempersilahkan kita untuk bertanya, saran saya bertanyalah minimal 2 pertanyaan karena menandakan bahwa kita tertarik untuk lebih mengetahui tentang rekrutmen dan perusahaan.

Tahap 6 : LGD
Perjuangan masih belum usai bung.. Tes LGD ini semacam diskusi kelompok. Tiap kelompok akan diberikan isu khusus untuk dibahas dan dicari solusinya.
Tips : Tidak perlu terlalu dominan tapi jangan juga terlalu pasif. Usahakan bicara sesuai tema dan to the poin, tidak berbelit dan berulang-berulang, jangan memaksakan pendapat dan jangan menyalahkan pendapat orang lain. Berusahalah menjadi penengah jika mulai terjadi konflik dan beri solusi yang realistis. Oh iya kalo yang ini saya baca dari internet katanya lebih bagus kalo kita menawarkan diri jadi moderator dan mengingatkan jika waktu diskusi akan habis.

Tahap 7 : Tes Kesehatan
Akhirnyaa tes kesehatan jugaa. Tapi ini belum tahap final sobaat karena masih ada tahap presentasi akhir dan wawancara BOD.
Tahapan tes seperti tes kesehatan pada umumnya mulai dari tekanan darah, detak jantung, ronsen X ray, tes darah, urin, buta warna, minus mata, tes fisik, sampai ada tes "buka-bukannya", mana dokter yang periksa cewek lagi kan jadi maluu wkwk.
Waktu itu yang lolos sampai tahap tes kesehatan ini sekitar 20 orang. Disini kita sudah mulai akrab, bikin group sampai makan bareng. Seneng pokoknya dapat banyak teman baru.
Tips : Istirahat yang cukup, jangan begadang dan jangan kecapekan. Minum air putih yang banyaak, jangan mengkonsumsi obat-obatan dahulu, dan minum vitamin atau minum air kelapa hijau murni untuk detoks racun.
(Baca Juga : Pendakian Gunung Merbabu Jalur Selo : Cerita & Galeri)

Tahap 8 : Presentasi Akhir dan Wawancara BOD
Ditahap ini kita diminta membuat presentasi menggunakan power point. Tema dan kasus presentasi nantinya akan diinfokan by email. Presentasi dilakukan diruang tertutup dengan 2 orang interviewer sebagai penanya. Setelah selesai presentasi kita langsung lanjut wawancara BOD. Saya ingat saat itu yang mewawancarai saya adalah Bapak Eko kepala HCD Pusat. Deg-degan euy. Sayang banget kalo harus berhenti ditahap ini karena tinggal selangkah lagi. Pertanyaan tiap orang bisa berbeda-beda, saat itu saya ditanya seputar diri kita, studi kasus, sampai sudut pandang saya terhadap isu ekonomi, isu sosial dan isu politik yang sedang hangat saat itu.
Daan akhirnya semua tahapan tes telah selesai. Satu minggu kemudian diumumkan bahwa ada 9 orang yang lolos dan resmi diterima di ODP BTN wilayah Semarang. Alhamdulillah saya salah satu yang lolos dari 9 orang itu. Walaupun sebenernya sedih juga karena 11 teman lainnya harus gugur ditahap akhir.
Tips : Berlatih berpresentasi yang baik, jangan gugup, tetap tenang dan percaya diri. Kuasai profil perusahaan, dulu saya sampai meghafalkan visi misi dan nilai budaya perusahaan. Jangan lupa untuk bertanya jika diberi kesempatan bertanya.

Tahap Final : Pengarahan Akhir
Nah jika sudah sampai tahap ini berarti kita sudah fix diterima. Disini kita akan dijelaskan mengenai alur pendidikan, training, syarat dan ketentuan, benefit dll. Selanjutkan kita akan menempuh pendidikan dan training selama kurang lebih 4,5 bulan bersama teman-teman dari wilayah rekrutmen lain. Total diangkatan saya ada sekitar 49 orang dari seluruh indonesia. Adapun rincian pendidikannya adalah 8 hari pendidikan semi militer (Bina mental dan fisik), 2 hari ESQ, 1 bulan pendidikan di dalam kelas (pendidikan perbankan, softskill, motivasi, beautyclass dll), 2,5 bulan training di Kantor/OJT, dan 1 bulan pendidikan dalam kelas pra OJT. Tiap minggu ada ujian-ujiannya juga, makalah dan ada ujian akhir yang nilainya akan diakumulasi untuk menentukan kelulusan program. Alhamdulillah kita satu angkatan lulus semua dan here we go...
Dan akhirnya kita berpisah ke kota penempatan masing-masing~
Begitulah kurang lebih pengalaman, cerita dan beberapa tips saat mengikuti rekrutmen ODP Bank BTN. Walaupun diawali dengan keisengan mendaftar namun saya sangat bersyukur dan tidak menyesal terjun di dunia perbankan. Setelah dipelajari ternyata seruu juga lo kerja di bank terlebih kita jadi punya banyak teman seperjuangan. Yang terpenting apapun pekerjaan kita asal kita dapat menemukan cara untuk bahagia, Inshaa Allah kita akan menjalaninya dengan penuh rasa syukur.

Satu pesanku untuk teman-teman yang sedang berjuang menemukan pekerjaan yang terbaik, Jangan pernah patah semangat! Kecewa boleh, nangis boleh, down boleh, itu manusiawi tapi tolong jangan berlarut-larut! Ambil pelajaran yang baik, buang yang buruk. Experience is the best teacher, you know. Dan yang paling penting yang kadang suka dilupakan adalah kita gak boleh sombong dalam berusaha, minta bantuanlah sama Allah, perbanyak doa, sedekah, dan SELALU MINTA RESTU & DOA ORANG TUA. Ini berefek besaar soob seriuss. Karena gak ada yang kebetulan di dunia ini dan tiap orang punya jalan & ceritanya masing-masing dalam menemukan pekerjaan. Jalanilah dengan versi terbaikmu.

"Kamu Tidak Akan Bisa Hidup Menjadi Manusia yang Sempurna, Namun Setidaknya,  Kamu Dapat Hidup Menjadi Manusia dengan Versi Terbaikmu!"




Hananmedia.com berusaha memberikan informasi yang lengkap, berimbang, dan jujur. Menuliskan review yang mengandung 'story and value' berdasarkan pemikiran, opini, dan pengalaman pribadi.

8 komentar

Write komentar
June 20, 2018 at 9:54 AM delete

waahh hanan keren2 artikel dan tata cara penulisannya menarik,infonya detail dan sangat membantu ,good job nan 😆

Reply
avatar
Dian Lestari
AUTHOR
June 20, 2018 at 7:42 PM delete

Sangat membantu infonya. Makasih gan

Reply
avatar
June 24, 2018 at 8:31 PM delete

cuma saran nih nan, di bagian yang tahap ke 3 tes toefl, lebih baik jgn di masukkan foto, tp fotonya dimasukkan di tahap finall

Reply
avatar
Hanan M
AUTHOR
June 30, 2018 at 8:02 PM delete

Thanks a lot juni :)

Reply
avatar
Hanan M
AUTHOR
June 30, 2018 at 8:04 PM delete

Suatu kehormatan artikel saya dikomentari odp bank tetangga :)

Reply
avatar
Hanan M
AUTHOR
June 30, 2018 at 8:05 PM delete

Thanks a lot for ur advice dhan :)

Reply
avatar
Yose Suparto
AUTHOR
November 7, 2018 at 1:50 PM delete

BROKER TERPERCAYA
TRADING ONLINE INDONESIA
PILIHAN TRADER #1
- Tanpa Komisi dan Bebas Biaya Admin.
- Sistem Edukasi Professional
- Trading di peralatan apa pun
- Ada banyak alat analisis
- Sistem penarikan yang mudah dan dipercaya
- Transaksi Deposit dan Withdrawal TERCEPAT
Yukk!!! Segera bergabung di Hashtag Option trading lebih mudah dan rasakan pengalaman trading yang light.
Nikmati payout hingga 80% dan Bonus Depo pertama 10%** T&C Applied dengan minimal depo 50.000,- bebas biaya admin
Proses deposit via transfer bank lokal yang cepat dan withdrawal dengan metode yang sama
Anda juga dapat bonus Referral 1% dari profit investasi tanpa turnover......

Kunjungi website kami di www.hashtagoption.com Rasakan pengalaman trading yang luar biasa!!!

Reply
avatar
Gerta Sinaga
AUTHOR
November 11, 2018 at 1:19 PM delete

Info nya sangat membantu bang 😄

Reply
avatar

Setelah baca, jangan lupa tinggalkan jejak ya kawan.. :)