Ibu, Wanita Terhebat

9:22:00 PM 58 Comments A+ a-


Malam kawan, tidak terasa malam ini sudah tanggal 17 Desember 2012.
H-5 tanggal 22 Desember.

Ya, kalian pasti tau tanggal 22 Desember adalah Hari Ibu Nasional.
Malam ini aku ingin sekali menulis postingan tentang Ibu.

Taukah kalian kawan, saya dilahirkan dan dibesarkan oleh seorang ibu yang selalu menyayangi dan mengasihi anak-anaknya.
Ia tidak pernah mengeluh apalagi lari dari tanggung jawab.
Ia tidak pernah membeda-bedakan ataupun pilih kasih.
Ia adalah orang terhebat dan terkuat yang pernah saya temui di muka bumi ini.

Ibuku,
Dilahirkan dari keluarga yang sederhana di Pemalang, 44 tahun silam.
Ibu pernah menceritakan mengenai masa-masa kecilnya dulu yang boleh dibilang "Kurang mendapat perhatian dari orang tua" sewaktu ia kecil sampai ia dewasa. Ia jarang sekali mendapat kasih sayang maupun belaian dari ibunya (nenek saya) karena memang nenek saya dulu sifatnya agak tempramental dan selalu mendidik anak-anaknya dengan keras.

Yang saya lingkari adalah ibu waktu kecil. haha :D

Masa mudanya ia habiskan untuk bersekolah serta mengerjakan seluruh pekerjaan rumah dan membantu nenek saya berjualan di pasar. Ia selalu mencoba untuk berbakti kepada nenek saya dengan menuruti semua perintah dan kemauannya. Namun ia selalu salah di mata nenek saya. Tak jarang kadang ia mendapat pukulan pelepah kelapa maupun sapu lidi jika melakukan kesalahan.
Sungguh, saya merasa tidak tega jika membayangkannya.
Namun ibu adalah orang yang sangat kuat dan tegar. Meskipun seperti itu, ia selalu menyayangi nenek saya dan tidak menaruh sedikit dendampun terhadapnya.
Bahkan ia juga mengajarkan kepada anak-anaknya agar selalu menyayangi nenek seperti kita menyayangi ibu sendiri.
Ibu tidak ingin anak-anaknya merasakan hal yang sama seperti ia dulu. Maka dari itu ia selalu berusaha menyayangi dan mengasihi semua anak-anaknya. Ia adalah bagai malaikat tanpa sayap yang telah Allah turunkan untukku.

Ibu pernah mengatakan sebuah pepatah jawa yang berbunyi :
" Sayange wong tua ke anak kui se klapa, tapi sayange anak ke wong tuo se-upo be lanka" [Sayangnya orang tua ke anak itu sebesar kelapa, tapi sayangnya anak ke orang tua sebesar satu nasi pun tidak ada]
Yang dapat diartikan bahwa sebesar-besarnya rasa sayang yang paling besar dari anak ke orang tua jika diumpamakan sebesar nasipun tidak ada. Tapi sekecil-kecilnya rasa sayang dari orang tua ke anaknya bisa diumpamakan sebesar buah kelapa.
Memang, kasih sayang seorang ibu tidak pernah ada yang menandingi. Saya akui itu.

Pernah juga ibu menangis, meminta maaf kepadaku karena ia merasa tidak dapat membahagiakanku..
 Ia merasa bahwa ia belum bisa memenuhi semua kebutuhanku..
"Ibu ingin sekali mbahagiain kalian biar kalian kayak anak-anak yang lain, punya laptop, punya motor, sering liburan. Ibu mana yang tidak kepengin anak-anaknya bahagia"

Sungguh ibu, aku tidak meminta apa-apa darimu..
Mempunyai ibu sepertimu adalah lebih dari segalanya bagiku..
Yang aku pinta hanyalah engkau selalu sehat dan berada disampingku..

Cantiknya ibuku :)
 Ibu, kau adalah anugerah indah dalam hidupku..
Terimakasih ibu, kau selalu membimbing dan mengajarkanku banyak hal yang belum aku mengerti sebelumnya.

Terimakasih atas semua doa-doamu..
Aku pernah tidak sengaja mendengar doa yang kau panjatkan saat kau usai sholat...
Kau meminta, menengadahkan tanganmu sambil menangis..
Meminta agar anak-anakmu menjadi anak yang sholeh dan sholehah,..
Meminta agar anak-anakmu dipanjangkan umurnya, Meminta agar anak-anakmu selalu mendapatkan perlindungan-Nya,, meminta agar anak-anakmu menjadi orang yang hartawan, jutawan, dermawan dan beriman.

Terimakasih atas semua nasihat dan petuahmu..
Kau yang selalu mengingatkanku untuk beribadah..
Kau yang selalu mengingatkanku akan pentingnya saling berbagi..
Kau yang selalu berpesan mengingatkan agar kita kelak selalu membantu orang-orang yang pernah membantu keluarga kita..
Kau yang selalu berpesan untuk terus mengingat jasa-jasa orang yang telah berjasa terhadap kita..
Kau yang selalu berpesan agar kita menjadi orang yang rendah hati..
Kau yang selalu berpesan agar kita menjadi teman yang baik dalam pergaulan..
Sungguh, pesan dan petuahmu akan selalu kami ingat ibu..

Aku bayi :D
Terimakasih ibu, kau telah merawatku sejak kecil..
Merawatku dikala ku sakit dan berharap agar sakitku berpindah kepadamu..
Sungguh besar pengorbananmu..
Sungguh besar bukti kasihmu..

Maafkan aku yang sering kali merepotkanmu..
Maafkan aku yang sering kali membuatmu pusing..
Maafkan aku ibu, atas semua kesalahanku..
Aku ingat betul, saat kau ingin sekali agar aku melanjutkan ke salah satu podok pesantren di Jawa barat setelah lulus SD..
Aku tau, kau ingin sekali mempunyai anak yang pintar beragama, pintar membaca doa-doa..
Maafkan aku karena telah menolak keinginanmu itu..
Maafkan aku yang memilih melanjutkan di salah satu SMP negeri dan tidak menjadi anak seperti yang kau inginkan..
Aku tau kau kecewa..
Namun kau selalu menyembunyikan kekecewaanmu itu..
Terimakasih ibu....

my 6th birthday

Ya Allah, panjangkanlah umur kedua orang tuaku..
Berilah kesempatan kepadaku untuk selalu berbakti kepadanya..
Berilah kesempatan padaku agar dapat selalu membahagiakannya..
Berilah kesempatan kepada mereka untuk mengunjungi rumah-Mu di Masjidil Haram..
Mereka ingin sekali menjadi salah satu tamu-Mu ya Allah..
Kabulkanlah doaku ya Allah..


Terimakasih ibu, Kau adalah wanita terhebat di muka bumi ini...
Perlu kau tau, bahwa aku akan selalu menyayangimu.. selamanya..



"Orang tua memanglah tidak mempunyai pengetahuan lebih,
Mereka hanya memikirkan..
anak-anaknya bisa lebih baik dari mereka,
Itu saja"



Postingan ini  untuk menyambut hari ibu 22 desember 2012
Bingung juga mau ngasih apa ke ibu di hari ibu nanti :/


Hananmedia.com berusaha memberikan informasi yang lengkap, berimbang, dan jujur. Menuliskan review yang mengandung 'story and value' berdasarkan pemikiran, opini, dan pengalaman pribadi.

58 komentar

Write komentar
December 18, 2012 at 7:35 AM delete

Pepatah jawanya dalem banget .__.

Ibu memang selalu bisa nyembunyiin rasa kecewanya..
Tapi kalo anak, tiap kecewa biasanya langsung berontak T.T

Oya, ibu kamu cantik deh :3

Reply
avatar
nenna massara
AUTHOR
December 18, 2012 at 8:11 AM delete

waw foto jadulnya keren :D , dalem banget ktakatanyaaa :D

Reply
avatar
December 18, 2012 at 8:15 AM delete

nyokap memang segalanya bro :)
salam buat nyokapnya dan salam sahabat dari gua :)

Reply
avatar
December 18, 2012 at 9:04 AM delete

wah gue jadi homesick baca ini postingan :'(

Reply
avatar
December 18, 2012 at 10:56 AM delete

semoga ibunda tersayang sehat bahagia selalu dalam lindungan ALLAH :)

Reply
avatar
Deden Senjaya
AUTHOR
December 18, 2012 at 12:25 PM delete

Gue juga sama, sayang banget sama ibu gue. waktu itu ibu gue pas banget ulang tahunnya sama dengan hari pahlawan. dan gue di undang buat ikut event "Ibu, gelar pahlawan sepanjang masa" . akan gue apresiasikan ibu gue di artikel tersebut :D

Reply
avatar
Rita A
AUTHOR
December 18, 2012 at 12:43 PM delete

kasi do'a yg ikhlas buat ibu..kalo bs sihh kasi yg bs nyenengin dia..masakin beliau mknn kek gitu... ;)

Reply
avatar
Shry Daviid
AUTHOR
December 18, 2012 at 12:47 PM delete

bener bangeeeeettsss

"Orang tua memanglah tidak mempunyai pengetahuan lebih, Mereka hanya memikirkan..
anak-anaknya bisa lebih baik dari mereka, Itu saja"

ah jadi kangen mama :')

Reply
avatar
December 18, 2012 at 12:55 PM delete

dalem banget ceritanya..
menyentuh di hati..

Reply
avatar
Shabria Akib
AUTHOR
December 18, 2012 at 1:11 PM delete

perjuangan ibu untk anaknya mmg tak bs diukur,, mo pake penggaris,, timbangan,, neraca,, termometer de el el,, GAK BAKAL BISA!

sy suka ceritanya mbak,, menegur saya akan kebiasaan buruk yg sy pernah lakukan pd ibu saya,, makasih ya mbak,,^^

Reply
avatar
Shabria Akib
AUTHOR
December 18, 2012 at 1:14 PM delete

ehh sori2,, mas maksudx,, kebawa ama blognya mbak Eva,, hehhehee.. maap ya..

Reply
avatar
Namaku Naima
AUTHOR
December 18, 2012 at 3:05 PM delete

wah wah wah....

ibunya harus baca postingan yang ini :)

Reply
avatar
cik awi
AUTHOR
December 18, 2012 at 3:45 PM delete

Saya suka postingan ini sob... Dan ibu memang pahlawan hebat dalam keluarga dan juga ayah tentunya.

Reply
avatar
December 18, 2012 at 4:53 PM delete

betul banget kata pepatah..,kasih ibu sepanjang masa, kasih anak sepanjang galah *smile

Reply
avatar
Rinem
AUTHOR
December 18, 2012 at 5:23 PM delete

ibu elu memang keren dan mantaf kali brow mantaf

Reply
avatar
December 18, 2012 at 5:46 PM delete

Setiap ibu di dunia memang cantik y mb, cantik rupa maupun hatinya :)

Reply
avatar
Mei Wulandari
AUTHOR
December 18, 2012 at 5:58 PM delete

wah.. masa ibumu minta maaf?? salut deh
bangga punya ibu seperti ibumu :)

Reply
avatar
December 18, 2012 at 6:46 PM delete

Haha, aku juga ngambilnya diem2 dari album foto jadulnyanya ibu.. XD

Reply
avatar
December 18, 2012 at 7:02 PM delete

Iya bang, salam juga buat bunda unik :D

Reply
avatar
December 18, 2012 at 7:30 PM delete

Aamiin ya Allah, aamiin......

Reply
avatar
December 18, 2012 at 7:32 PM delete

Keren bang... boleh tau alamat artikelnya?

Reply
avatar
December 18, 2012 at 7:33 PM delete

Pastinya doa selalu buat ibu.
E, aku gak bisa masak Ta.. paling masak mie kalo gak telur dadar :D

Reply
avatar
December 18, 2012 at 7:35 PM delete

Lha emang mamanya dimana mba? Kalo kangen, telfon aja mba :)

Reply
avatar
December 18, 2012 at 7:39 PM delete

Perasaan blognya mba Eva sama blognya saya templatenya beda. kenapa bisa ketuker gitu -,-
Haha iya santai saja mba, sudah saya maafkan ko :P

Reply
avatar
December 18, 2012 at 7:43 PM delete

Tentunya pastinya cik, mereka yang sebenarnya di sebut pahlawan tanpa tanda jasa

Reply
avatar
December 18, 2012 at 8:27 PM delete

Iya, mungkin pepatah di atas maksudnya sama kayak pepatah itu

Reply
avatar
December 18, 2012 at 8:37 PM delete

Harusnya aku yang minta maaf ya mba :'
Semua ibu pasti akan menginginkan hal yang sama :ingin anak2nya bahagia.. mulia sekali tugas ibu

Reply
avatar
December 18, 2012 at 8:39 PM delete

kata2 lo buat gue terharu bang,.,,,
tersadar gue ternyata yang di lakuin ortu itu segalanya hanya untuk kita...
gue pernah juga ngerasain gto malah baru aja...
gue yang kuliah hanya makai kendaraan butut breoda dua yang udh 11 tahun lamanya di beliin ortu dengan keadaan kendaraan butut sering mogok gue kuliah selama 4 semester terus melihat keluarga mama gue yang punya kendaraan mio wrna hijau layaknya kendaraan masa kini dibandingkan kendaraan gue 11 thun yang lalu,,,,
dan ternyata mama ku dan tepat wktu ulang tahun gue yang *sensor*,,gue di beliin kendaraan masa kini dan anak muda pkai sekarang yaitu SATRIA FU 150,,,gue bilang mkasih mama...dan mama gue cuma ngomong...mama ngeliat kamu kesian kuliah dengan kendaraan butut dan teman2 mu di kampus pakai kendaraan baru semua dan spupu mu juga,,,cuma kamu yang paki kendaarn butut..
gue cari tau ternyata mama gue pinjam di bank walaupun sedikit hanya menambah uang yang ada....
gue salut banget sama mama gue rela ngehadiah'in gue kendaraan yang gue pengen sejak SMP dengan minjam uang ke bank.
sorry bang jadi curhat gue...
gue terbawa arus cerita lo bang

Reply
avatar
Awi Metalisa
AUTHOR
December 18, 2012 at 9:00 PM delete

Aaaa terharu gue bacanya :( banyak intropeksi dari postingan elu... Btw ibu gue dulu mungkin ya sama kaya ibu lo dulu didiknya keras hehehe.. Pepatah jawanya dalem ya :'3 gue baru denger ya ini-_-

Reply
avatar
December 18, 2012 at 9:08 PM delete

tak ada selain ibu yang mau meminta maaf atas apa yg seharusnya tidak beliau minta maaf.. padahal, melahirkan kita kedunia adalah kebahagiaan terbesar yang diberikan ibu pada kita

Reply
avatar
Dihas Enrico
AUTHOR
December 18, 2012 at 9:37 PM delete

setiap ibu adalah wanita terhebat..
:)

Reply
avatar
December 18, 2012 at 9:41 PM delete

Iya bang curhat saja bang gapapa biar lebih tenang.. kasih sayang ibu memang sepanjang masa dan tak ternilai dengan apapun.
Kalaupun seorang anak harus membahagiakan orang tua dalam seumur hidupnya itu belum cukup dibanding dengan kasih sayang seorang ibu. kasih sayang ibu tak kan ternilai dengan apapun.

Reply
avatar
December 18, 2012 at 9:43 PM delete

Haha iya mba, gak tau juga ibu dapat pepatah itu dari mana :D

Reply
avatar
December 18, 2012 at 9:43 PM delete

semoga ini tidak hanya terjadi pada sebuah tulisan aja ya bang :)
so bagaimana pun juga jangan pernah bikin ibu nyesel, :)

pada dasarnya sebagai anak memang tidak akan pernah bisa membalas jasa orang tuanya baik ibu maupun ayahnya :)

Reply
avatar
December 18, 2012 at 9:47 PM delete

hahaha
kok ibunya mendadak jadi artis ya?

Reply
avatar
December 18, 2012 at 9:48 PM delete

Iya bang benar sekali. Melahirkan kita saja sudah suatu kebahagiaan terbesar. Dan itu butuh pengorbanan yang besar pula dari seorang ibu, melahirkan antara hidup dan mati.

Reply
avatar
December 18, 2012 at 9:53 PM delete

Iya bang, bagaimanapun juga kita gak boleh bikin orang tua menyesal.. (y)

Reply
avatar
December 19, 2012 at 12:11 AM delete

Pepatah dari Ibu nya dalem banget :')
Buatlah mereka bangga.

Reply
avatar
rivai
AUTHOR
December 19, 2012 at 1:37 AM delete

whaaaaaaaaaaa
asik nih punya foto ibuknya waktu masih unyu unyu.
gua kagak punya :|

Reply
avatar
December 19, 2012 at 4:46 AM delete

aku suka bagian ini "Mereka hanya memikirkan..anak-anaknya bisa lebih baik dari mereka, Itu saja"

Reply
avatar
December 19, 2012 at 8:59 AM delete

Waah, kebayang banget dong ye , besarnya kasih sayang beliau ke kite ,
keren ,.
mungkin ini juga bisa jadi bahan pelajaran buat ane .
Thank hanan :)

Reply
avatar
December 20, 2012 at 4:58 PM delete

Haha, itu juga gak sengaja nemu di albumnya ibu :D

Reply
avatar
December 21, 2012 at 3:18 PM delete

lirik kiri-kanan nyari2 postingan baru.., *smile

Reply
avatar
Ridwan
AUTHOR
December 23, 2012 at 8:51 AM delete

Ibuuuuuu , ah jadi terharuuuuu :'(

Reply
avatar
December 23, 2012 at 2:01 PM delete

Suka sama kata-kata yang terakhir :')
Ibu selalu bilang gitu.

Reply
avatar
Bocah Saico
AUTHOR
December 24, 2012 at 6:41 PM delete

waaahh foto ibu jaman kecil masih ada, gaul

ibu memang selalu memikirkan kita, tapi terkadang sedikitpun tak ada waktu untuk kita memikirkan ibu :((((

Reply
avatar
December 25, 2012 at 6:20 PM delete

aaaaa terharu aku bacanya :(
kalo ibuku dulu pas masih kecilnya di angkat jadi anaknya orang lain..
makanya sekarang ibu ga mau anak anaknya kayak gitu, jd harus ibu sendiri yg ngurus anak anaknya :)
tetap SEMANGAAAAT bang hanan :)

Reply
avatar
December 26, 2012 at 7:19 PM delete

jalan2 nyari2 artikel baru.., btw gambar di sidebar atas keren lho! *smile

Reply
avatar
tiara putri
AUTHOR
October 31, 2013 at 7:04 PM delete

kereeennnnnn .... #hiks :D

Reply
avatar

Setelah baca, jangan lupa tinggalkan jejak ya kawan.. :)